Tips memilih nama domain untuk website bisnis

Tips memilih nama domain untuk website bisnis. Nama blog kamu apa? Pertanyaan seperti itu kerap dilontarkan oleh rekan blogger yang baru kenal, nama blog atau personal website dikenal juga dengan istilah domain. Domain sendiri artinya adalah alamat sebuah website di internet. Umumnya blogger memiliki domain yang berakhiran dotcom, dotnet atau masih menggunakan layanan blog gratis yang berakhiran .blogspot.com atau .wordpress.com

Memiliki blog dengan domain TLD merupakan sebuah prestise tersendiri untuk rekan-rekan blogger. Dengan harga yang sangat terjangkau, kita bisa memiliki nama domain sesuai yang kita pilih untuk durasi waktu tertentu, umumnya sih nama domain tersebut diperpanjang satu tahun sekali. Misal untuk harga domain murah .com 99 ribu sudah bisa kalian miliki selama 1 tahun.

Tips memilih nama domain untuk website bisnis 1

Dengan memiliki nama domain berakhiran .com maka blog kita terkesan profesional, lebih atraktif dan menarik minat calon klien yang ingin bekerjasama dengan kita. Tidak hanya untuk blogger saja, domain TLD tersebut sangat disarankan untuk digunakan oleh berbagai penyedia layanan, perusahaan atau produk yang ingin dikenal luas oleh masyarakat. Penggunaan nama domain .com akan membantu perusahaan lebih mudah diingat, serta bisa digunakan sebagai media company profile, edukasi pelanggan serta membangun interaktifitas dengan para pelanggan mereka.

Coba bayangkan apa jadinya jika kalian menemukan website perusahaan besar tetapi menggunakan domain berakhiran blogspot.com misalnya undianBankAnu2019.blogspot.com. Tentu saja, kita akan berpikir ulang bahwa domain tersebut adalah domain resmi milik perusahaan tersebut.

Sekarang jika kalian adalah pemilik brand sepatu, kemudian menggunakan website dengan akhiran blogspot.com semacam itu, maka ada kemungkinan bahwa calon pelanggan kita akan merasa ragu untuk menghubungi nomor telepon atau email yang kita cantumkan disana. Tingkat trust calon pembeli dapat menurun jika mengetahui website perusahaan kita menggunakan layanan blog gratisan seperti blogspot dan wordpress.

Oleh karena itu memiliki sebuah website resmi dengan domain TLD sendiri dapat membantu meningkatkan trust dan authority terhadap brand kita dimata pelanggan. Btw bagaimana sih tips memilih nama domain untuk website bisnis kita?

Tips Memilih Nama Domain

1 Gunakan Nama Brand

tips membeli domain .com murah 99ribu

Nama brand adalah cara kita memperkenalkan merk produk kita, menggunakan domain yang mengandung unsur merk akan membantu calon pelanggan untuk mendiferensiasi produk kita dengan produk milik kompetitor lain. Semudah kita bisa membedakan mana sepatu Adidas dan mana yang Nike

2 Keep it short

Meskipun nama website dapat menampung sampai 64 karakter, sangat disarankan untuk menggunakan nama domain yang pendek dan cukup mewakili jenis usaha kita. Semakin pendek nama domain, semakin mudah diingat oleh orang. Umumnya 5-12 karakter sebagai nama domain lebih disukai dan mudah diingat oleh pengguna

3 Hindari Angka dan Separator

Tips memilih nama domain berikutnya, hindari menggunakan angka untuk penulisan website, misal seveneleven.com lebih mudah diingat dibanding 711.com hindari juga penggunaan separator pemisah dalam domain seperti seven-eleven.com. Penggunaan separator seringkali bersifat tricky dan bisa mengecoh pelanggan untuk membuka domain milik orang lain yang mirip dengan nama domain kita.

4 Pilih Layanan Penyedia Domain

tips memilih nama domain

Banyak pilihan layanan penyedia domain yang bisa kalian gunakan, carilah yang memang terpercaya dan sebisa mungkin harganya terjangkau, harga itu cukup terjangkau dan reasonable dengan harga segitu. Tidak terlalu murah dan tidak juga overpriced. Aku pernah juga lho beli domain di situs penyedia domain tapi yang abal-abal dari luar negeri, harganya emang murah banget, tapi ya gitu, tau-tau, blogku auto expired, baik domain maupun hostingnya, padahal layanan yang aku pake belum berjalan satu tahun. Nyesek banget deh.

Makanya, kalau bisa, saran aku sih gunakan layanan penyedia domain dalam negeri, karena dukungan supportnya umumnya lebih friendly, selain itu penyedia domain lokal juga lebih mudah dihubungi jika kita mengalami permasalahan. Salah satu pilihannya, kita bisa membeli domain di situs DomaiNesia yang sudah terpercaya melayani pelanggan internet di Indonesia. Selain menyediakan layanan domain murah, DomaiNesia juga menyediakan layanan hosting, SSL maupun paket pembuatan website lengkap untuk membantu para pemilik usaha di seluruh Indonesia yang ingin go digital.

 

One Comment

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.