Tips Beli Gitar Akustik Bagi Pemula

Bermain gitar merupakan salah satu hobi yang bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari yang hanya memainkannya secara asal hingga yang serius sekalipun. Bahkan ada juga yang mencari penghasilan dari bermusik ini. Sehingga untuk mendukung hobi tersebut, Anda harus mempunyai gitar yang tepat, baik dari segi suara dan juga harganya.

Bagi Anda yang masih pemula, ada baiknya beli gitar akustik terlebih dahulu dan perhatikan beberapa hal ketika ingin membelinya. Salah satunya adalah tipe gitar yang akan dipilih. Sebab ada beberapa tipe gitar akustik, jadi Anda bisa memilih salah satu tipe sebagai gitar pertama bagi pemula yang sesuai dengan kebutuhan. Tipe-tipenya antara lain:

Jenis Gitar Akustik

  • Silent Guitar cocok untuk Anda yang memiliki ruangan kecil. Sebab suaranya tetap bisa Anda dengar dengan jelas, tetapi tidak menggema hingga jauh dan tidak mengganggu sekitarnya.
  • Nylon String Guitar cocok bagi Anda para pemula untuk melatih jari-jemari agar lebih mahir dalam memainkan gitar. Sebab tipe ini memiliki bodi yang sedikit lebih besar, namun suaranya tetap lebih harmonis dan halus.
  • Steel String Guitar cenderung memiliki ukuran lebih kecil sehingga mudah untuk digenggam. Rentang frekuensi dari gitar tipe ini cukup panjang, dan suaranya jauh lebih halus tetapi tajam. Sehingga bisa memainkan banyak lagu untuk latihan sebagai pemula.
  • Acoustic Electric Guitar bisa dimainkan seperti biasa atau main live. Untuk main live, Anda bisa menghubungkan gitar ke amplifier. Tipe ini juga dilengkapi dengan fitur tuner di dalamnya untuk nyetem gitar.
BACA JUGA:   Koi Akuarium

Tips untuk Beli Gitar Akustik Bagi Pemula

harga gitar listrik wallpaper download

Berikut beberapa tips membeli gitar untuk pemula, antara lain:

  1. Menentukan Model Gitar Akustik

Gitar akustik mempunyai dua model, yaitu gitar akustik biasa dan klasik. Keduanya memiliki ciri yang berbeda, yang mana gitar akustik biasa memiliki senar string dengan suara lebih panjang dan jelas. Model ini memiliki fret lebih kecil dan sangat tepat untuk pemula yang baru menyesuaikan diri dengan kunci dasar gitar.

Sedangkan model gitar akustik klasik lebih menggunakan senar nilon dengan ukuran senar yang besar. Dengan model senar seperti itu, fret dari gitar akustik klasik ini juga besar sehingga suaranya lebih tenang. Jadi sebelum membelinya, sebaiknya Anda menentukan model gitar yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan.

  1. Menyesuaikan Desain dan Bahan Gitar Akustik

Mencari tahu desain dan bahan gitar akustik yang hendak dipilih atau dibeli, merupakan hal yang penting untuk bisa menyesuaikan dengan diri Anda. Sebab biasanya gitar dengan bahan kayu akan mempengaruhi tinggi-rendahnya suara yang dihasilkan oleh gitar akustik tersebut.

  1. Menentukan Detail Fisik Gitar Akustik

Ketika hendak membelinya, sebaiknya Anda coba merasakan dan memegang gitar tersebut. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa menyesuaikan ukuran gitar dengan tubuh. Sebab ukuran gitar akustik beragam, dari bodi kecil, sedang, besar, hingga ukuran jumbo sekalipun juga tersedia. Jadi dengan menentukan detail, akan membuat Anda lebih nyaman ketika memainkannya nanti.

  1. Mencoba untuk Memainkan dan Merasakan Suara Gitar Akustik

bermain gitar akustik

Jika sudah merasa nyaman dengan detailnya, sebaiknya Anda juga mencoba untuk memainkannya terlebih dahulu gitar tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kualitas suara yang dihasilkan. Sehingga ketika membelinya, Anda tidak merasa khawatir lagi akan pilihan tersebut.

  1. Harga dapat Berpengaruh Pada Kualitas Gitar Akustik

Prinsip tentang kualitas sejalan dengan harga, berlaku saat membeli alat gitar akustik. Sebab untuk mendapatkan gitar akustik dengan kualitas baik, Anda harus mengeluarkan biaya lebih banyak. Selain itu Anda harus mengetahui spesifikasi gitar akustik tersebut. Sehingga Anda akan menemukan gitar yang sesuai dengan keinginan dan harga yang bersahabat.

BACA JUGA:   Steak Kurban

harga gitar akustik

Untuk beli gitar akustik, Anda bisa mencarinya di toko gitar terdekat Bhinneka. Toko ini terdekat karena bisa langsung diakses lewat jari Anda. Bhinneka.com merupakan marketplace online terpercaya di Indonesia dan terlengkap. Sebab produk yang disediakan oleh marketplace ini original namun harganya cukup bersaing, bahkan terdapat promo diskon yang bisa Anda dapatkan jika berbelanja di sini.

Untuk pembelian produk gitar di Bhinneka.com, Anda bisa melakukannya melalui website dan juga sosial media Bhinneka (Instagram, Facebook, LINE, dan Twitter). Pembelian di toko online ini juga bebas ongkir, sehingga Anda akan lebih nyaman saat berbelanja online di sini.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.