Masih Bingung Memilih Skincare Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat? Perhatikan 7 Tahapan Ini !

Memilih skincare yang tepat untuk kulit berminyak dan berjerawat bisa dibilang gampang – gampang susah. Jika kamu sudah temukan skincare yang tepat, bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Sebaliknya, jika salah memilih produk skincare, maka bisa membahayakan kesehatan kulit.

Menurut American Academy of Dermatology Association, kunci utama untuk merawat kulit berminyak dan juga berjerawat yaitu tetaplah bersikap lembut terhadap kulit. Caranya dengan memilih produk skincare terbaik untuk kulit berminyak dan berjerawat yang lembut dan tidak mengandung alkohol maupun pewangi. 

Skincare untuk Kulit Berminyak

Nah, jika kamu masih bingung memilih produk skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat, maka beberapa tahapan dibawah ini perlu diperhatikan !

Menggunakan Pembersih Wajah Berbusa Lembut

Cara sederhana untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat yaitu membersihkan wajah secara teratur. Cucilah muka dua kali sehari, yaitu pagi dan malam. 

Produk skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan sabun muka. Pastikan menggunakan sabun pembersih muka yang memiliki tekstur krim atau lotion, dan berbusa lembut. 

Gunakan Exfoliating Toner 

Toner adalah salah satu produk skincare untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat yang sering terlupakan, padahal memiliki fungsi yang sangat penting. Menggunakan produk toner yang tepat mampu menyeimbangkan pH kulit dan membuat kulit terlihat lebih sehat. 

Karena itu, toner menjadi produk skincare yang penting bagi pemilik wajah berminyak dan berjerawat. Terdapat beberapa jenis toner, salah satunya yaitu exfoliating toner yang diklaim mampu membersihkan pori – pori hingga mendalam dan mengontrol produksi minyak berlebih diwajah. 

Rutin Menggunakan Pelembap

Meski memiliki kulit berminyak, nyatanya kamu tetap membutuhkan pelembap wajah. Sebab, jenis kulit berminyak juga bisa mengalami dehidrasi, sehingga tetap membutuhkan pelembap. Kulit berminyak perlu menjaga hidrasi dengan baik agar dermis tetap bekerja dan terlihat sehat. 

skincare untuk kulit berminyak

Skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa dicoba selanjutnya yaitu memilih produk pelembap berbahan dasar air atau gel, bebas minyak, bebas pewangi, serta non-comedogenic. 

SPF, SPF, Dan SPFI

Masih banyak orang yang menyepelekan penggunaan sunscreen, padahal fungsinya sangat penting. Skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 atau lebih. 

Penggunaan sunscreen ini sangat penting guna melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang bisa berdampak buruk pada masa mendatang. 

Menggunakan Serum Wajah

Seiring bertambahnya usia, maka skincare yang dibutuhkan tidak lagi hanya sekedar sabun pembersih wajah dan pelembab saja. Sudah saatnya kamu menggunakan produk serum wajah sebagai cara merawat kulit berminyak dan berjerawat. 

Namun menggunakannya tidak boleh sembarangan, pastikan memilih serum wajah yang memiliki konsentrasi kandungan tertentu. Produk yang mengandung niacinamide bisa menjadi skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat. 

Menggunakan Kertas Minyak

Terkadang, produksi minyak di wajah tak terkontrol dan kamu harus tetap melanjutkan aktivitas harian diluar ruangan. Hal itu tentu membuatmu tidak nyaman kan? 

Tenang, karena ternyata penggunaan kertas minyak atau biotting paper bisa menjadi skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain mudah dibawa, kertas minyak juga mudah digunakan.

Menggunakan Mud Mask Atau Clay Mask

Ada banyak jenis masker wajah yang tersedia, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit. Skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat bisa menggunakan clay mask atau mud mask (masker lumpur). 

Kedua jenis masker itu bisa membantu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah, mencegah munculnya jerawat, serta membersihkan pori – pori wajah hingga mendalam. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.