Berikut Tips Mencari Aplikasi Belanja Online yang Aman Agar Tak Salah Pilih

Tren belanja online membuat aplikasi belanja online semakin banyak bermunculan terutama di Indonesia. Kemudahan dalam berbelanja secara online memang sangat dinikmati oleh setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Karena banyaknya toko online bermunculan, bagaimana mencari toko berbasis aplikasi online yang aman?

Para pelanggan tentu mengharapkan bisa berbelanja dari rumah tanpa hambatan dan gangguan, seperti misalnya penipuan. Untuk itu, Anda harus memahami beberapa strategi sebelum memilih app belanja online dari rumah.     

Memilih Aplikasi Belanja Online Yang Aman

Dari sekian banyaknya aplikasi belanja online terbaik pasti ada aplikasi yang dibuat untuk melakukan modus penipuan. Agar anda tidak mengalami hal tersebut, berikut beberapa tips memilih aplikasi untuk belanja secara online yang nyaman dan aman. 

Perhatikan Usia Aplikasi Belanja Online 

aplikasi belanja online aman ladara
nyaman menggunakan aplikasi belanja online. Sumber: Freepik

Ada banyak aplikasi belanja online yang bisa anda temukan di di Play Store ataupun Apple Store. Nah usahakan ketika memilih aplikasi belanja terbaik, anda melihat berapa lama aplikasi tersebut beroperasi. 

Semakin lama sebuah toko online berdiri, maka semakin bagus pula reputasinya karena bisa bertahan di dunia belanja online. Setidaknya Anda bisa memilih aplikasi belanja terbaik yang sudah ada selama 1 tahun atau 2 tahun lebih. Lamanya waktu berdiri sebuah toko online ini tentu punya pengaruh pada kredibilitas toko tersebut. 

Selalu Update Produk Terbaru

Tips berikutnya adalah Anda harus memilih aplikasi belanja online bayar di rumah yang selalu update produk-produk terbaru. Biasanya aplikasi belanja memiliki berbagai jenis produk yang dijual di tokonya. Misalnya saja produk fashion, tentu setiap bulannya pasti ada produk fashion terbaru yang harus di-update di toko tersebut. 

Bahkan beberapa toko online terbaik mengupdate produk-produk yang dijual di tokonya minimal seminggu sekali. Nah anda juga perlu melihat bagaimana jumlah pelanggan yang berbelanja di aplikasi belanja tersebut. Tentu saja banyaknya pelanggan setia di toko online mempengaruhi ketertarikan orang untuk belanja lebih nyaman. 

Lihat Bagaimana Fitur Pelayanannya

perhatikan fitur aplikasi belanja online
perhatikan fitur aplikasi belanja online. Sumber: Freepik

 

BACA JUGA:   5 Alasan Mengapa Masyarakat Modern Memilih Belanja Secara Online di MatahariMall

Untuk memastikan apakah aplikasi belanja online yang Anda pilih aman, maka pastikan fitur pelayanannya cukup bagus. Beberapa fitur pelayanan yang seharusnya ada pada toko online, misalnya terdapat fitur customer service selama 24 jam. 

Nah fitur pelayanan  ini biasanya terdiri dari beberapa pilihan platform. Seperti fitur chat WhatsApp, panggilan telepon hingga pesan instan. 

Selain fiturnya, lihat bagaimana kecepatan respon admin pada aplikasi belanja tersebut. Respon yang cepat dari toko online terhadap keluhan pelanggannya tentu sangat berarti. Hal ini untuk melakukan antisipasi resiko penipuan yang kerap terjadi di dalam kegiatan belanja online. 

Dan juga respon dari bagian customer service tentu sangat diperlukan saat anda akan menanyakan seputar produk yang diminati. Terlebih perlu juga chat dengan customer service untuk mengetahui status pengiriman barang. Ini diperlukan kalau di aplikasi belum ada fitur update status pengiriman barang otomatis. 

Perhatikan Reputasi Aplikasi Belanja Online

Aplikasi belanja online bayar ditempat yang Anda pilih harusnya punya reputasi baik. Lalu bagaimana ciri sebuah aplikasi belanja memiliki reputasi yang baik? Salah satunya dengan melihat apakah toko online tersebut punya dukungan dari pihak luar. 

Misalnya pihak luar tersebut adalah bank nasional hingga perusahaan telekomunikasi. Jika kedua hal ini saja ada pada aplikasi toko online, maka sudah pasti keberadaan tokoh tersebut aman dan diakui.

Selalu Cetak Bukti Pembayaran Online

Selalu cetak bukti pembelian aplikasi belanja online
Selalu cetak bukti pembelian aplikasi belanja online. Sumber: Freepik

Ketika anda melakukan transaksi di aplikasi belanja online, Sebaiknya selalu lakukan cetak bukti pembayaran. Terlebih ketika anda menggunakan kartu kredit untuk pembayaran.

Mencetak bukti pembayaran ini membantu anda untuk memeriksa pengeluaran dan angka yang tertera di tagihan Kartu Kredit. Bukti pembayaran juga bisa membantu ketika ada salah paham antara pihak bank dengan kartu kredit di aplikasi belanja. 

Pastikan Bertransaksi di Smartphone

Ketika berbelanja dengan aplikasi, sebisa mungkin anda menggunakan smartphone untuk melakukan transaksi. Selain praktis, hal ini mendorong anda untuk terhindar dari pencurian informasi pribadi. Bertransaksi untuk belanja online dengan menggunakan komputer punya keamanan yang rendah, apalagi jika komputernya digunakan oleh beberapa orang. 

Pencurian informasi ini biasanya rentan terjadi pada kartu kredit. Jadi yang paling aman adalah menggunakan smartphone karena punya koneksi internet pribadi dan digunakan secara pribadi. 

Perhatikan Harga Jual di Aplikasi Belanja Online

Aplikasi belanja online termurah belum tentu menjamin kualitas dari produk yang dijual. Maka dari itu ketika anda melakukan belanja di aplikasi belanja, cek dulu aplikasi tersebut bagaimana rentang harga dari produknya. Karena biasanya produk-produk dengan harga jual yang rendah memiliki kualitas barang yang rendah pula. 

Atau sesuaikan budget rata-rata yang anda miliki setiap belanja online dengan harga yang tertera di aplikasi. Jika memiliki budget yang minim, berarti aplikasi belanja  dengan harga tinggi tidak cocok dengan anda. 

Jadi itu tadi beberapa tips dalam memilih aplikasi belanja online yang aman dan terpercaya. Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi belanja paling nyaman bisa memilih salah satu yang paling direkomendasikan yakni Ladara.id. Aplikasi belanja ini memberikan banyak pilihan produk dengan harga yang terjangkau tetapi punya kualitas bagus. 

Mulai dari produk fashion, elektronik, Makanan dan minuman, kesehatan dan kecantikan. Produk yang dijual oleh Ladara.id merupakan produk dari brand-brand terkenal yang pastinya mengutamakan kualitas barang yang dijual. 

Menariknya lagi Ladara.id menyediakan produk-produk yang dijual oleh UMKM. Tentu saja ini sangat menarik, karena aplikasi belanja tersebut memberikan support penuh pada kemajuan UMKM Indonesia. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.