Bermacam Tipat Bali, Masakan Ketupat Khas Bali

Disebut dengan tipat, ketupat juga dikenal dalam kuliner Bali. Umumnya dibuat dengan janur sebagai pembungkus, dan disajikan dengan bermacam sambal, kuah, sayuran menjadikannya bermacam masakan yang khas. Masakan tipat Bali juga enak dinikmati bersama kuliner khas Bali lainnya seperti sate lilit, ayam atau bebek betutu, sate languan, dan sate kakul. 

Jenis Tipat Bali

Tipat Cantok

Cantok artinya ulekan atau diulek. Tipat cantok adalah makanan berupa ketupat dan sayuran rebus yang dicampur dengan sambal kacang. Sayuran yang digunakan biasanya kangkung, kacang panjang, tauge, kol, dan bayam.

Tipat Cantok
Tipat Cantok

Sambalnya dibuat dari kacang goreng yang dicampur dengan bumbu (bawang putih, kencur, limau, dll) dan kadang tauco atau petis atau terasi. Kacang dan bumbu diulek, lalu ketupat yang diiris tipis dan sayuran rebus dimasukkan, diaduk rata kemudian disajikan.

Tipat Tahu

Tipat tahu mirip dengan tipat cantok namun rasanya berbeda. Sambalnya mirip rasanya dengan sambal kacang sate ayam.

Tipat Tahu Gerenceng
Tipat Tahu Gerenceng

Komposisinya adalah sambal kacang, tahu goreng, tauge rebus, dan tipat. Umum juga diberi lauk pelengkap seperti kerupuk dan telur dadar. Makanan ini mirip dengan tahu tek atau tahu sambal khas Blora.

Tipat Plecing

tipat plecing khas bali
Tipat Plecing Kangkung yang yummy

Ini adalah plecing kangkung yang disajikan bersama ketupat. Potongan ketupat disiram plecing kangkung yang seringkali ditambahkan bahan dan lauk lain seperti timun, tauge, dan kerupuk. Sambalnya tidak menggunakan kacang tapi berbahan utama cabe, tomat, dan terasi.

Tipat Blayag

tipat blayag khas buleleng
Tipat Blayag khas Buleleng

Makanan Tipat Blayag khas Buleleng ini tampilannya meriah dan mengundang selera. Potongan ketupat berkuah ditutup dengan jukut (urap) sayuran, ayam betutu suwir, kacang tanah goreng, bawang goreng, didampingi sambal. Jika masakan tipat lain menggunakan janur untuk membungkus ketupatnya, tipat belayag pembungkusnya adalah daun aren.

Tipat Kuah

Tipat Kuah Ayam Betutu
Tipat Kuah Ayam Betutu

Potongan ketupat dibubuhi lawar nangka, jukut sayuran, ayam betutu, kacang goreng, lalu disiram dengan kuah. Kuah yang digunakan khas Bali, menggunakan base genep (bumbu tradisional lengkap khas Bali). Bagi yang suka pedas bisa menambahkan sambal bawang atau sambal matah.

Tipat Serombotan

Tipat Serombotan Khas Klungkung Bali
Tipat Serombotan Khas Klungkung Bali

Ketupat yang disajikan bersama serombotan, sayuran rebus yang dicampur sambal cabe. Ketupat ditutup dengan serombotan lalu di atasnya ditaburi kelapa parut sangrai dan kacang goreng.

Tipat Kaples

Tipat Kaples
Tipat Kaples

Tipat kaples juga berkuah namun kuahnya sedikit, sekedar basah atau nyemek. Kuahnya berbumbu base genep seperti tipat kuah. Disajikan bersama jukut sayuran, parutan kelapa, telur rebus, ayam suwir, kacang goreng, dan sambal bawang.

Rekomendasi Transportasi Wisata di Bali

Berburu kuliner di Bali tentunya membutuhkan transportasi yang berkualitas. Hal itu bisa didapatkan di Omocars Bali perusahaan rental mobil terpercaya. Mobil akan diantar langsung di bandara, jadi begitu tiba di Bali sudah bisa langsung memesan mobil untuk transportasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.