Berpetualang ke masa lalu di Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang yang dialihfungsikan sebagai tempat edukasi tentang sejarah perkereta-apian di Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat lima museum kereta api yaitu di Jakarta, Bandung, Sawahlunto dan Bondowoso. Di Museum Kereta Api Ambarawa kita bisa menemukan berbagai macam lokomotif dan gerbong yang dahulu pernah berjalan melintasi rel kereta di pulau Jawa.

Berpetualang ke masa lalu di Museum Kereta Api Ambarawa 1

Berpetualang ke masa lalu di Museum Kereta Api Ambarawa 2

Kereta-kereta ini bisa dibilang kereta api yang sebenar-benarnya karena menggunakan tenaga uap yang berasal dari pembakaran kayu/batu bara di bagian lokomotifnya. Berbeda dengan kereta api modern yang kita kendarai saat ini yang menggunakan tenaga diesel sebagai penggerak lokomotifnya.

Salah satu lokomotif bertenaga uap di Museum Kereta Api Ambarawa
Salah satu lokomotif bertenaga uap di Museum Kereta Api Ambarawa

 

Berpetualang ke masa lalu di Museum Kereta Api Ambarawa 3
Mesin pengatur signal menggunakan tuas

Ada total 22 koleksi lokomotif dan gerbong antik yang bisa kalian jumpai di museum satu ini. Selain lokomotif dan gerbong kita juga dapat melihat suasana stasiun jaman dahulu yang sangat-sangat sederhana. Terdapat beberapa replika asli dari beberapa stasiun yang ada di sekitar Semarang ditampilkan disini.

 

jadwal kereta wisata museum kereta api ambarawa
lokomotifnya kekar n gagah banget kan?

Setiap lokomotif punya nama n ditulis dalam bahasa pembuatnya, kebanyakan lokomotif di stasiun ini dibuat di Jerman dan dikirimkan menggunakan kapal laut. Kebayang yah lama pengirimannya, gak bisa dipaketin sehari sampai deh kayaknya.

BACA JUGA:   Memilih Cairan Penghilang Karat pada Pakaian

jadwal tour kereta museum kereta api ambarawa

Setiap lokomotif punya nama dan tanda pengenal sendiri
Setiap lokomotif punya nama dan tanda pengenal sendiri

Berpetualang ke masa lalu di Museum Kereta Api Ambarawa 4

Jadi ngebayangin betapa sederhananya stasiun jaman dahulu. Selain itu, juga terdapat beberapa alat yang digunakan oleh Jawatan Kereta Api di masa silam, seperti pengatur sinyal, pengubah jalur sepur, mesin pencetak tiket kereta dan lain sebagainya. Di bagian belakang terdapat sebuah taman bermain anak-anak, mushola dan toilet.

Mesin pencetak tiket penumpang kereta api
Mesin pencetak karcis penumpang kereta api

Hmm bisakah kita merasakan pengalaman menaiki kereta jaman dahulu disini? Jawabannya adalah ya bisa. Jadwa perjalanan kereta api wisata stasiun Ambarawa adalah setiap hari Sabtu, Minggu dan hari Libur Nasional. Museum Kereta Api Ambarawa menyediakan tour keliling menggunakan kereta api dari Stasiun Ambarawa menuju stasiun Bedono. Kalian juga akan ditemani oleh guide yang mengenakan seragam petugas kereta api jaman dulu.

Berpetualang ke masa lalu di Museum Kereta Api Ambarawa 5

Yup jalur kereta yang masih tersisa memang difungsikan sebagai kereta wisata, hanya saja untuk perjalanannya tidak setiap hari, hanya 2 hari dalam seminggu ditambah tanggal merah.

Tiruan bangunan stasiun jaman dahulu museum kereta api ambarawa
Tiruan bangunan stasiun jaman dahulu

Masyarakat yang ingin merasakan sensasi naik kereta jaman perjuangan bisa mampir ke Museum Ambarawa ini sebelum jam 8 pagi, karena loket tour sebesar Rp. 50000 per orang mulai dijual jam 8 tepat. Jadi sudahkah kalian naik kereta api jaman dulu?

BACA JUGA:   Liburan ke Malang? Pilih Salah Satu dari 3 Hotel Bintang 5 di Malang Ini

One Comment

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.