Bingung Pilih Ekstensi Domain? Pilih Ekstensi Domain yang Populer di 2020

Ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan pada saat berniat membuat sebuah website perusahaan, blog personal, forum, dan toko online. Pertama-tama, kamu perlu melakukan registrasi terhadap nama domain yang mana sangat berpengaruh dalam menarik minat konsumen. Selain itu, kamu perlu mengecek bahwa tidak ada nama domain yang salah ketik.

Kemudian, perlu juga menggunakan ekstensi domain yang mencerminkan citra website kamu. Memilih extension yang populer akan membantu konsumen mudah mengingat nama domain. Setidaknya ada beberapa domain yang memang populer dipakai oleh banyak pemilik website. Kamu bisa saja menggunakan salah satu domain yang nantinya akan dijelaskan di artikel ini.

5 Daftar Ekstensi Domain Paling Populer di Tahun 2020

Ada setidaknya lima daftar ekstensi domain yang dianggap paling populer di tahun ini. Nama domain dengan menggunakan ekstensi tersebut menjadi rebutan oleh pemilik website dari seluruh penjuru dunia. Tidak heran bila peminatnya perlu menggunakan kata kreatif hasil ciptaan sendiri untuk bisa mendapatkan ekstensi populer dengan nama domain yang diinginkan.

  • .COM

Hampir seluruh perusahaan maupun pemilik website perorangan menggunakan ekstensi berupa .com. Apabila suatu nama domain masih tersedia dalam bentuk .com, maka konsumen tidak akan melewatkan kesempatan tersebut. Menggunakan ekstensi domain tersebut jauh lebih mudah diingat, karena ekstensi yang paling lazim dipakai oleh seluruh website.

Saat ini, setidaknya pengguna domain .com mencapai 51.5% dari total keseluruhan penggunaan website yang ada di jaringan internet. Kamu tahu sendiri jumlah dari total website itu bisa sangat banyak yaitu lebih dari 100 juta. Jadi tidak heran bahwa hampir setiap kali kamu menelusuri internet, maka kamu akan membuka website dengan domain .com.

bingung pilih ekstensi domain

Menggunakan domain tersebut pada website bisnis dapat menunjukkan orisinalitas dari suatu brand. Dengan kata lain, konsumen memandang website dengan domain itu memiliki kredibilitas tinggi. Ketika membangun sebuah backlink pun, calon pengunjung akan lebih senang melakukan klik pada website dengan domain itu. 

  • .ORG

Domain lain yang juga memiliki popularitas tinggi untuk tujuan tidak mendapatkan keuntungan adalah .org. Namun penggunanya saat ini tidak hanya dari kalangan organisasi saja, melainkan juga pribadi. Kekuatan penelusuran dari ekstensi domain tersebut juga setara dengan .com. Domain yang usianya juga sudah tua tersebut juga mudah diingat oleh pengunjung.

Apabila kamu berniat membangun sebuah website yang berisikan tentang edukasi, mengapa tidak menggunakan domain yang satu ini. Kamu akan bisa berinteraksi dengan baik kepada seluruh pelanggan kamu maupun dengan komunitas. Sampai dengan saat ini, paling tidak website yang didaftarkan dengan .org sudah lebih dari 10 juta website. 

  • .NET

Ekstensi trendy berikutnya yang biasa dipakai oleh website yang memberikan pelayanan berkaitan internet adalah .net. Jadi beberapa perusahaan provider internet menggunakan ekstensi domain tersebut, terutama setelah mendaftarkan domain dalam bentuk .com. Pengguna lainnya sebagian besar adalah dari kalangan perusahaan berbasis teknologi.

Domain ini memang tidak sepopuler .com, sehingga kamu yang tidak kebagian nama domain dalam bentuk .com dapat menggunakan .net sebagai alternatif. Ekstensi tersebut pertama kali dibuat pada 1985 dan diregistrasikan oleh VeriSign. Sampai pada tahun 2020 ini, setidaknya sudah ada sekitar 13,4 juta nama domain menggunakan .net. 

tips membeli domain .com murah 99ribu

Salah satu website yang terkenal menggunakan .net adalah slideshare.net. Website tersebut memberikan pelayanan gratis terhadap akses banyak informasi penting. Misalkan saja jurnal, proposal, rangkuman, dan lain sebagainya. Apabila kamu memiliki jenis usaha yang tidak berhubungan dengan teknologi maupun jaringan internet, sangat tidak disarankan menggunakan.

Itu bisa menyebabkan salah sasaran audiens dan alhasil, audiens hanya akan langsung keluar dari website tersebut. Ceritanya akan menjadi berbeda jika kamu menjual makanan melalui platform delivery online. Perusahaan tersebut tidak masalah bila menggunakan website dengan ekstensi .net.

  • .US

Domain berikutnya yang dikenal memiliki banyak pengguna adalah .us. Ekstensi domain tersebut menunjukkan pada negara United States alias Amerika Serikat. Domain tersebut masuk dalam kategori ccTLD yang diluncurkan pada tahun 1985. Setidaknya sudah ada sekitar 1,9 juta website yang menggunakan ekstensi .us. 

Jumlah tersebut sudah masuk banyak hitungannya, karena jumlah total dari ekstensi sekarang sudah ada sekitar 1500. Jadi bisa kamu bayangkan ekstensi domain sebanyak itu saling bersaing satu sama lain dalam mendapatkan pengguna baru. Tidak heran dengan jumlah 1,9 juta itu pertanda domain tersebut sudah memiliki banyak pengguna.

  • .CO

Ekstensi domain terakhir yang banyak dipakai di jaringan internet adalah .co. Domain tersebut diregistrasi oleh S.A.S yang mana menunjuk pada negara Kolombia. Pengguna dari website tersebut langsung melonjak tajam, karena sangat mirip tulisannya dengan .com. Pada tahun 2011 tidak heran bila penggunanya sudah mencapai 1 juta. 

tips memilih nama domain

Jumlah tersebut terus bertambah dan saat ini diperkirakan sudah menembus angka 1,7 juta untuk pengguna .co dari seluruh dunia. Ekstensi tersebut juga mendapatkan perlakuan yang setara di mesin penelusuran Google.

Apabila kamu tertarik menggunakan salah satu dari ekstensi domain tersebut, hanya perlu mengunjungi website http://www.domainesia.com/domain/. Seluruh ekstensi yang ada dalam daftar tersebut tersedia di sana dengan harga yang terjangkau. Selain menjual domain, provider tersebut juga menawarkan paket hosting yang bisa kamu pilih sesuai keperluan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.