Cara Forward Email Costum Domain ke Gmail

Setelah kemarin belajar cara kirim email domain pribadi dengan gmail, sekarang lanjut ke cara forward email costum domain ke gmail. Kalau untuk mengirim email kita menggunakan protokol yang disebut dengan SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol, maka untuk mendapatkan inbox ke gmail kita menggunakan mekanisme protokol IMAP atau POP3.

Kedua protokol tersebut digunakan sebagai protocol incoming mail, sedangkan SMTP untuk outgoing mail. Tapi disini aku gak akan bahas lebih jauh mengenai protokol email tersebut ya karena biasanya dipakai untuk anak2 jurusan IT atau TKJ di SMK.

Cara Kerja Email Forwarding

Email forwarding merupakan sebuah metode untuk meneruskan sebuah pesan yang masuk ke sebuah email, menuju ke email lainnya secara otomatis berdasarkan parameter tertentu. Email penerima bisa merupakan email costum domain, email dummy yang nantinya sengaja bertindak sebagai penerima tamu, sebelum dipilah apakah akan diteruskan ke email utama atau tidak.

Berikut ini adalah gambaran bagaimana sebuah email forwarding bekerja

cara kerja email forwarding

Dengan menggunakan email forwarding kita bisa mengelola pesan masuk di berbagai email, hanya dengan menggunakan satu email saja.

Cara Forward Email Costum Domain ke Gmail

Di artikel kemaren, kita belajar bagaimana cara kita mengirim email menggunakan alamat email dari domain pribadi kita menggunakan fasilitas Gmail. Hanya saja, ada sedikit kendala, yaitu jika orang tersebut membalas, atau misal ada email baru yang masuk ke email domain pribadi kita, tidak akan muncul di gmail.

Jadi kita harus balik lagi ke webmail domain pribadi kita yang mungkin tampilannya saja udah bikin mata sepet karena ya namanya juga fasilitas free.

cara setting forward email costum domain ke gmail

Akan lebih enak kalo kita manage semua email melalui satu pintu, yaitu akun gmail utama kita, incoming mail kita forward saja dari server email kita ke gmail, sedangkan untuk mengirim pesan email menggunakan fitur SMTP yang kemarin sudah aku bahas di tutorial sebelumnya.

Oh ya, teknik ini hanya berlaku untuk teman-teman yang menggunakan jasa layanan hosting, sementara rekan pengguna blogspot tidak bisa melakukannya. Karena tidak memiliki akses ke panel hosting

Oke kita langsung aja belajar cara forward email costum domain ke gmail

  1. Masuklah ke akun cpanel website kalian. Atau mungkin pengguna panel lain seperti direct admin bisa menyesuaikan
  2. Cari di bagian Email, menu forwarder

cara sukses forward email costum domain ke gmail min cara forward email costum domain ke gmail

  1. Sekarang di menu forwarder ada dua tombol utama
    1. add forwarder untuk mengirim satu single email ke single email lain
    2. domain forwarder untuk mengirim semua email dari sebuah domain ke domain email lain
  2. Kita gunakan opsi pertama yakni add forwarder

cara forward email costum domain ke gmail

  1. Masukan email costum domain yang akan kita forward ke gmail
  2. Tentukan tujuan email address yaitu alamat gmail utama kita

add_forward_email_costum_domain_ke_gmail-min

  1. Setelahnya klik tombol add forwarder
  2. Jika sudah muncul tampilan seperti ini all emain sent to [email protected] will now be copied to [email protected] berarti proses sudah sukses

confirmation_forward_email_costum_domain_ke_gmail-min

  1. Kita melihat di bagian bawah tampilan menu forwarder bahwa email costum domain kita sudah diforward ke alamat gmail kita
  2. Silahkan tes mengirimkan pesan ke akun costum domain kita yaitu [email protected]

Nah, karena tutorial forward email costum domain ke gmail ini adalah bagian kedua dari dua tutorial mengenai kirim dan terima email costum domain pake gmail, teman-teman bisa mencoba membalas email tersebut ya. Nanti silahkan dicek apakah sudah sesuai atau belum.

Semoga bermanfaat

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.