Cara Membuat Donat Sederhana Anti Bantat

Cara membuat donat sederhana mungkin sudah terdapat ribuan resep yang disajikan di dalam media sosial. Namun, tidak semua resep yang diberikan dapat berhasil dibuat dengan rasa yang enak. Berikut ini, akan dijelaskan cara membuat donat sederhana untuk membuat donat anti gagal. 

Cara Membuat Donat Sederhana

  1. Menyiapkan Bahan Utama

Cara membuat donat sederhana, yang pertama kali dilakukan yaitu dengan menyiapkan berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan utama yang digunakan yaitu 550 gr tepung dengan protein tinggi, 100 gr susu bubuk, 100 gr gula, 250 gr kentang kukus yang telah dihaluskan. Selain itu, Anda juga membutuhkan 12 gr ragi instan, 80 gr margarin, 4 butir kuning telur, ½ sdt garam, serta 100 ml air dingin. 

  1. Mencampur Adonan

Setelah semua bahan disiapkan, Anda dapat menyiapkan wadah yang bersih dan mencampurkan tepung, susu, gula dan juga ragi instan ke dalam wadah. Setelah bahan sudah tercampur secara merata. Anda dapat menuangkan air dingin dan kemudian disusul dengan kuning telur serta kentang kukus yang telah dihaluskan. 

Fungsi dari penggunaan air dingin ini yaitu untuk mengontrol suhu pada adonan agar tetap stabil. Selain itu, dengan penambahan air dingin ini dapat menunda sifat dari ragi agar tidak semakin aktif pada saat dilakukan pengulenan.

cara membuat donat sederhana

Namun, ragi instan tersebut akan kembali aktif pada saat adonan didiamkan pada suhu hangat. Dengan pemberian air dingin ini Anda dapat memperoleh adonan yang dapat mengembang dengan sempurna. 

  1. Tahap Pengulenian

Setelah semua bahan tercampur secara merata, Anda dapat menguleni adonan hingga kalis. Pada saat pengulenan, tambahkan margarin dan garam untuk memberikan rasa pada adonan. Setelah ditambahkan kedua bahan tersebut, Anda dapat melanjutkan kembali tahap pengulenan pada adonan agar mendapatkan tekstur adonan hingga kalis sempurna.

Namun pada tahap ini perlu untuk diperhatikan durasi dalam pengulenan. Karena apabila terlalu lama dalam menguleni maka, adonan yang dihasilkan akan mempunyai tekstur yang keras. Sedangkan jika durasi pengulenan terlalu singkat maka adonan tidak akan mendapatkan hasil yang kalis. 

  1. Mengistirahatkan Adonan

Setelah memperoleh adonan donat yang kalis, Anda dapat mengistirahatkan adonan agar bisa mengembang. Cara mengistirahatkan adonan tersebut yaitu dengan menutupnya menggunakan plastik kedap udara agar mempunyai suhu yang hangat. Proses ini dilakukan kurang lebih dalam jangka waktu satu jam. 

Setelah satu jam, Anda bisa membagi adonan tersebut menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera Anda. Untuk mendapatkan ukuran adonan yang sama, Anda bisa menimbang pada setiap adonan. Setelah itu , Anda bisa membentuk adonan menjadi bulat dan memberikan lubang pada bagian tengah adonan. Lalu diamkan adonan selama 20 menit hingga mengembang sempurna. 

  1. Proses Menggoreng Donat

Langkah selanjutnya dalam membuat donat anti bantat ini yaitu dengan menyiapkan penggorengan berbentuk cekung serta panaskan minyak hingga terisi setengah. Dalam menggoreng donat yang tepat dibutuhkan minyak goreng yang benar-benar panas dan juga dalam jumlah yang banyak. 

Hal ini digunakan untuk memperoleh hasil penggorengan donat yang sempurna. Selain itu, dalam proses penggorengan donat ini perlu untuk memperhatikan kondisi api. Gunakan api kecil secara stabil dengan sesekali donat dibalik agar tidak gosong pada satu sisi. 

Itulah cara membuat donat sederhana anti bantat yang dapat Anda lakukan di rumah. Dengan memperhatikan langkah demi langkah dalam proses pembuatan donat ini, maka hasil yang diperoleh juga akan mendapatkan hasil yang sempurna. Mudah bukan? Selamat mencoba

 

BACA JUGA:   8 jenis Buah Bernutrisi untuk Harimu

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.