Cara Membuat Lamaran Kerja Online untuk Hunting Lowongan di Internet

Kemudahan internet membuat kita tidak perlu repot lagi mencari lowongan kerja, begitupun cara membuat lamaran kerja online tersedia di berbagai sumber internet dengan mudah diakses oleh siapa saja. Meski demikian, jika kalian belum familiar dengan cara kerja lowongan online, bisa banget baca artikel ini sampai selesai.

Mengapa Banyak Lowongan Kerja Online?

Dengan pertumbuhan internet yang semakin tinggi, tidak hanya pencarian informasi dan transaksi elektronik yang meningkat tetapi juga jumlah lowongan kerja yang dipublish secara online di internet. Kecepatan dalam mempublish kebutuhan tenaga kerja menjadi prioritas perusahaan untuk segera menemukan calon pekerja baru guna mengisi posisi pekerjaan yang masih kosong.

Selain itu, dengan menggunakan bantuan teknologi internet seorang pelamar kerja dapat mencari pekerjaan dengan mudah, mengajukan lamaran kerja, mengirimkan berkas dan dokumen melalui internet serta melaksanakan wawancara online.

Para pencari kerja tidak perlu memantau iklan baris di koran untuk mencari pekerjaan, mengirimkan lamaran kerja melalui kantor pos, ataupun menghadiri wawancara kerja di kota lain yang berjauhan.

Dengan kemudahan seperti diatas tentunya sangat memudahkan calon pemberi kerja maupun para pencari kerja guna menemukan profesi idaman yang diinginkan. Hunting lowongan kerja semacam ini tidak dimiliki oleh orang tua kita di masa lalu. Yang perlu diperhatikan, pastikan kalian menggunakan layanan koneksi internet yang handal agar proses melamar kerja menjadi lebih nyaman.

Apa Saja Jenis Pekerjaan Yang Ditawarkan?

Jenis pekerjaan online yang ditawarkan melalui situs pencari kerja atau bahkan sosial media sangat bervariasi, mulai dari pekerjaan offline yang mengharuskan pekerja datang ke kantor maupun pekerjaan online seperti freelance dan digital marketing yang bisa dikerjakan dari rumah.

Percaya atau tidak, bahkan pekerjaan kasar seperti tukang bangunan dan tukang cat pun bisa ditemukan secara online.

Tempat Menemukan Lowongan Online

Saat ini terdapat banyak sekali situs yang dapat digunakan sebagai marketplace lowongan online, baik yang berupa situs, social media maupun memanfaatkan grup facebook, whatsapp maupun telegram.

Dikutip dari situs tekno Pricebook, berikut adalah beberapa tempat yang menawarkan lowongan online

Platform Marketplace Kerja

Ada banyak platform marketplace kerja yang bisa kalian gunakan seperti Loker.id, Jobstreet, Jooble, Karir.com, Atma, Kalibbr dan lain sebagainya yang memang digunakan oleh perusahaan untuk mencari calon pekerja. Untuk kalian yang ingin mencari kerja sebagai freelance atau pekerja paruh waktu juga bisa mengunjungi projects, fastwork, freelancer dan masih banyak lagi.

Website Perusahaan

Ada kalanya perusahaan merilis informasi lowongan kerja di website mereka, info semacam ini biasanya juga bisa kalian temukan di bagian footer situs perusahaan pada menu karir. Kalian bisa mempelajari kebutuhan posisi di perusahaan incaran kalian dengan mudah.

Social Media

mudah membuat lamaran kerja online dengan internet cepat

Layanan social media seperti instagram dan facebook dapat digunakan sebagai tempat pencarian kerja secara online. Kalian bisa memfollow akun-akun lowongan kerja di instagram, atau mengikuti grup lowongan kerja di facebook yang rutin membagikan informasi terupdate mengenai lowongan pekerjaan di internet.

Online Job Fair

Tidak jarang, beberapa kampus, atau event organizer menggelar job fair secara online. Metode ini mulai booming di masa pandemi dan masih terus berlanjut hingga saat ini. Keuntungan mengikuti job fair online karena kalian bisa menemukan banyak perusahaan pencari pekerja yang sedang aktif menawarkan posisi di satu lokasi saja.

Tentunya masih ada banyak platform lain yang bisa kalian gunakan untuk mencari pekerjaan lewat bantuan internet. Kalian bisa googling untuk menemukan pekerjaan terbaik yang bisa kalian dapatkan.

Cara Membuat Lamaran Kerja Secara Online

Selain platform pencari kerja di atas, perlu dipahami juga bagaimana cara membuat lamaran kerja secara online. Hal ini sangat penting terutama untuk para fresh graduate yang baru akan mencari kerja untuk kali pertama.

Untuk membuat surat lamaran kerja, kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Canva atau Easy Resume Builder. Canva merupakan aplikasi desain populer yang mendukung template lamaran kerja dan CV. Kalian bisa membuat surat lamaran kerja yang ciamik dan warna-warni, lamaran kerja di Canva sangat cocok untuk kalian yang melamar pekerjaan sebagai desainer grafis, atau pekerjaan multimedia.

Keuntungan melamar kerja online di era internet cepat IndiHome

Sementara itu, Easy Resume Builder menawarkan berbagai template surat lamaran kerja dan CV yang menarik. Uniknya lagi, platform satu ini bisa mengimport CV dari akun LinkedIn kalian sehingga lebih memudahkan dalam pengisian CV nantinya.

Masih banyak aplikasi pembuat surat lamaran kerja yang bisa kalian maksimalkan. Tahapan membuat lamaran kerja secara online sendiri sebagai berikut

  1. Masuk ke platform pembuat lamaran kerja seperti Canva/Easy Resume
  2. Pilih template yang akan kalian gunakan untuk menulis surat lamaran kerja
  3. Masukkan poin lamaran kerja seperti
    1. Bagian yang menerima lamaran kerja misal Kepala HRD
    2. Perkenalan
    3. Informasikan bahwa kamu tertarik dengan lowongan yang ditawarkan
    4. Biodata singkat
    5. Alasan kamu melamar kerja
    6. Pengalaman atau alasan mengapa kamu layak mengisi posisi tersebut
    7. Sertakan ucapan terimakasih atas atensi beliau
  4. Export file tersebut menjadi PDF
  5. Lengkapi dokumen lamaran kerja online seperti
    1. Curriculum vitae
    2. Scan KTP
    3. Scan Ijazah terakhir
    4. Pas foto berwarna format JPG
    5. Surat keterangan dokter (jika diminta)
    6. Lampirkan surat referensi kerja dari pimpinan perusahaan sebelumnya jika ada
  6. Surat lamaran kerja berikut dokumen terlampir bisa kamu upload di platform pencari kerja, atau melalui email, sesuai ketentuan perusahaan pada lowongan tersebut.

Memaksimalkan Peluang Mendapatkan Pekerjaan via Online

Untuk memaksimalkan peluang kamu mendapatkan pekerjaan melalui internet, ada baiknya kalian menerapkan beberapa hal sebagai berikut.

Berikan Unik Selling Point Kalian

Apa yang menjadi keunggulan kalian yang membuat kalian berbeda dengan pelamar lain. Unik selling point bisa berupa pengalaman, etos kerja, maupun desain surat lamaran kerja yang memukau.

Angkat Kelemahan Sebagai Kekuatan

Cara menarik perhatian HRD adalah dengan menjadikan kelemahan kalian seolah sebagai kekuatan. Sebagai contoh saya adalah orang yang harus dipanggil dua kali saat saya mengerjakan pekerjaan karena saya sering tenggelam dengan pekerjaan yang sedang saya hadapi.

Hindari Mendeskripsikan Hal Pribadi

Para pencari kerja tidak terlalu menyukai hal pribadi dalam portofolio seperti hobi, sejarah hidup atau dari lingkungan keluarga seperti apa kalian berasal. Tekankan bahwa kalian memiliki etos kerja yang tinggi, tahan banting, dan memiliki pengalaman yang luas.

Gunakan Layanan Internet Stabil dari IndiHome

Saat kalian membuat surat lamaran kerja, CV, maupun mengirimkan dokumen lamaran kerja ke perusahaan yang dituju, selalu gunakan koneksi internet yang terbukti stabil dan handal.

 

Untuk ini, kalian bisa menyerahkan urusan tersebut pada layanan IndiHome dari Telkom Indonesia. Layanan internet ini memiliki kecepatan hingga 100 Mbps yang tentunya sangat nyaman untuk mengedit CV dan surat lamaran secara online melalui Canva maupun aplikasi lainnya.

Dengan menggunakan layanan internet yang baik, berkas lamaran kalian juga tidak beresiko gagal terkirim akibat koneksi internet yang buruk karena gangguan cuaca maupun gangguan sinyal lainnya.

Lampirkan Info Gaji yang Diinginkan

Lampirkan info gaji yang kalian inginkan saat mengajukan lamaran online, jelaskan juga perhitungan yang kalian butuhkan dengan nominal tersebut. Masukkan informasi pengembangan diri sebagai salah satu elemen gaji yang kalian inginkan. Hal ini untuk memberitahukan pada calon pemberi kerja bahwa kalian siap mengembangkan diri secara aktif jika diterima sebagai karyawan.

Hindari Mengkritik Tempat Bekerja Sebelumnya

Biasanya dalam sesi wawancara nantinya, pewawancara akan bertanya alasan kamu meninggalkan tempat kerja sebelumnya. Usahakan untuk tidak mengkritik atau mengungkap kejelekan perusahaan sebelumnya, karena dapat membuat pewawancara berfikir kamu akan melakukan hal yang sama jika suatu saat berhenti dari lowongan yang kamu inginkan.

Fokuskan bahwa kamu merasa membutuhkan pengalaman, tantangan baru dan ingin terus mengembangkan diri di tempat yang baru.

14 pemikiran pada “Cara Membuat Lamaran Kerja Online untuk Hunting Lowongan di Internet”

  1. Bener-bener modal sukses awal ada di surat lamaran online ini. Dunia begitu cepat wajib dijawab cepat juga dengan fasilitas IndiHome yang stabil. Moga kita semua gampang dapet cuan karenanya

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.