Tips Sebelum Pergi Walk In Interview

Jika Anda sudah banyak memasukan lamaran kerja tapi belum ada panggilan interview, Anda bisa mencoba alternatif lain yaitu walk in interview.  Ini merupakan salah satu cara yang bisa digunakan agar bisa cepat mendapatkan kerja. Karena selain tidak sulit untuk ditemukan, segmentasi pasar dan posisi yang ditawarkan dalam walk in interview juga beragam. Walk in interview biasanya dilakukan suatu perusahaan jika posisi yang dibutuhkan dan jumlah pelamarnya cukup banyak.

Wawancara ini sifatnya terbuka dalam waktu tertentu dan pelaksanaannya lebih singkat. Proses wawancara tidak hanya dilakukan di dalam gedung perusahaan, tapi juga di luar perusahaan seperti di kampus, hall, mall, hotel dan lainnya. Untuk bisa mengikutinya, Anda tidak perlu mengirim CV terlebih dahulu tapi bisa datang langsung, kemudian mengantre giliran untuk wawancara.

Tidak sulit menemukan walk in interview, karena banyak dipublikasikan di media seperti website, koran, sosial media, hingga poster di gedung-gedung milik perusahaan. Agar bisa sukses mengikuti rangkaian proses walk in interview, yuk, simak tips dibawah ini.

Teliti Sebelum Mengikuti

Sebelum Anda datang ke walk in interview dengan membawa lamaran, sebaiknya teliti lebih dulu iklan tersebut. Pastikan bahwa itu bukanlah lowongan yang fiktif atau lowongan palsu yang mengharuskan Anda untuk membayar sejumlah uang saat wawancara.

Pengumuman walk in interview biasanya selain memuat nama perusahaan, juga tercantum posisi yang dibutuhkan, persyaratan, spesifikasi keterampilan, dokumen yang dibutuhkan, tanggal pelaksanaan, dan alamat serta nomor telepon kantor.

waiting job interview

Jika Anda sudah memastikan jika lowongan itu benar, berikutnya perhatikan posisi dan pekerjaan yang ditawarkan. Sesuaikan kemampuan Anda dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan agar Anda tidak membuang-buang waktu dan tenaga untuk datang dan mengikuti rangkaian proses walk in interview. Perusahaan yang banyak menggunakan walk in interview umumnya terbuka untuk posisi sales, SPG, dan lainnya.

Buat Resume Semenarik Mungkin

Jika Anda sudah yakin jika lowongan itu sesuai, penting untuk membuat resume atau CV yang lengkap dan semenarik mungkin. Ini adalah poin penting karena resume atau CV akan langsung dibaca pihak HRD saat walk in interview.

Gunakan huruf yang mudah dibaca dan perhatikan ukuran font. Highlight poin-poin yang Anda rasa sesuai dengan posisi yang dibutuhkan perusahaan lalu cetak resume atau CV dengan  kertas yang bersih.

Lengkapi Semua Dokumen Pendukung

Setelah CV atau resume jadi, beberapa dokumen pendukung seperti fotokopi ijazah terakhir, foto 4×6 sebaiknya Anda lengkapi dan masukkan semua dokumen itu dalam satu map atau amplop agar lebih rapi.

Bawa juga alat tulis seperti pulpen, pensil, tipe-ex, notes dan lainnya. Alat tulis ini biasanya akan diperlukan saat proses walk in interview. Proses wawancara yang satu ini biasanya lebih singkat dan tidak berlangsung lama, karena hanya beberapa pertanyaan penting saja yang akan diajukan HRD. Sekadar informasi, kesiapan Anda saat wawancara juga masuk pada penilaian.

Perhatikan Penampilan Anda

Sebelum mengikuti walk in interview, pastikan Anda memperhatikan penampilan. Karena proses interview berlangsung cepat, kesan pertama yang baik akan menentukan keberhasilan wawancara.

tips menghadapi wawancara interview

Pakailah pakaian yang  sopan seperti kemeja polos yang dipadukan dengan celana atau rok bahan warna hitam, atau gelap. Usahakan juga untuk datang satu jam sebelum interview dimulai, agar Anda bisa mendapat giliran awal. Datang lebih awal juga akan membuatmu Anda bisa lebih mempelajari suasana dan melakukan persiapan yang lebih matang.

Menjawab Dengan Percaya Diri

Saat interview, jawablah semua pertanyaan dengan percaya diri, namun tidak berlebihan. Beberapa pertanyaan yang diajukan di walk in interview biasanya seputar, ceritakan tentang diri Anda, apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini? apa kelebihan dan kekurangan?mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami? Dan sejumlah pertanyaan lain.

Jika Anda diminta untuk menjelaskan lebih rinci, jangan ragu untuk menjawab lebih detail. Beritahu pewawancara mengapa Anda tertarik dengan perusahaan ini.

cara membuat percaya diri pada sesi wawanccara

Jangan ragu untuk menanyakan hal yang kurang jelas atau bertanya kapan hasil interview itu akan dikabarkan. Jawablah semua pertanyaan dengan antusias dan serius agar Anda bisa lolos.

Jika perlu, Anda bisa meminta kartu nama mereka dan katakan betapa Anda senang bertemu mereka dan betapa tertariknya Anda untuk bisa bergabung dengan tim.

Itulah tips walk in interview yang bisa Anda coba. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba walk in interview?

Kalau Anda ingin mencari kesempatan walk in interview, Anda bisa mencarinya di aplikasi KitaLulus. Ada berbagai macam pekerjaan yang bisa Anda temukan lewat aplikasi ini. Mulai dari pekerjaan fulltimepart time, freelancework from home, dan lainnya.

KitaLulus kini sudah beroperasi di berbagai wilayah seperti Jabodetabek, , Surabaya, Medan, Semarang, Bandung, Makassar dan Gowa. Yuk download gratis aplikasi KitaLulus di Play Store. Mulailah pengalaman melamar pekerjaan dengan #LebihMudah tanpa perlu ribet keluar rumah! Anda bisa merasakan mencari kerja dengan cepat, aman dan dekat bersama KitaLulus.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.