Cara Mempercepat Loading Mobile dengan Penonaktifan Plugin

Gimana cara mempercepat loading mobile website? pertanyaan ini terus menghantuiku, gimana tidak di pagespeed insight milikku, meskipun sudah dioptimasi sedemikian rupa, tampilan mobile pagespeed hanya berada di angka 20an saja, sementara skor desktop bisa di kisaran angka 60-90.

Tidak akan menjadi soal jika skor ini kudapatkan di sepuluh tahun yang lalu, saat belum banyak perangkat smartphone yang memiliki kemampuan browsing dengan cepat seperti saat ini. Dengan jumlah pengunjung lebih dari 70% adalah pengguna smartphone, tentu ini adalah sebuah nightmare.

Prakata Mempercepat Loading Mobile Blog

Berbagai cara sudah aku lakukan, kalian bisa melihatnya di beberapa artikelku yang lain mengenai teknik mempercepat loading blog. Pun demikian, Masalah mobile pagespeed ini benar-benar menjemukan. Memang ada satu teknik yang cukup ampuh, yakni dengan menggunakan AMP atau accelerated mobile pages, tapi harus kuakui, terlalu banyak bug yang muncul di AMP yang justru kontraproduktif.

Bagaimana tidak, Google hanya akan merujuk satu tipe artikel saja dalam indexnya meskipun sama-sama menyimpan informasi halaman AMP maupun canonicalnya (sebutan untuk halaman web default untuk desktop) Jadi pada saat terjadi error di AMP, otomatis Google tidak akan menampilkannya di hasil pencarian, bahkan meski versi canonicalnya pun tidak mengalami error.

Maka menjadi PR ku sendiri untuk terus belajar dan belajar bagaimana bisa memecahkan masalah cara mempercepat loading mobile blog ini. Lalu aku menemukan teknik yang bisa digunakan oleh para pengguna wordpress.

Penyebab Skor Mobile Pagespeed Lebih Rendah Dibanding Desktop

Sekedar informasi saja, Google selama ini menampilkan hasil mobile pagespeed lebih lambat dengan pertimbangan bahwa processor smartphone tidaklah sekuat processor desktop, dengan demikian perangkat smartphone pun tidak sekuat perangkat desktop. Dan ini membuat Google mempertimbangkan faktor kecepatan speed rata-rata. Termasuk menggunakan koneksi 3G maupun dibawahnya untuk membentuk skor mobile di hasil pengujian pagespeed. Dan itulah mengapa kecepatan mobile speed sebuah blog umumnya lebih rendah dibanding kecepatan versi desktopnya.

Namun tetap saja, nilai yang njomplang cukup drastis ini membuatku tidak terlalu yakin bahwa koneksi 3G dan penggunaan processor ini, berpengaruh signifikan, ya ada pengaruhnya tapi kupikir pasti Google mempertimbangkan speed sebenarnya dari sebuah halaman saat akan dibuka oleh pengguna mobile.

Cara Mempercepat Loading Mobile Website

cara mempercepat loading mobile blog

Cara mempercepat loading mobile website ini aku lakukan dengan membagi tampilan apa saja yang boleh diload di web versi mobile dan web versi desktop. Beruntung para pengguna wordpress selfhosting karena mereka dikaruniai berbagai macam plugin. Dan cara kali ini pun tidak terlepas dari penggunaan plugin tersebut.

Nama plugin tersebut adalah Plugin Organizer, dengan plugin ini kita bisa mengatur plugin apa saja yang bisa kita nonaktifkan dan aktifkan di mobile maupun di desktop, secara sederhana plugin ini akan mendeteksi lebar layar perangkat pengguna untuk kemudian memutuskan plugin mana saja yang boleh ditampilkan dan mana yang harus disembunyikan berdasar preferensi layar pengguna.

Cara Mengatur Pembagian Plugin di Tampilan Mobile

Untuk mengatur pembagian plugin pada tampilan mobile dan desktop kita harus menginstall dan mengaktifkan Plugin Organizer terlebih dahulu.

  1. Masuk ke menu Plugin Organizer di sebelah kiri tampilan dashboard wordpress.
  2. Di bagian general setting On kan opsi Selective Plugin Loading dan Selective Mobile Plugin Loading
  3. Setelah di On kan, klik tulisan Selective Mobile Plugin Loading
  4. Pindah ke bagian sidebar Plugin Organizer, pilih menu Global Plugins
  5. Ubah Platform Standar ke Platform Mobile di Bagian Atas
  6. Klik nama plugin yang hendak kita disable saat dibuka dari smartphone pengunjung
  7. Klik tombol save untuk menyimpan setting

Setelah ini, silahkan buka kembali halaman pagespeed Google, dan cobalah uji kecepatannya. Setelah ini akan ada peningkatan kecepatan mobile web berdasar berapa banyak plugin yang kita nonaktifkan di versi mobile. Untuk tips cara mempercepat loading website lainnya, kalian bisa searching di blog ini, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.