Step By Step 5 Cara Membuat Website Dengan Mudah

Website merupakan salah satu elemen penting yang harus dibuat ketika Anda membangun bisnis secara online. Dengan menggunakan website, Anda bisa mempresentasikan diri atau mengenalkan produk maupun jasa yang Anda miliki. Cara membuat website bukanlah hal yang mudah, namun Anda dapat belajar dengan baik.

Bagi Anda yang masih pemula tak perlu khawatir, karena cara membuat website tidak harus memiliki ilmu coding atau pemograman. Anda harus mengetahui langkah-langkah pembuatannya dengan tepat, dari awal hingga akhir.

Cara Membuat Website dengan Mudah

cara membuat website dengan mudah

Untuk membuat Website Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website murah atau memulainya dengan 5 langkah sederhana mulai dari menentukan jenis website, menentukan platform website, memilih hosting dan nama domain, menginstall WordPress, dan mengoptimasi website. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini merupakan 5 cara membuat website dengan mudah, di antaranya yaitu:

  1. Menentukan Jenis Website

Sebelum membuat website, pastikan Anda sudah menentukan jenis website yang Anda gunakan. Dengan begitu, Anda sudah memiliki bayangan atau tujuan konsep website yang ingin dibuat. Hal ini sangat penting karena berpengaruh terhadap domain, web hosting, dan tema yang digunakan.

Ada beberapa jenis website populer yang bisa Anda pilih, mulai dari website toko online jika Anda ingin membangun bisnis secara online, blog atau website pribadi Jika Anda ingin membangun engagement atau mempresentasikan diri, website portofolio yang digunakan untuk membangun identitas online secara profesional dengan memajang karya di website,  situs berita yang merupakan website berisi artikel berita terbaru, hingga website forum yang merupakan wadah informasi komunitas secara online.

  1. Tentukan Platform Website
BACA JUGA:   Berikan Keamanan Pengunjung Blogmu dengan SSL Certificate

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Anda tidak perlu memiliki pengetahuan coding untuk membuat website, karena Anda bisa membuatnya di platform website, seperti wordpress, blogspot, drupal atau joomla.

Pasalnya, Anda bisa melakukan cara membuat website gratis dengan menggunakan platform wordpress. Meskipun gratis, bukan berarti website tersebut tidak berkualitas, Anda tetap bisa membuatnya dengan kualitas terbaik dan bisa diakses oleh semua orang. 

  1. Tentukan Hosting dan Domain

Meskipun cara membuat website di WordPress gratis, namun Anda perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk membuat Website yaitu untuk menyimpan data website hosting serta membeli nama domain. Fungsi hosting yaitu menyimpan semua file website yang bisa diakses secara online seperti teks, tema, media, plugin, kode html, dan draft content. Sehingga Anda perlu memilih layanan hosting yang tepat karena semua data website. Ada beberapa jenis layanan hosting yang bisa Anda pilih yaitu share hosting, cloud hosting serta VPS.

  1. Install WordPress

how to enhancing wordpress site

Cara membuat website selanjutnya yaitu dengan meng-install wordpress. Langkah pertama Anda bisa login cpanel melalui tautan yang dikirim dari email, buka softaculous installer lalu klik logo wordpress, klik install now dan pilih domain, setelah itu isi detail website. Selanjutnya Anda bisa memasukkan username dan password untuk masuk ke wordpress, dan instalasi pun selesai.

Proses install WordPress ini memang cukup lama, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website murah jika memang memiliki kesibukan. 

  1. Optimasi Pengaturan WordPress
BACA JUGA:   Layanan after sales ala blogger

Website yang baru Anda buat di WordPress masih bentuk dasarnya saja. Oleh sebab itu, Anda perlu mengoptimasi WordPress dengan cara login terlebih dahulu ke dashboard, lalu atur sesuai keinginan dan kebutuhan anda.

Dashboard sendiri merupakan tempat untuk mengubah pengaturan, membuat halaman, menambahkan login, menerbitkan konten dan lainnya. Dengan mengoptimasi website, maka kinerja website akan optimal.

Itulah 5 cara membuat website yang bisa anda lakukan dengan mudah. Jika Anda mempunyai banyak kesibukan dan tak sempat membuat website sendiri, Anda bisa langsung mencari para ahli pembuat website melalui marketplace freelance seperti sribulancer agar lebih aman saat bertransaksi. Selamat mencoba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.