Cara Menambah User Admin di Google Search Console

Menambah user admin di Google Search Console terkadang perlu dilakukan, beberapa kali teman mengaku kesulitan karena artikel mereka tidak terindeks di mesin pencari, masalahnya sih bisa bermacam-macam, bisa karena robots.txt, sitemap, maupun masalah coding yang ternyata membuat Google enggan merayapi.

Dan tidak semua rekan blogger memahami cara kerjanya, seringkali meski sudah aku tunjukkan tapi masih belum paham juga, aku sendiri kemudian meminta mereka untuk menambahkan emailku sebagai user di akun Google Search Console mereka.

Jujur saja, cukup banyak permasalahan yang muncul di Google Search Console, utamanya terkait dengan tidak terindeksnya url blog rekan-rekan di GSC. Tidak semua masalah ketidakterindeksan artikel teman-teman berarti ada masalah yang perlu ditangani lewat Search Console, sesekali masalah yang terjadi karena memang Googlebot belum merayapi artikel baru di blog kita.

cara menambah user admin di google search console

Kapan Googlebot merayapi artikel baru di blog kita? Itu wallahuallam berbeda dari satu blog dengan blog lain, yang jelas, semakin rutin kita menulis artikel baru, semakin cepat pula Googlebot merayapi url baru kita.

Permasalahan yang sering terjadi antara lain

  1. Crawled – not indexed
  2. Discoverable – not indexed
  3. Blocked by robots.txt
  4. Fetch error
  5. N/A
  6. dan masih banyak lagi
BACA JUGA:   Semarak HarBOLnas Ala Zalora

Pengalamanku, setiap masalah di atas tidak selalu bisa selesai dengan satu teknik saja, seperti misal, saat terjadi kasus url terblokir oleh robots.txt, meski sudah mengecek isi robots.txt lewat robot checker, dan sudah diperbaiki, masalah masih saja terjadi.

Ternyata, hal tersebut karena ada 2 robots.txt yang sama sekali berbeda. Robots.txt default yang ada dihosting dan sudah kita edit berkali-kali, dan robots yang diproduksi otomatis oleh plugins SEO tools. Hal ini menyebabkan adanya false negatif, saat checker mengindeks robot pertama sedangkan GSC menemukan robot kedua. Kalian bisa membaca artikelku tentang penyebab artikel tidak muncul di hasil pencarian Google

Cara Menambah User Admin di Google Search Console

Mengapa perlu menambah admin di GSC? ini jika kita memang sangat urgent perlu bantuan dari pihak lain, dan agar kita tidak perlu membagi credential akun email utama kita tentunya. Dengan menambah user admin, mereka hanya diijinkan untuk melihat property tertentu saja, tidak perlu sampai melihat data-data yang berasal dari id email kita yang tentu berbahaya untuk diketahui oleh siapapun.

BACA JUGA:   Statistic sebagai Marketing Engagement ala Trip Advisor dan Academia

Untuk menambah user admin di Google Search Console caranya cukup mudah

  1. Buka akun Google Search Console kalian
  2. Masuk ke menu Setting – Users and Permissions
  3. Di menu Users and Permissions, tambahkan user baru
  4. Masukkan email user baru yang akan kita jadikan co-admin
  5. Pilih opsi permission-nya yaitu Full atau Restricted, pilih full jika ingin user tersebut menjadi admin juga
  6. Jika sudah klik Add
  7. Secara otomatis email user baru sudah ditambahkan sebagai admin, dan akan mengirimkan notifikasi ke email user baru

Perlu diingat berbagi property Google Search Console, tidak disarankan kecuali benar-benar membutuhkan bantuan dari pihak yang memang sudah kita kenal reputasinya. Mengapa?

Google Search Console memiliki data sensitif mengenai performa blog kita, mulai dari artikel apa saja yang banyak dicari pengunjung lewat mesin pencari Google, serta kata kunci apa yang digunakan oleh para pengunjung untuk menemukan artikel kita.

Jika tidak hati-hati bukan tidak mungkin data sensitif statistik performa blog kita malah jadi santapan kompetitor.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.