Review Aplikasi blu By BCA Digital

Memiliki tanggungan keluarga dengan dua putra, tentunya membuatku lebih belajar cara memanajemen keuangan, meski tentunya sudah ada manajer terprofesional di keluarga alias istri, tetap saja sebagai tulang punggung keluarga aku menyiapkan diri dengan membagi pos pengeluaran di beberapa rekening terpisah.

Selain dana kebutuhan dan operasional sehari-hari keluargaku, kami memiliki pos terpisah untuk lebih memudahkan merencanakan keuangan keluarga, mengingat, kebutuhan anak-anak di masa mendatang tentu harus sudah dipersiapkan dari sekarang. Kebetulan kami memiliki beberapa rekening terpisah, termasuk anak-anak yang juga punya tabungan sendiri.

Oh ya, sebagai info kami masih belum memiliki rumah sendiri, masih menempati Perum Mertua Indah, alhamdulillah sih selama ini masih nyaman ditempati. Namun bukan berarti, kami tidak ingin punya rumah sendiri, hanya saja, waktu dan dananya memang belum mengijinkan untuk membangun rumah sendiri.

Tinggal di Jogja yang punya nilai upah minimum lebih rendah dibanding provinsi lain, adalah tantangan tersendiri bagi pasangan muda di Jogja. Dengan upah rendah, harga tanah tinggi, serta nilai property yang tidak jarang sudah menyentuh setengah M di wilayah urban, ada kekhawatiran anak muda Jogja bisa terusir karena tidak mampu membeli rumah di wilayahnya sendiri. Kami cukup beruntung karena masih ada sisa lahan yang bisa kami bangun rumah.

Namun, tahun kemarin, alih-alih membangun rumah, kami mengupayakan untuk memutar dana tabungan yang ada dengan mendirikan dua kavling ruko di wilayah Sleman, harapannya akan ada perputaran uang yang bisa kami maksimalkan sebagai passive income, mumpung kebutuhan anak saat ini belum banyak. Rencananya, sebelum membangun rumah, kami mengumpulkan dana terlebih dahulu untuk membangun indekos yang nantinya ada di belakang ruko. Meski begitu, kami masih bersyukur karena masih bisa menabung sedikit demi sedikit di beberapa pos tabungan.

Bicara soal pengelolaan dana tabungan, aku dan istri membagi tabungan menjadi beberapa kebutuhan, misal untuk tabungan pendidikan anak, tabungan modal pembuatan indekos, dana kesehatan, dana sosial, serta dana cadangan. Pada prinsipnya kami sih flexibel dalam penggunaan tabungan, jika memang ada yang lebih dulu difokuskan atau insidental bisa menggunakan beberapa alokasi dana tabungan yang lain.

Masalah utamanya adalah, tabungan tersebut terpisah di beberapa bank berbeda, bukan karena pilihan sih, lebih karena pembukaan rekening tersebut mengikuti aturan pemerintah. Sebagai tenaga honorer di SMK swasta, terdapat beberapa macam bantuan yang mensyaratkan membuka rekening di bank tertentu, jadilah rekening-rekening tersebut kami alokasikan sebagai pemisah tabungan kebutuhan satu dengan yang lain.

Setiap bulan, tentunya terdapat biaya administrasi yang harus kami keluarkan di rekening-rekening tersebut, seandainya pun ada kebutuhan yang memaksa melakukan transfer antar bank, kena biaya pula. Sangat tidak efektif bagi kami yang hanya tenaga honorer.

Berkenalan dengan blu by BCA Digital

Untungnya beberapa hari yang lalu kami melihat review aplikasi blu dan berkenalan dengan aplikasi blu by BCA Digital, aplikasi tabungan yang diperkenalkan oleh BCA Digital ini meski masih baru tapi sudah punya beberapa fitur menarik. Aku cukup tertarik dengan layanan blu, karena sebelumnya aku juga sudah menggunakan beberapa layanan dari BCA seperti mobile banking dan rekening dana lender, jadi apa nih yang menarik.

bluaccount by bca digital

Btw, BCA Digital sendiri merupakan anak usaha dari Bank BCA yang memang fokus dengan perbankan digital, kenapa aku cukup yakin dengan terobosan yang dilakukan oleh BCA digital.

Beberapa tahun terakhir ini group BCA menggelar berbagai ajang inovasi teknologi perbankan untuk mahasiswa dan masyarakat umum. Aku sendiri pernah berkesempatan untuk meliput acara BCA Finhacks di tahun 2017 dan 2018.

BCA Finhacks sendiri merupakan terobosan yang dilakukan oleh group BCA guna mengajak talenta muda Indonesia menghadirkan berbagai solusi perbankan lewat teknologi informasi. Salah satu teknologi yang diadopsi dari events ini antara lain VIRA, Asisten Virtual milik Bank BCA. Dan aku yakin banyak terobosan lain dalam dunia digital yang juga telah dihasilkan oleh BCA group selama beberapa tahun terakhir, dan blu merupakan salah satunya.

BACA JUGA:   Kiat Cerdas Memilih Perusahaan Multifinance, Jangan Sampai Tertipu

review jujur aplikasi blu by bca digital

Akupun mencoba kepoin review aplikasi blu yang ada di Google Play Store, dan melihat dari deskripsi serta review para pengguna, kami memutuskan untuk mencoba fitur blu ini. Hmm apa kalian juga penasaran dengan blu seperti kami? Yuk baca terus artikel review aplikasi blu by BCA Digital ini.

blu adalah aplikasi layanan perbankan mobile dari PT Bank Digital BCA atau BCA Digital, blu sendiri merupakan ekosistem digital tanpa kantor cabang, meski demikian blu dapat diakses kapan saja dan dari mana saja. Selain itu, blu sudah terintegrasi dengan semua infrastruktur digital yang dimiliki oleh BCA, termasuk diantaranya adalah jaringan ATM serta call center, dengan demikian pemilik akun blu tetap dapat menarik uang melalui jaringan ATM BCA tanpa memerlukan ATM fisik.

blu memiliki beberapa fitur inovatif dan tentunya sangat memudahkan masyarakat, terutama kami sebagai pasangan muda.

bluAccount

bluAccount adalah sebutan untuk rekening digital blu by BCA digital. Nasabah blu dapat melakukan transfer uang, tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA, melakukan pembelian pulsa, membayar berbagai tagihan, melakukan top up layanan OVO dan Gopay serta dapat digunakan sebagai alat bayar yang menggunakan QRIS.

bluSaving

Seperti sudah aku jelaskan di atas, kami selama ini terpaksa menggunakan beberapa rekening di berbagai bank untuk kebutuhan menabung kami, dan kami rasakan hal tersebut tidak efisien, adanya biaya bulanan serta biaya transfer antar rekening membuat kami berpikir, mungkin gak sih kita punya beberapa tabungan dalam satu rekening saja, jadi uang kami bener-bener bisa dimaksimalkan tanpa perlu pusing dengan biaya-biaya tersebut.

Nah, fitur blu yang sangat menarik bagi kami adalah bluSaving. bluSaving adalah fitur yang terdapat pada bluAccount (sebutan untuk rekening blu) yang memungkinkan nasabah untuk membagi alokasi tabungannya hingga sampai 10 rekening dalam satu akun blu.

terbaru review aplikasi blu by bca digital

Kebutuhan untuk memisahkan dana pendidikan, kesehatan, pembangunan rumah, dana cadangan dan lain-lain cukup menggunakan satu rekening blu saja. Dengan cara ini, kami bisa mengalokasikan tabungan masing-masing tanpa harus repot dengan biaya bulanan di berbagai lokasi.

Fitur ini sangat bermanfaat bagi kamu mengatur pos tabungan dengan lebih mudah, apalagi, kita tidak perlu mengurusnya di kantor cabang, cukup dengan menggunakan smartphone dan dapat diakses kapan saja dari mana saja.

bluGether

Fitur berikutnya dari review aplikasi blu kali ini adalah bluGether, nah fitur ini sangat cocok buat kalian yang bertindak sebagai bendahara, baik bendahara organisasi, komunitas maupun bendahara di lingkungan kalian tinggal. Jika kalian pernah menggunakan fitur split bill nya Sakuku by Bank BCA mungkin sedikit ada gambaran mengenai bluGether ini.

Dengan bluGether, setiap transaksi penarikan yang dilakukan bendahara dapat diketahui oleh semua anggota, sehingga lebih transparan. Di bluGether, pembuka rekening disebut Creator, ia bertindak sebagai nasabah bendahara dari sebut saja sebuah komunitas. Creator dapat mengundang maksimal hingga 24 teman sebagai member bluGether.

Jika kalian kebetulan punya komunitas dan ada iuran keanggotaan, bluGether ini bisa jadi salah satu solusi transparansi pengelolaan keuangan komunitas kalian.

bluDeposit

Fitur ketiga dari blu adalah bluDeposit, lah bukannya udah tabungan ya? nah bluDeposit ini adalah deposito non-ARO yang tidak akan diperpanjang secara otomatis, jadi setiap jatuh tempo pokok dan bunga akan kembali ke bluAccount kalian.

review aplikasi blu by BCA digital

Nah, kalian gak cuma bisa punya satu deposito saja dengan bluDeposit, tapi bisa bikin berapa kamu mau. Untuk bluDeposit ini tenor depositonya mulai dari satu hingga 12 bulan.

Tentu kalian paham bahwa layanan deposito tidak seliquid tabungan maupun reksadana, karena jika kalian menarik deposito sebelum jatuh tempo, kalian akan mendapatkan penalti. Hmmm menyebalkan ya?

Untungnya solusi yang dimiliki aplikasi blu by BCA Digital ini, lebih-lebih dari menguntungkan.

  1. Penarikan bluDeposit sebelum jatuh tempo tidak dikenakan penalti melainkan tidak mendapatkan bunga, win-win solution banget karena kita gak akan menarik deposito kalau tidak dalam kondisi sangat urgent.
  2. Kalian bisa melakukan top up bluDeposit hingga h+6 sejak pembukaan bluDeposit baru, dengan nominal mulai satu hingga 10 juta rupiah, tanggal jatuh tempo tetap mengikuti pembukaan bluDeposit tersebut ya!
  3. Ada reminder pada h-7 sampai h-2 dari tanggal jatuh tempo, jika kita ingin melakukan perpanjangan bluDeposit, suku bunganya sendiri akan diperbarui sesuai dengan suku bunga terkini.
BACA JUGA:   Mengenal TKB90 dan TKW90 dalam P2P Lending

Berbagai Kemudahan blu by BCA Digital

Kode Referrral

Selain fitur utama di atas, ada berbagai kemudahan yang bisa kalian temukan dari blu. Ada kode referral buat kalian yang ingin mereferensikan teman kalian menggunakan blu.

Onboarding Data

Karena kebetulan aku memiliki rekening di Bank BCA, maka data pembukaan rekening blu ku sendiri diambil dari data BCA. Jadi lebih enak karena tidak perlu mengisi biodata lagi, cukup dengan memasukkan nomor kartu ATM BCA serta nomor handphone yang terdaftar di e-banking BCA

Bebas Biaya

Ini salah satu alasan aku kasih review jujur aplikasi blu, disini kalian bisa menikmati bebas biaya admin, bebas biaya tarik tunai di ATM BCA, bebas biaya transfer BCA melalui BCA mobile dan ATM BCA.

Jadi beneran uang tabungan kalian ya buat kepentingan kalian menabung, bukan habis buat bayar biaya admin bank setiap bulannya kan?

Biaya Transfer antar Bank?

Untuk pengguna blu by BCA Digital, kalian bisa menikmati bebas 20x biaya transfer antar bank untuk 20 tranfser pertama serta bebas 20x biaya top up Gopay, bulan berikutnya bisa bebas biaya transfer juga gak? Bisa kok, syaratnya mudah, kalian harus memiliki saldo minimal rata-rata portofolio di akun blu kalian sebesar satu juta rupiah saja.

Tracker

Tracker disini bisa digunakan untuk mengecek cash flow keuangan kita bulan ini, dengan begitu cukup membantu untuk memprioritaskan pos-pos pengeluaran. Kemudian ada juga riwayat transaksi bulanan yang bisa kita gunakan untuk mengecek transaksi apa saja yang kita lakukan bulan ini, baik di bluSaving, bluDeposit maupun bluGether.

review aplikasi blu by BCA Digital

Banyak inovasi dan kemudahan yang aku lihat setelah melakukan review jujur aplikasi blu ini, nah apakah teman-teman tertarik menggunakan blu setelah membaca review aplikasi blu? Klo tertarik, gampang banget kok caranya, cukup download aplikasi blu by BCA Digital melalui

  1. Google Play Store – https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bcadigital.blu
  2. App Store – https://apps.apple.com/us/app/blu-by-bca-digital/id1550237185

Setelah itu rekan-rekan bisa segera mendaftarkan diri lewat aplikasi. Oh ya untuk proses registrasi ini, mudah banget, cuma 15 menit aja, itupun sudah termasuk dengan live call untuk verifikasi identitas bersama petugas call center blu.

Tiga Persona blu

Sejak dirilis awal bulan ini, blu berhasil mencatatkan hingga 25000 akun blu teraktivasi, dengan pencapaian ini blu optimis bahwa solusi digital yang dibawa memang sesuai dengan kebutuhan para digital savvy. blu sendiri memiliki tiga karakter persona yang menggambarkan tiga kelompok segmen muda yang membutuhkan blu

persona blu benni lea utta

Pertama adalah Benni, Benni adalah sosok lelaki yang cukup matang penuh perencanaan dan siap mengambil resiko, kata Benni sendiri berasal dari kata berani investasi. Dan blu sangat mendukung mereka yang berani melakukan investasi, untuk saat ini blu menyediakan bluDeposit, ke depan, blu akan membuka layanan investasi, debit dan lending

Kedua adalah seorang gadis bernama Lea, yang merupakan singkatan Lebih Kaya, Lea adalah tipe mereka yang sudah memiliki keuangan stabil, pemasukan dan pekerjaan sudah cukup baik serta sudah mampu mengatur kebutuhan keuangan mereka baik untuk kebutuhan primer maupun lifestyle, fitur bluSaving ini sangat cocok untuk Lea

Utta, adalah persona terakhir dan paling muda dari blu. Utta utamakan tabungan adalah mereka yang masih mengandalkan uang dari orang tua, mereka yang masih sekolah atau kuliah namun demikian, anak-anak muda ini sangat perlu belajar banyak hal mengenai manajemen keuangan, dan blu hadir untuk membantu mereka terbiasa mengelola keuangan mereka lebih baik

blu Gandeng BliBli sebagai Exclusive Partner

Lanny Budiati selaku CEO BCA Digital mengumumkan kolaborasi blu x Blibli, dengan menghadirkan kemudahan bagi para pengguna e-commerce untuk membuka rekening blu melalui platform Blibli. Senada dengan hal tersebut CEO Blibli Kusumo Martanto menyebutkan untuk pembukaan rekening blu melalui Blibli dengan menyetorkan Rp. 500 ribu rupiah, maka akan mendapatkan 100% cashback.

Senior Group Manager Blibli, Nila Sukmawati menilai dengan kolaborasi ekslusif antara blu dan Blibli ini akan lebih memudahkan pelanggan e-commerce dalam user experience yang mereka rasakan saat melakukan pembayaran di Blibli. Karena dengan menggunakan blu, pelanggan tidak perlu repot harus melakukan top up e-wallet, tidak perlu memikirkan OTP, cukup memilih blu sebagai opsi pembayaran, melakukan konfirmasi PIN dan selesai

56 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.