Cara Menggunakan Google Disavow Link

Google Disavow Link adalah sebuah tools dari Google untuk membantu para pemilik website dan blogger menghapus sumber backlink yang tidak kita inginkan. Backlink yang berasal dari situs judi, porno, dark web merupakan contoh backlink tidak berkualitas yang perlu dihindari oleh para pemilik website.

Mengapa Google Menciptakan Disavow Link Tools?

Sebagaimana persaingan dalam dunia SEO untuk mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari, tidak jarang kompetitor melakukan cara-cara curang untuk menurunkan reputasi blog kita. Apalagi saat lomba SEO, selain kompetisi dilakukan dengan teknik SEO rahasia masing-masing peserta, bukan tidak mungkin kompetitor akan mengganggu jalannya persaingan dengan menyuntikkan bad backlink ke situs kita.

Google menciptakan Disavow Link Tools agar para pemilik website bisa mengamankan situs mereka dari kemungkinan buruk yang mungkin terjadi akibat kesalahan penerapan teknik SEO mereka maupun akibat ulah pihak lain yang ingin menjatuhkan reputasi blog kita.

Google Disavow Tools sendiri merupakan bagian dari Google Webmaster, yang saat ini berevolusi menjadi Google Search Console. Meski masih menjadi bagian dari Google Search Console, Google Disavow Tools ini malah seperti tools terpisah karena tidak bisa diakses secara direct dari dashboard GSC.

Cara Kerja Google Disavow Link

Google Disavow Link Tools bekerja dengan mengabaikan daftar backlink yang sudah kita tandai sebagai backlink ke website kita. Dengan demikian website kita seolah tidak pernah memiliki backlink dari website-website jahat. Namun perlu diingat, bahwa Google Disavow Link tidak menghapus backlink yang menuju website kita di tempat-tempat tersebut, hanya meminta Googlebot mengabaikannya saja.

Hal ini berarti bisa saja, backlink tersebut masih terdeteksi di tools lain seperti Moz dan aHrefs. Tapi biarkan saja seperti itu

Cara Disavow Link di Google Search Console

cara menggunakan google disavow link tools GSC

Untuk melakukan disavow link caranya cukup mudah

  1. Buatlah daftar sumber backlink yang akan kita hapus sebagai file txt menggunakan notepad
  2. Satu baris untuk satu sumber backlink, masukkan URL lengkap mulai http/https untuk setiap backlink
  3. Buka halaman https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links-main
  4. Pilih property GSC blog kamu yang hendak kamu bersihkan bad backlinknya
  5. Klik tombol Upload Disavow List
  6. Pilih file txt yang sudah kita siapkan
  7. Upload
  8. Selesai

Nah itulah cara menggunakan Google Disavow Link Tools di Google Search Console, selamat mencoba

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.