Cara Menghitung Engagement Rate Instagram Tanpa Aplikasi

Bagaimana cara menghitung engagement rate instagram? Instagram engagement rate umumnya diharuskan oleh para pemilik brand/agensi sebelum mereka memilih talent untuk diajak bekerjasama guna melakukan endorse produk lewat instagram. Menurut pakar komunikasi Wilbur Schram (1954) Engagement adalah komunikasi interaksional berupa feedback terhadap pesan/konten tertentu. Dalam dunia social media, engagement rate adalah berapa feedback yang diberikan oleh audience terhadap konten yang kita publikasikan di akun instagram.

Avinash Kaushik, salah seorang ahli internet statistic menyebutkan setidaknya fitur interaksi media sosial terbagi dibagi menjadi 3 (tiga) kategori:

  • Conversation: Percakapan antara pemilik konten dengan audience, atau antar audience
  • Amplification: Sharing konten baik repost, retweet, sharing
  • Applause: Retweet, Love, Like, dan emot lainnya

cara menghitung engagement rate instagram

Cara menghitung engagement rate bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pengecek engagement rate, atau menghitung engagement rate kita sendiri secara manual.

Nilai engagement rate sendiri didapatkan dari jumlah interaksi/tanggapan dari postingan kita berbanding dengan jumlah followers yang kita miliki. Tanggapan ini bisa berupa love maupun komentar, reply, love atau retweet jika di social media twitter.

Semakin banyak tanggapan, semakin tinggi juga engagement rate yang kita dapatkan.

Cara menghitung Engagement Rate Instagram Tanpa Aplikasi

Lalu bagaimana cara menghitung engagement rate instagram tanpa aplikasi?

  1. Pertama ambil data dari 5 feed terakhir di akun instagram kita, hitung total jumlah interaksi disetiap feed, baik love maupun komentar
  2. Kedua, hitung rata-rata interaksi di 5 feed kita terakhir, misal rata-rata interaksinya adalah 89 interaksi per feed.
  3. Ketiga, bagi jumlah rata-rata interaksi tersebut dengan jumlah followers yang kita miliki, katakanlah kita memiliki 1000 orang follower
  4. Maka nilainya adalah 89/1000 = 0,089 atau 8,9%
  5. Dari hasil diatas, didapat engagement rate instagram kita sebesar 8.9%

Cara Menghitung ER Instagram Menggunakan Website

Selain menggunakan aplikasi dan manual kita juga bisa menggunakan layanan instagram calculator seperti yang dimiliki oleh phlank. Untuk cara menghitung ER instagram ini, kita cukup memasukkan username akun instagram yang hendak kita lihat nilai ERnya.

mengecek ER instagram

Setelah mengetahui berapa besar ER instagram, pertanyaannya adalah apakah nilai engagement rate tersebut sudah cukup atau belum? Untuk menjawab hal ini, kita bisa melihat Average Instagram Engagement Rate berikut

 Nilai Rerata ER  Berdasar Jumlah Follower
Jumlah FollowerRerata Engagement Rate (%)
1-5K5.60
5K-20K2.43
20K-100K2.15
100K-1M2.05
Diatas 1M1.97

Jika kita memiliki nilai engagement 8,9% dengan jumlah follower 1000 itu udah bagus, ini lebih baik dibanding memiliki follower 5000 tetapi engagementnya justru hanya 1%. Oleh karenanya terus tingkatkan kualitas konten yang kalian bagikan di instagram, agar bisa mendapatkan feedback yang banyak dari para followers kalian.

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.