Cara Mudah Investasi Reksadana Saham

Investasi reksadana saham layaknya membeli bibit sebuah tanaman. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggunya tumbuh dan berbuah. Tentu dalam menanam bibit tersebut, kita semua menginginkan cara yang terbaik, namun mudah untuk dilakukan.

Lalu, memangnya ada cara yang seperti itu? Bagaimana caranya? Sebelumnya, mari kita bahas investasi reksadana saham dari garis besarnya terlebih dahulu.

Pengertian Reksadana

Reksadana merupakan instrumen investasi yang cara kerjanya adalah menghimpun dana investor. Dana tersebut dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan pada portofolio efek. Dari kenaikan nilai portofolio tersebutlah kita mendapatkan keuntungan. Investasi reksadana sangat cocok untuk berbagai kalangan, termasuk pemula, karena kemudahan yang ditawarkan seperti dengan modal yang kecil saja, siapa pun sudah bisa memulai investasi reksadana.

Namun, dengan modal kecil pun kita sudah bisa menikmati diversifikasi di mana hal ini tidak mungkin bisa dilakukan dengan investasi saham biasa. Adanya manajer investasi tentunya juga memberikan keuntungan, yakni kita tidak perlu mengelola aset kita secara mandiri sehingga kita tidak perlu mengalokasikan banyak waktu dan tentunya investasi reksadana minim risiko.

Investasi reksadana saham

cara investasi reksadana saham dbs

Terdapat empat jenis investasi reksadana apabila dikelompokkan berdasarkan portofolionya. Reksadana saham merupakan jenis yang mengelola keuangannya pada saham, setidaknya 80% dari dana yang dimilikinya. Sehingga reksadana ini memiliki efek ekuitas. Tiga lainnya adalah reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang dan reksadana campuran.

Keuntungan investasi reksadana saham

Keuntungan reksadana saham dapat dikatakan tinggi karena dapat mencapai angka 20% dalam satu tahun. Nilai ini sangat besar jika dibandingkan dengan jenis lainnya yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran. Oleh karenanya, investasi reksadana saham sangat diminati terlebih oleh investor dengan profil risiko agresif.

Investasi reksadana saham lewat digibank by DBS

Sekarang kamu sudah mengetahui informasi-informasi penting tentang investasi reksadana saham. Yuk sekarang kita pelajari cara investasi reksadana saham yang terbaik namun mudah!

investasi reksadana saham digibank by DBS

Secara umum, investasi reksadana dapat dilakukan melalui ponsel dengan menggunakan aplikasi. Terdapat dua cara. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi yang dikhususkan untuk investasi reksadana. Namun, dengan cara ini kamu harus melakukan sejumlah transfer dari rekening pribadi terlebih dahulu.

Sementara itu, cara yang kedua adalah dengan mobile banking yang memiliki fitur investasi reksadana seperti digibank by DBS. Cara investasi ini lebih efisien karena kamu tidak perlu melakukan transfer. Semua prosesnya telah terintegrasi dengan rekening milikmu. Tentunya ini merupakan cara terbaik untuk melakukan investasi reksadana.

Cara investasi reksadana melalui digibank by DBS.

Pembelian:

  1. Pastikan kamu memiliki aplikasinya
  2. Login pada aplikasi tersebut
  3. Pilih fitur “Reksa Dana” kemudian pilih produk yang kamu inginkan
  4. Setelah membaca ringkasan produk, klik “Beli”
  5. Pilih rekening pendebetan dan masukkan nominal
  6. Konfirmasi pembelian

Jumlah uang pada rekening kamu kemudian akan terpotong secara otomatis. Apabila kamu melakukan penjualan produk, uang tersebut akan langsung masuk ke rekeningmu. Tentunya kamu juga bisa melakukan switching melalui digibank by DBS.

Pembelian pertama:

Kamu perlu mendaftar untuk nomor Single Investor Identification (SID) sebagai tanda terdaftarnya kamu secara resmi di pasar saham apabila sebelumnya kamu belum pernah melakukan pembelian investasi reksadana. Ini juga bisa dilakukan langsung dan mudah melalui aplikasi seperti berikut.

  1. Login pada aplikasi
  2. Pada fitur “Investasi” klik “Buat Sekarang” untuk pembuatan SID
  3. Tunggu email konfirmasi

Sangat mudah kan investasi reksadana saham dengan digibank by DBS hanya dengan satu aplikasi? Tapi tidak berhenti di situ saja karena digibank by DBS justru masih memiliki banyak hal menarik untuk investasi dan bahkan kamu bisa menikmati sajian lengkap investasi ala rumah makan padang! Nih penjelasannya.

  • Investasi mulai dari Rp 100.000

Nominal pembelian produk reksadana saham pada digibank by DBS sangat murah yakni mulai dari Rp 100.000 saja sehingga sangat terjangkau untuk berbagai kalangan yang ingin mulai melakukan investasi. Tidak perlu tunggu lama-lama deh untuk segera melakukan investasi dan menikmati keuntungan secepatnya.

 

  • Fitur pembelian secara berkala

Melalui digibank by DBS kamu bisa melakukan pembelian yang bisa kamu atur tanggalnya secara berkala dan tentunya ini sangat memudahkanmu yang memiliki rencana untuk melakukan investasi secara rutin.

 

  • Tersedia lebih dari 50 produk

Tidak hanya reksadana saham, digibank by DBS juga menyediakan jenis investasi reksadana lainnya dengan lebih dari 50 pilihan produk sehingga kamu bisa melakukan diversifikasi dengan mudah.

 

  • Pilih produk berdasarkan kategori

Ketika memilih produk, kamu bisa melakukan penyortiran berdasarkan tiga kategori yaitu kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik. Tentunya ini merupakan nilai plus yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan produk yang paling sesuai dengan kebutuhanmu sebagai investor.

 

Itu dia cara investasi reksadana saham yang mudah. Yuk segera beli bibit pohon investasinya dan mulailah perjalanan investasimu dengan digibank by DBS. Unduh aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play Store.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.