Inilah Alasan Investasi Reksadana Pasar Uang Jadi Pilihan Terbaik untuk Dana Pendidikan dan Dana Pensiun!

Masa pandemi yang cukup lama membuat beberapa bisnis mengalami gulung tikar. Tidak sedikit diantara pengusaha yang kebingungan untuk memperbaiki finansial. Sebagai bagian dari strategi investasi untuk terus mengembangkan kekayaan di tengah pandemi, salah satu caranya adalah memilih investasi reksadana pasar uang.

Investasi reksadana salah satu pilihan tepat untuk dana pendidikan anak juga dana pensiun. Kedua aspek tersebut merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan. Hal ini tentunya harus disiapkan secermat mungkin. Hasil yang didapatkan akan sesuai dengan investasi yang cermat.

Manfaat Berinvestasi

Sebelumnya, mari ulas terlebih dahulu terkait manfaat dari investasi. Tidak sedikit diantara banyak orang yang memperhatikan manfaatnya terlebih dahulu, sebelum melakukan sesuatu.

Begitu pula halnya dengan berinvestasi, terdapat beberapa manfaat untuk Anda. Adapun manfaat investasi yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan Nilai Aset – Dengan berinvestasi, Anda bisa meningkatkan aset baik properti atau pun uang. Seiring waktu, dana yang diinvestasikan akan bertambah.
  • Mempersiapkan Masa Depan yang Sesuai Aspirasi – Di usia tua tentunya fisik tidak lagi sebugar masa muda. Maka dari itu, masa tua waktunya untuk beristirahat dengan menikmati hasil kerja keras selama masa muda.
  • Tercukupinya Finansial – Melalui investasi, Anda bisa mencukupi kebutuhan finansial dengan gaya hidup yang diinginkan. Hal ini dikarenakan terdapat aset dan tabungan yang dimiliki.

Untuk Anda yang berani mengambil risiko, maka berinvestasi pun bisa dilakukan. Tingginya risiko akan membuat potensi mendapatkan profit pun semakin tinggi. Tidak heran, banyak pemula yang merasa takut menanggung risiko yang tidak diinginkan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, terdapat investasi yang bisa dilakukan dengan risiko yang minim. Investasi yang dimaksud yaitu reksadana pasar uang. Agar Anda bisa memahaminya lebih mendalam, mari simak informasi selanjutnya!

Pengertian Reksadana

Mari pahami dulu arti dari reksadana. Investasi yang bentuknya berupa perusahaan yang siap menghimpun setiap dana dari investor. Dalam hal ini investor merupakan masyarakat umum yang berkeinginan menanamkan modal.

Melalui reksadana, Anda bisa memulainya secara mudah. Setiap tahapan akan dibantu prosesnya oleh seorang manajer investasi yang profesional. Adapun cara kerja reksadana antara lain sebagai berikut:

  1. Dana dari nasabah akan dihimpun oleh manajer investasi
  2. Selanjutnya, dana yang terhimpun akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam instrumen tertentu
  3. Laporan kinerja pun akan diterima setiap nasabah, mencakup aset, hingga portofolio efek

Reksadana salah satu bentuk investasi yang diawasi oleh OJK. Hal ini tentunya membuat reksadana semakin terpercaya dan aman dilakukan. Terdapat empat jenis reksadana yaitu:

  • Reksadana Pendapatan Tetap (Investasi Menengah)
  • Reksadana Saham
  • Reksadana Campuran
  • Reksadana Pasar Uang

Salah satu jenis reksadana yang cukup banyak peminatnya yaitu reksadana pasar uang. Tidak heran, karena para investor hanya menanggung risiko yang lebih minim dibandingkan investasi lainnya.

Alasan Mengapa Harus Berinvestasi Reksadana Pasar Uang

Seperti yang disinggung sebelumnya, investasi reksadana pasar uang cukup populer di kalangan investor. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan terdapat beberapa alasan kuat yang membuat mereka memilih reksadana pasar uang.

reksadana pasar uang

Sesuai namanya, reksadana pasar uang akan membuat investor melakukan investasi secara menyeluruh dalam pasar uang. Instrumen yang didapatkan bisa berupa surat berharga. Hal ini berlaku hingga satu tahun kurang. Bergantung pada batas waktu yang disepakati. Adapun alasan yang patut Anda pertimbangkan yaitu:

1.   Profit yang Lebih Tinggi

Ketika berinvestasi, hal pertama yang dipertimbangkan para investor adalah profit yang akan didapatkan. Setiap investor akan menanyakan terkait return yang didapatkan. Secara umum, reksadana pasar uang memberikan keuntungan hingga 6%.

Setiap dana yang diinvestasikan akan dikelola oleh manajer yang profesional. Jika keadaan pasar uang sedang bagus, maka Anda pun akan mendapatkan profit yang tinggi. Melalui reksadana pasar uang, Anda berpeluang mendapatkan profit yang sesuai keinginan.

2.   Modal Awal Terjangkau

Setiap investasi tentunya akan membutuhkan modal awal. Begitu pun dengan reksadana pasar uang akan membutuhkan modal awal. Adapun modal awalnya dibanderol dengan nilai yang fleksibel.

Jangan tergiur dengan profitnya dulu, Anda harus memiliki tekad kuat untuk memulai investasi. Langkah pertama tentunya mengeluarkan modal. Selanjutnya, keuntungan yang didapatkan pun beragam, bergantung pada kondisi pasar uang.

3.   Fleksibel

Menginvestasikan uang di reksadana pasar uang cukup fleksibel. Anda bisa melakukan transaksi sesuai waktu luang yang dimiliki. Pencairan reksadana juga terlepas dari ikatan kontrak atau pun batas waktu tertentu.

Untuk proses pencairannya pun cukup mudah. Anda bisa melakukannya secara online. Selain itu, proses pencairan tidak akan dipotong denda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan profit yang lebih besar.

4.   Likuiditas Tinggi

Ketika melakukan investasi, para investor akan mempertimbangkan likuiditasnya masing-masing. Secara umum, reksadana pasar uang likuiditasnya cukup tinggi. Dalam hal ini likuiditas bermakna kemampuan suatu perusahaan dalam pemenuhan kewajibannya untuk membayar.

Semakin tinggi tingkat likuiditasnya, maka semakin cepat pula pencairan. Hal ini tentunya akan menyesuaikan dengan kondisi manajer investasi penghimpun. Selanjutnya, Anda pun bisa mempertimbangkan hal ini sebelum berinvestasi.

5.   Bebas Pajak

Selain itu, hal lainnya yang harus dipertimbangkan dari reksadana pasar uang  yaitu bisa dinikmati tanpa pajak. Profit yang didapatkan dari investasi tidak akan terpotong sedikit pun dengan objek pajak. Maka dari itu, banyak orang yang memilih jenis investasi ini.

Lain halnya dengan deposito yang akan membuat profit Anda menjadi terpotong. Pajak yang dikenakan bisa mencapai 20%. Hal ini patut dipertimbangkan oleh Anda yang ingin memulai investasi.

Anda tertarik untuk melakukan investasi reksadana pasar uang? Alternatif yang bisa dicoba yaitu melakukan investasi reksadana di perbankan prioritas DBS Treasures. Salah satu penghimpun investasi yang aman dan terpercaya.

DBS Treasures siap mendukung kegiatan investasi para investor . Setiap investasi akan dikelola oleh manajer investasi terkemuka yang bermitra dengan DBS Treasures. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk menjadikan kinerja produk lebih optimal.

Melalui DBS Treasures, Anda siap-siap mendapatkan wawasan dalam berinvestasi. Hal ini akan Anda dapatkan langsung secara proaktif dari tim ahli finansial yang berkolaborasi dalam menganalisa pasar serta melihat peluang terkini.

Minimalkan risiko yang bisa saja terjadi. Hal ini bisa dilakukan dengan diversifikasi terhadap dana yang disebarkan. Selanjutnya, aset yang diinvestasikan akan minim risiko. Sebaliknya, profit yang didapatkan berpotensi berkali lipat.

Demikianlah ulasan terkait reksadana pasar uang yang bisa Anda perdalam. Pastikan Anda memahaminya secara tepat, sehingga investasi pun dilakukan secara lancar. Dalam hal ini, Anda bisa berdiskusi dengan DBS Treasures yang berpengalaman dan ahli di bidang tersebut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.