Mengenal Carbon Cleaner dan Cara Penggunaannya

Mobil mendadak kehilangan performanya atau bahkan hingga sulit distarter dan mogok? Bisa jadi mesin dan ruang pembakaran tersumbat oleh kerak dari tumpukan sisa karbon. Tentunya jika ini terjadi ketika Anda berada di tengah jalan apalagi malam hari, Anda harus segera mencari bantuan layanan derek 24 jam dari Suzuki Roadside Emergency Residence.

Namun setelah mencari bantuan, Anda tentunya pasti tetap harus mencari di mana letak permasalahan mobil Anda dan memperbaikinya. JIka memang benar terjadi akibat penumpukan karbon sisa-sisa pembakaran, Anda perlu segera membersihkan ruang bakar dengan pembersih karbon atau Carbon Cleaner. 

manfaat carbon cleaner untuk membersihkan mesin

Carbon cleaner atau pembersih karbon sendiri adalah cairan khusus yang diformulasikan tak hanya untuk membersihkan kerak sisa-sisa karbon dari proses pembakaran yang biasa menempel pada piston, karburator hingga throttle body.  Tak hanya itu saja, fungsi pembersih karbon yang tak kalah penting lainnya adalah mampu menjadi anti vermish atau penghilang kandungan air pada mesin. Mengingat air yang masuk ke karburator bisa membuat performa kendaraan jadi berkurang hingga membuat mesin tidak bisa dihidupkan. 

Biasanya carbon cleaner dijual dalam bentuk semprot dan ada juga yang berbentuk busa lembut atau foam. Keduanya memiliki fungsi yang sama namun punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada carbon cleaner berbentuk foam misalnya, biasanya dinilai lebih aman karena kandungan zat kimianya lebih rendah. Namun bukan berarti carbon cleaner berjenis cairan semprot lebih buruk. Jenis ini memiliki kelebihan yaitu bisa menjangkau bagian-bagian mesin yang lebih kecil, bahkan mampu membersihkan hingga ke sela-sela komponen karburator

Ikuti cara ini untuk bisa menggunakan carbon cleaner dengan benar!

  1. Nyalakan mesin mobil dan diamkan selama 10 -15 menit.
  2. Buka ruang filter udara pada kendaraan.
  3. Buka busi yang masih terpasang
  4. Pastikan semua piston sejajar dengan benar.
  5. Semprotkan pembersih karbon ke dalam masing-masing lubang busi mobil hingga cairan muncul ke permukaan.
  6. Diamkan cairan carbon cleaner selama 15 menit sampai kerak yang menempel pada ruang pembakaran bisa rontok. 
  7. Gunakan pompa hisap untuk menyedot cairan sisa pembersih karbon di dalam ruang bakar menggunakan pompa hisap hingga benar-benar kering.
  8. Pasang kembali busi seperti semula dan hidupkan mesin kendaraan hingga terasa hangat.

Begitulah cara mudah menggunakan carbon cleaner atau pembersih karbon. Jika setelah dibersihkan, tapi mesin mobil masih mengalami kendala segeralah lakukan perbaikan di bengkel resmi terdekat di kota Anda. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.