DA PA turun, terus aku kudu gimana?

Awal Bulan Maret 2019 bisa dibilang cukup menghebohkan para blogger di Indonesia, hal ini tidak lain karena beberapa blogger yang mengecek update DA PA nya turun, mending kalo turun satu poin, ini turunnya drastis, seorang rekan blogger kemudian meneruskan hasil temuannya ke grup yang berisi blogger juga, maka hasilnya, beramai-ramai nara blog mengunjungi situs-situs pengecek DA PA seperti checkmoz.com, smallseotools, seoreviewtools maupun masuk ke situs MOZ sendiri.

Baca juga: Apa yang dimaksud dengan DA/PA?

Di blog Moz sendiri memang ada artikel yang mengisyaratkan terjadinya perubahan algoritma pemeringkatan DA dan PA, kalian bisa mengecek artikelnya disini, sebenarnya, perubahan algoritma semacam ini adalah hal lumrah, aku sendiri pernah mencatat perubahan algoritma DA/PA yang menyebabkan anomali di sebagian besar situs pada November 2015 (Penurunan drastis domain authority akibat anomali algoritma moz)

Domain Authority 2.0

Dan bulan Maret ini, tepatnya tanggal 28 Februari 2019, Moz meluncurkan Domain Authority 2.0, hasilnya terjadi perubahan cara Moz dalam menentukan ranking Domain Authority, di artikel yang ditulis oleh Russ Jones, dia mengatakan perubahan ini merupakan cara Moz untuk menghadirkan nilai pemeringkatan yang lebih relevan. Moz mencoba memberikan peringkat yang lebih baik pada site yang memang berhasil memperoleh rangking di Serp.

Sebagaimana kita tahu, bahwa Domain Authority, saat ini digunakan oleh para pemilik domain sebagai bagian dari bargaining power, semakin tinggi DA nya maka pemilik domain akan menjual layanan di situsnya dengan harga yang lebih tinggi juga. Hal ini oleh Jones disebut sebagai domain value.

Masalahnya adalah,

Tidak semua domain yang memiliki DA/PA tinggi adalah domain yang memang benar-benar bagus, domain yang memang memiliki konten berkualitas dan dibutuhkan oleh orang lain. Seringkali, domain ini hanyalah domain expired yang kemudian dibeli oleh para pemburu expired domain untuk diperjualbelikan lagi dengan harga yang lebih mahal.

BACA JUGA:   Baper's talk, ngomongin hal baper?

Expired domain ini biasanya adalah domain-domain spammy yang dulunya digunakan untuk melakukan teknik spamming di berbagai site luar negeri, tidak jarang, karena backlink domain ini kuat, maka domain ini saat diaktifkan kembali memiliki nilai authority yang sangat besar. Jauh lebih besar dari kebanyakan DA/PA blogger yang membangun authoritynya dengan cara manual. Jika kalian menemukan domain bernama aneh dan berakhiran dot yang juga sama anehnya, tetapi sering mendapatkan placement/ job review, selamat anda telah menemukan salah satu contoh penggunaan expired domain ini.

Jones memberikan beberapa klasifikasi dimana setiap klasifikasi ini lah yang terkena dampak dari penerapan algoritma DA/PA terbaru.

  • Random Domains
  • Moz Customers
  • Blog Comment Spam
  • Low-Quality Auction Domains
  • Mid-Quality Auction Domains
  • High-Quality Auction Domains
  • Known Link Sellers
  • Known Link Buyers
  • Domainer Network
  • Link Network

DA PA turun, terus aku kudu gimana? 1

 

Tabel di atas menunjukkan anomali yang banget-banget untuk beberapa kelas yang memang disasar oleh Moz, terlihat sekali bahwa domain-domain yang tergolong Low-Mid Quality Auction, Domainers serta Link Network benar-benar dipangkas habis oleh algoritma Moz ini.

Dan trend yang terjadi, hampir semua domain terkena imbas dari penerapan algoritma terbaru Moz ini, tingkat penurunan dari rendah ke tinggi dapat dilihat di chart berikut

DA PA turun, terus aku kudu gimana? 2

Domain anotherorion.com sendiri terpangkas cukup besar, dari DA semula 40 turun 11 poin menjadi 29 saja. Sakit memang, tapi aku sendiri yakin bahwa hal ini tidak lebih dari sekedar anomali, toh sebagian besar blogger juga terkena penurunan nilai authority dengan besaran bervariasi.

BACA JUGA:   Himbauan Google, Dofollow dalam job review

Domain blogku bukan Auction Domain kenapa terpangkas juga?

penyebab da pa turun kenapa

Jangan kuatir, setiap perubahan algoritma memang akan terjadi anomali, penurunan DA/PA bulan ini merupakan dampak dari perubahan cara kerja Moz, bukan perubahan kualitas blog kita! Algoritma Moz ini seperti halnya tubuh yang mendapat suntikan imunisasi maka tubuh akan memberikan reaksi yang berbeda-beda, bukan berarti tubuh kita sakit, tetapi karena tubuh kita perlu beradaptasi dengan sistem yang baru. Zat yang disuntikkan itu nantinya hanya akan menyerang sel-sel yang jahat, meskipun sekujur tubuh kita tetap akan merasa menggigil.

Jika di Indonesia dampak ini memicu kegelisahan sebagian blogger itu wajar, karena, memang DA/PA yang paling banyak digunakan sebagai cara agensi / klien menilai kualitas sebuah blog. Di luar mekanisme ini masih ada teknik lain yang bisa digunakan sebenarnya, misalnya Citation Flow dan Trust Flow dari Majestic ataupun Domain Rank nya aHrefs. Patut dicatat juga bahwa penurunan DA/PA tidak berdampak pada penurunan SERP/visitor, jikapun ada penurunan, hal itu lebih karena ada blog lain yang punya artikel sejenis yang lebih bagus dari punya kita.

Teknik ini adalah cara Moz untuk mengurangi kecurangan-kecurangan pihak yang memanfaatkan algoritma Moz untuk memperoleh keuntungan yang lebih dari para content creator yang benar-benar berupaya membangun authority dan brandingnya. So, jangan kuatir, tetaplah produktif, tetap menulis, tetap menginsipirasi dengan konten-konten unik dan positif, nilai DA/PA hanyalah sebuah angka. Pengunjung kita tidak akan pernah mempermasalahkan berapa DA dan PA situs kita, selama mereka nyaman, mereka akan terus mengikuti setiap cerita kita.

8 Comments

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.