Sisi Lain Keunggulan Laptop Bisnis Yang ada di ExpertBook B9450

Menginjak bulan keenam di tahun 2020, ASUS Indonesia kembali memperkenalkan segmen produk laptop mereka yakni ExpertBook B9450, untuk para pengguna laptop mungkin sudah mengenal lini ASUS ZenBook,VivoBook, UTF maupun ROG, tapi ASUS ExpertBook sepertinya memang jarang terdengar.

Hal ini wajar karena ExpertBook sendiri memang laptop yang memiliki segmen pengguna khusus yakni para pelaku bisnis yang membutuhkan dukungan laptop ringkas yang handal serta memiliki fitur perlindungan data kelas wahid.

Mengapa ExpertBook B9450 Cocok untuk Para Eksekutif Muda

Laptop Ringan dengan Desain Inovatif

asus expertbook B9450

“Pebisnis profesional saat ini dituntut untuk dapat bekerja secara mobile, dan untuk itulah mereka membutuhkan sebuah laptop yang tidak hanya powerful tetapi juga ringkas serta ringan,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. “Bayangkan melakukan perjalanan bisnis menggunakan ExpertBook B9450, dimana Anda tidak akan direpotkan dengan beban berlebih karena laptop ini sangat ringan. ExpertBook B9450 akan membuat kegiatan bisnis Anda lebih mudah.”

Dengan bobot yang sangat ringan hanya 870 gram, ExpertBook menjadi pilihan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, laptop ini memiliki lebar body yang lebih kecil dari kertas A4 dan ketebalan yang lebih tipis dibanding baterai AA. Mungilnya ukuran ExpertBook B9450 ini karena menggunakan material yang berkualitas, alih-alih menggunakan bahan allumunium alloy, ExpertBook menggunakan magnesium lithium. Kepadatan material ini hanya  1,51 gram/cm3 lebih padat dibanding alluminium alloy yang berbobot 2,69 gram per cm kubik. Oleh karenanya ExpertBook terasa lebih ringan jika dibandingkan laptop lain dengan dimensi ukuran yang setara.

Desain body ini juga dilengkapi dengan kemampuan anti korosi maupun oksidasi jangka panjang, ASUS menggunakan lapisan khusus dengan metode Micro Arc Oxidation untuk memberikan pelapis magnesium lithium dari kerusakan korosif.

Sistem Pendingin ExpertBook B9450

Sistem pendingin memainkan peranan penting dalam menjaga performa perangkat elektronik, tidak terkecuali pada lini ExpertBook ini, ASUS menggunakan Advanced Thermal Module yang berfungsi menjaga ExpertBook B9450 dari panas, sistem ATM ini memiliki tiga kelebihan.

Pertama adalah adanya tilted heatsink design untuk airflow lebih baik, kemudian penggunaan heatpipe, heatsink dan case kipas pendingin dibuat dari satu bagian terintegrasi, membuat penyerapan panas lebih optimal, kelebihan berikutnya adalah penggunaan bahan allumunium alloy yang lebih ringan dari tembaga di di setiap sirip heatsink, selain itu sistem pendingin ini membutuhkan ruang 25% lebih kecil dibanding sistem pendingin pada laptop lain.

Untuk memberikan kenyamanan pengguna, ASUS juga menyematkan graphite sheet dibawah keyboard, lapisan ini memastikan komponen utama penghasil panas di ExpertBook terlindungi dan hanya menyalurkan panas melalui sistem pendingin. Pengguna yang menggunakan laptop dalam waktu lama tidak akan terganggu dengan potensi panas yang muncul dari balik keyboard mereka.

Processor 10th Gen Intel Core

Bukan ASUS jika tidak menggunakan teknologi terbaru demi kemudahan para pengguna laptop mereka, apalagi jika berkaitan dengan processor yang digunakan dalam produk ExpertBook ini. Terdapat 2 varian processor Intel Core 10th Gen yakni Intel Core i7-10510U 8 thread dan Intel i5-10210U 4 thread. Kedua processor hemat energi ini hanya mengkonsumsi daya 10-25 Watt saja

Performa Maksimal Standar Intel Project Athena

ExpertBook B9450 juga didukung oleh memori berkapasitas besar yaitu hingga 16GB dual channel, urusan media penyimpanan ASUS menggunakan NVMe PCIe x4 SSD dengan kapasitas hingga 2TB. Penggunaan komponen utama seperti processor, RAM dan media penyimpanan merupakan syarat dari Intel Project Athena.

Project Athena sendiri merupakan inisiatif Intel yang mensyaratkan sebuah perangkat memiliki kemampuan belasan jam menonton video, bekerja, memiliki prosesor kencang, kapasitas RAM besar, penggunaan SSD sebagai media penyimpanan, dan beragam fitur lainnya seperti kemampuan menghidupkan layar di bawah 1 detik serta tidak adanya perbedaan signifikan saat pengguna menggunakan sumberdaya dari baterai maupun laptop. Hingga saat ini ExpertBook B9450 adalah satu dari sedikit laptop di dunia yang telah mendukung standar Project Athena.

Konektivitas Standar Terbaik

Konektivitas adalah kunci sebuah perangkat mobile dapat bekerja dengan maksimal, penggunaan teknologi terbaik adalah solusinya. Terkait fitur konektivitas yang dihadirkan dalam ExpertBook 9540, ASUS menyediakan interface USB Type-C, legacy port seperti USB Type-A, HDMI, konektifitas LAN sendiri dipercayakan pada port Micro HDMI, yang mendukung penggunaan standar enterprise agar setiap physical address perangkat dapat dengan mudah dimanage dan dikenali.

Dua port Thunderbolt 3 yang hadir menggunakan interface USB Type-C selain dapat digunakan untuk transfer data juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai 4K display output serta fasilitas pengisian daya. Dengan demikian jika pengguna menginginkan performa grafis yang lebih baik dapat menghubungkan perangkat grafis eksternal seperti ROG XG Station 2 melalui port Thunderbolt 3.

 Teknologi konektivitas nirkabel paling modern,Wi-Fi 6 (802.11ax) turut dihadirkan di ExpertBook B9450 untuk memastikan penggunanya tetap dapat terkoneksi dengan kecepatan tinggi. Selain Wi-Fi 6 ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 sebagai sarana konektivitas ke berbagai perangkat nirkabel lainnya.

Keamanan Terbaik

Sebuah laptop bisnis tentunya memerlukan perlindungan keamanan terbaik, data dalam sebuah laptop bisnis merupakan data yang benar-benar krusial karena terkait dengan data-data perusahaan.

ASUS-ExpertBook-B9450lap

Keamanan pertama hadir dengan opsi penguncian BIOS dan proteksi data di dalam SSD, penguncian BIOS sendiri cukup lazim ditemukan dalam berbagai desktop motherboard, namun proteksi password untuk akses data di hard disk masih sangat jarang diterapkan. Andaipun seseorang bisa membuka proteksi SSD di ExpertBook, belum tentu ia bisa melakukan transfer data ke media penyimpanan eksternal.

Yup, fitur keamanan berikutnya adalah USB storage block yang memungkinkan pencegahan koneksi ExpertBook dengan media penyimpanan eksternal tanpa ijin administrator. Fitur ini selain melindungi data di dalam dari penyadapan, juga memungkinkan sistem untuk terlindung dari serangan malware yang umum menjangkiti media flash drive.

Fitur keamanan terbaik mungkin adalah apa yang disebut Secure File Shredder, dengan fitur ini, sebuah file digital akan dihancurkan agar tidak dapat dipulihkan dengan metode apapun. Hal ini membuat orang yang berusaha meretas tidak akan dapat mengakses data yang sudah mereka retas.

ASUS ExpertBook ini dibangun di atas fitur Trusted Platform Mobile, menggunakan chip RSA encryption khusus yang hanya berlaku di satu perangkat sehingga data yang dienkripsi di ExpertBook, tidak akan bisa diakses dan dibuka di perangkat lainnya. Sistem ini mengingatkan kita pada private key dalam mekanisme komunikasi data jaringan di mana sebuah data, tidak akan bisa dibuka jika kita tidak memiliki private keynya. Dan ASUS terbilang cukup cerdas memanfaatkan teknologi semacam ini untuk mengamankan data para pengguna ExpertBook

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.