Tadi sore dah kepikiran mau nulis beginian baru sekarang inget mo nulis apaan. Jadi intinya mau ngebahas tentang plugin-nya facebook yaitu facebook social plugin. Klo yang penasaran kek gimana contohnya bisa dilihat pada tombol facebook like dibawah postingan ini. Silahkan di klik aja jangan malu2 *promo*

Nah di website resminya yaitu https://developers.facebook.com/docs/plugins ada beberapa plugin yang bisa diinstalasi di blog engine, salah satunya adalah like, dan salah duanya adalah fasilitas kolom komen. Dari situ kepikiran bagaimana cara memasang facebook social plugin kolom komentar ini? meskipun aku yakin banget plugin ini didevelop menggunakan javascript yang artinya you know lah, haram ada di multiply.

Sebenernya keberadaan social plugin ini cukup bermanfaat terutama menjalin interaksi dengan pembaca yang berasal dari facebook. Tapi enggak ada pengaruhnya bagi e-commerce * kata bos mulpid waktu nolak saranku make javascript*

Fine, oke sekarang gini lah, Multiply memang enggak memperbolehkan penggunanya make javascript, tapi sebaliknya para punggawanya bisa mendevelop javascript dalam lingkungan terbatas untuk bisa dipake semua usernya (tombol like facebook dan share twitter di bagian bawah posting) artinya apa? tinggal mau enggaknya mulpid melakukan ini untuk usernya.

Untungnya apa dari segi e-commerce?

Mata duitan banget sih lo! tapi oke deh gw jelasin pake bahasa kambing manusia. Gw ngeliat ini dari kacamata Mulpid yang hobi promoin trusted sellernya di facebook. Klo kita promo barang dagangan kita diFb dengan harapan fesbuker mampir liat barangnya di MP kita, maka ada kemungkinan user yang mampir ke MP kita bakal nawar/minimal nanya spesifikasi produk. Berhubung MP gak ngijinin non member komen, kita bisa pake bantuan facebook social plugin ini untuk mengakomodir keinginan non member berinteraksi di MP temen2, baik tanya jawab soal harga, atau hal2 bersangkutan.

Tapi kan lebih efektif klo kirim pesan via FB?

Iya itu tergantung persepsi aja, orang liat link di FB, mampir ke toko kita, ndilalah yang ditaksir ada di postingan lain kan mending langsung tawar menawar di postingan lain itu, bukan balik lagi ke FB.

Itu dari segi keuntungan untuk para penjual di Multiply lho ya? klo keuntungan buat blogger sih yo ora bedo adoh lah, yah mung ide sih, tapi maap ogah klo harus dikirimkan via email ke idsupport secara ni gw ngasih ide, bukan ngasih sampah, selama ini kan klo ngasih saran ke mulpid ibarat ngebuang sampah ke tempat pembuangan akhir, wis gak bakal diutak atik soale mambu, jadi mending gw nulis di tempatku dewe malahane, biarpun cuma ngelempar ide paling enggak ide itu tetap bisa dilihat temen lain, jadi klo ide ini ternyata ncen bosok kan iso digoleke alternatif piye penake, yo ra?


gambar dari sini

bantu like this yaw

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.