Ini Dia Solusi Layanan Internet yang Tepat Untuk Anda

Internet saat ini menjadi kebutuhan penting bagi semua orang dalam berbagai kalangan dan digunakan di hampir setiap bidang kehidupan masyarakat. Keberadaan internet merupakan kebutuhan mendesak bagi pria dan wanita dari segala usia. Tapi tahukah Anda apa manfaat Internet bagi sebuah perusahaan atau bekerja untuk sebuah perusahaan?

Karena faktanya saat ini, internet tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi saja. Perusahaan besar dan pemilik bisnis juga sangat membutuhkan internet. Alasannya sebuah pekerjaan dari yang termudah hingga yang paling rumit pun semua dapat dikendalikan dengan menggunakan internet.

Karena alasan ini, banyak orang bergantung pada Internet untuk kehidupan mereka, mulai dari bisnis hingga sekedar bersosialisasi dengan yang lain. Lantas, semakin banyaknya penawaran inovasi yang berkembang pesat terutama layanan internet. Hal ini tentu saja membuat Anda bingung untuk memilih yang mana provider yang tepat.

Tips Memilih Layanan Internet yang Tepat

tips memilih layanan internet

Dan Anda perlu tahu bahwa setiap penyedia layanan internet memiliki kualitas yang berbeda dari segi kecepatan maupun layanan. Anda sebagai pengguna tentunya menginginkan yang terbaik bukan? Bahkan untuk tetap menjaga komunikasi dengan yang lain atau mentransfer data yang besar, juga butuh internet yang cepat dan tidak lemot, hal ini tentunya demi kelancaran aktivitas bisnis Anda.

Tentunya memilih provider internet untuk bisnis tidak boleh sembarang pilih. Berikut beberapa tips dan hal yang harus Anda perhatikan saat memilih layanan internet!

Sesuaikan dengan Budget

Pertama sebelum memilih provider internet, Anda perlu melihat budget yang Anda miliki. Jika budget yang Anda miliki terbatas, ada baiknya Anda memilih provider yang terjangkau namun tetap sesuai dengan kebutuhan. Memilih provider yang sesuai dapat membantu untuk mengatur pembayaran provider internet yang Anda pilih.

Pahami dulu Mengenai Bandwidth

Bandwidth adalah istilah yang digunakan oleh penyedia layanan internet untuk menggambarkan kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh layanan Internet. Bandwidth dihitung atau diukur dalam satuan waktu bit per second (bps). Atau bandwidth dikenal dengan angka atau satuan seperti 10 Mbps, 20 Mbps, 50 Mbps, 100 Mbps. Angka-angka ini menunjukkan kecepatan internet yang dapat Anda nikmati untuk mengobrol, menjelajah, mengunduh, mengunggah, transfer data dan lainnya.

Bandwidth dapat sesuai dengan jumlah air yang dapat mengalir melalui pipa. Semakin lebar bandwidth, semakin banyak data yang dapat dikirim dan diterima secara bersamaan. Hal yang sama berlaku untuk air. Semakin besar pipa, semakin banyak air akan mengalir pada satu waktu. Oleh karena itu, bandwidth bekerja dengan prinsip yang sama.

Tentukan Kecepatan Internet yang Dibutuhkan

Mulailah dari menentukan kebutuhan aktivitas internet harian bisnis Anda. Anda bisa menuliskan daftar aktivitas apa saja yang biasanya membutuhkan internet dalam keseharian. Semakin berat penggunaan keseharian Anda, maka juga membutuhkan kecepatan internet yang kencang.

Pahami Perbedaan Dedicated dan Up To

Bandwidth Up To (Sharing)

Anda pasti sudah tidak asing mendengar provider yang memberikan dan menyediakan layanan berlangganan dengan maksimal bandwidth up to 10 Mbps bahkan sampai dengan 100 Mbps. Nah apakah kita benar – benar memahami maksud dari hal tersebut?

Maksud dari pemahaman Up To ini adalah bandwidth maksimum yang dapat dicapai yang tergantung dengan trafik jaringan dan jumlah pemakaian bandwidth yang sejenis. Sehingga pengguna belum tentu akan mendapatkan 10 Mbps tersebut karena jenis layanan Up To ini adalah jenis jaringan bandwidth yang terbagi dengan pengguna lainnya yang memakai jaringan tersebut.

Dari 10 Mbps tersebut, bandwidth yang Anda dapatkan akan dibawah itu dan biasanya penggunaan internet ini hanya untuk aktivitas harian yang tergolong ringan seperti browsing, chatting, conference call, dan lain – lain.

Bandwidth Dedicated

Jaringan internet berjenis bandwidth dedicated berbeda dengan bandwidth Up To dan jaringan ini lebih baik apabila digunakan untuk kebutuhan aktivitas perkantoran atau bisnis yang menuntut koneksi internet tanpa putus dan cepat. Mengapa demikian, karena koneksi internet atau bandwidth yang Anda gunakan sesuai dengan paket berlangganan yang Anda ambil tanpa terbagi oleh user lainnya. Selain itu, konektivitas antar divisi dan pekerja sangat dibutuhkan untuk kelancaran bisnis dalam memaksimalkan kualitas pelayanan online dan efisiensi kinerja karyawan.

Oleh karena itu, saat ini banyak sekali provider internet yang dapat Anda pilih termasuk layanan internet ASTINet dengan menawarkan kenyamanan layanan akses internet selama 24 jam sehari sampai ke titik referensi dengan reliabilitas dan performansi akses yang baik.

Berbeda dengan Up To, dedicated ASTINet memiliki koneksi yang lebih cepat dan stabil karena memiliki jaringan internet atau bandwidth berbanding 1:1. Sehingga apabila perusahaan Anda berlangganan jaringan ASTINet dedicated 10 Mbps, maka bandwidth yang Anda dapatkan sebesar 10 Mbps tanpa terbagi oleh perusahaan atau bisnis yang ada di sekitar.

Cek jangkauan area layanan

Saat memilih provider internet apa yang cocok untuk menunjang bisnis Anda, pastikan Anda mengecek kembali area layanan lokasi tempat perusahaan atau bisnis Anda. Apakah area lokasi Anda sudah terpasang dengan provider internet atau belum.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.