Cara Melihat Posisi SERP Artikel di Google Search Console

Selain digunakan sebagai alat untuk memantau apakah website kita dapat terindex oleh mesin pencari google. Google Search Console juga dapat digunakan untuk melihat performa website kita di hadapan mesin pencari. Mulai dari kata kunci apa yang perform, artikel mana saja yang banyak dibaca orang serta berapa rasio click trough rate artikel tersebut.

Namun tak sekedar itu saja, GSC juga dapat digunakan untuk melihat rata-rata posisi SERP artikel dan keyword yang berhasil kita rank di hasil pencarian Google.

Cara Melihat Posisi Serp Artikel di GSC

Untuk melihat posisi serp artikel di GSC caranya cukup mudah

  1. Buka property GSC kita
  2. Masuk ke menu Search Results/Hasil Pencarian
  3. Atur waktu pencarian, defaultnya 3 bulan, kita bisa ubah menjadi 1 bulan atau 28 hari, namun tidak disarankan untuk diset harian, karena terlalu fluktuatif.
  4. Pada bagian atas kita bisa melihat tab Total Clicks, Total Impression, Average CTR dan Average Position
  5. Pastikan kita melakukan centang di bagian tab Average Position
  6. Selanjutnya turun ke bagian bawah grafis kita bisa melihat Queries, Pages, Countries, Devices, Search Appearance dan Dates. Ini digunakan untuk melihat setiap performa web kita berdasarkan tab tersebut
    cara melihat posisi Hasil SERP Artikel di Google Search Console
  7. Di bagian bawahnya lagi kita bisa melihat data performa hasil pencarian website kita, mulai dari jumlah querry, jumlah klik, impressi, dan setelah kita mencentang Average Position serta Average CTR juga akan tampil kolom tersebut.
  8. Perhatikan bagian CTR dan position, nilai CTR biasanya terkait dengan posisi ranking yang keyword atau artikel tersebut dapatkan. Semakin tinggi peringkatnya biasanya CTR akan semakin besar

Nah teman-teman sudah mengetahui cara melihat posisi serp artikel menggunakan GSC, Selamat mencoba

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.