Istana Sublim Dukung Ide Bisnis Minim Modal

Bisnis minim modal menjadi dambaan setiap orang yang ingin bisa eksis dalam memperoleh penghasilan dewasa ini. Pandemi mengajarkan pada kita betapa sulitnya bekerja untuk orang lain. Terkadang bukan performa yang membuat kita sukses, melainkan bagaimana atasan melihat prospek bisnis dan menentukan nasib kita sebagai karyawan.

Beberapa bulan terakhir sejak pandemi, beberapa startup bahkan melakukan pemutusan hubungan kerja yang membuat para karyawan mereka kehilangan sumber penghasilan. Ya, bukan karena kinerja mereka yang kurang, melainkan perubahan strategi bisnis perusahaan yang membuat mereka kehilangan pekerjaan.

Memulai Bisnis Minim Modal

jasa sublim kain di bandung

Seorang kawan memutuskan untuk resign dari pekerjaan dan memilih berwirausaha, namun prospek usaha yang belum menunjukkan hasil ditambah biaya yang harus dikeluarkan tidak sebanding dengan pendapatan yang diterima membuat bisnisnya mangkrak. Terlebih lagi untuk memulai usahanya tersebut ia menggunakan pinjaman bank yang tentunya membuat pengeluaran bulanan lebih besar lagi.

Saat ini ia ingin mengalihkan usaha lagi dengan lokasi dan jenis usaha berbeda. Berusaha mencari pinjaman modal dari beberapa teman untuk memulai usaha baru. Namun dengan konsep yang kurang lebih sama aku apatis ia akan berhasil. Bukan apa-apa karena saat ini ia masih terbebani pinjaman usaha sebelumnya yang bangkrut.

Bisnis Online Minim Modal

Salah satu pilihan minim modal adalah dengan menjadi reseller atau dengan melakukan optimasi penjualan online. Ya, dengan melakukan penjualan online setidaknya mengurangi biaya operasional seperti kebutuhan sewa lokasi usaha. Ia bisa menjalankan usahanya dari rumah, kapan saja, dan dimana saja.

Untuk memulai bisnis online, tentu kita perlu mengetahui apa sih sebenarnya yang akan kita jual. Seorang teman memberitahuku bahwa untuk memulai bisnis online kamu harus memiliki produk yang dibutuhkan masyarakat, bukan produk yang bisa kamu hasilkan atau jual.

Konsepnya adalah memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga bisnis kita bisa berkembang, percaya atau tidak ada dua jenis produk yang laris manis di pasaran meski pandemi melanda tanah air. Yang pertama adalah produk skincare dan yang kedua adalah fashion.

Peluang Bisnis Skincare dan Fashion Online

FYI, bisnis online tetaplah membutuhkan brand positioning, bisnis skincare bisa membuat kita cuan banyak namun secara brand positioning, kebanyakan dari kita hanya berperan sebagai reseller atau menjualkan produk brand lain.

Tentu saja, kita tidak bisa berharap keuntungan yang banyak dari berjualan produk orang lain, mengingat selisih harga jual dan beli itulah yang menjadi margin keuntungan kita. Bagaimana jika kita membuat brand sendiri?

Untuk kosmetik, hal tersebut bisa dibilang sangat sulit, selain membutuhkan kemampuan untuk produksi kosmetik, terkadang kendala juga terjadi dari perijinan yang cukup sulit. Karena itu pilihan yang lebih masuk akal adalah dengan menjual produk fashion.

Menjual Produk Fashion Brand Sendiri

bisnis fashion brand sendiri dengan printing kain

Empat bulan lalu, saat aku menjadi media coordinator sebuah pameran produk di Jogja, ada sebuah brand fashion yang menjadi buruan masyarakat Jogja. Menggunakan brand sendiri, perusahaan fashion asal Jawa Barat ini berhasil mencatatkan penjualan lebih dari 200 juta perharinya selama 3 hari.

Selidik punya selidik, tim marketing brand tersebut melakukan kampanye luar biasa untuk membangun awareness masyarakat Jogja dan sekitarnya mengenai kehadiran brand mereka dalam pameran tersebut. Dari sana aku melihat potensial sekali bisnis fashion dengan membawa brand sendiri di ranah online.

Tidak terlalu sulit untuk membuat usaha fashion online dengan brand sendiri dengan modal minim. Beberapa hari lalu aku ikut dalam salah satu webinar mengenai peluang usaha produk fashion yang dilakukan oleh Istana Sublim. Just Info, Istana Sublim adalah vendor yang menyediakan kebutuhan jasa print sublimasi untuk keperluan produk fashion.

Ide Bisnis Fashion Bareng Istana Sublim

Menurut Bang Rio selaku owner Jasa Printing Sublim di Bandung ini, pihaknya menyediakan jasa printing dan sublim kain untuk berbagai kebutuhan produk fashion, mulai dari bahan baku hijab, jersey, seragam, tas, totebag bahkan sepatu. Untuk pembuatan hijab, Istana Sublim bisa menghandle sendiri kebutuhan konsumen, namun untuk pemesanan jersey dan produk lain.

sepatu hasil print sublim di bandung

Istana Sublim menyediakan opsi hanya menyiapkan bahan kain yang sudah diprint atau dalam bentuk produk jadi. Untuk produk jadi ini Istana Sublim bekerjasama dengan berbagai vendor terpercaya di Kota Bandung dan sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan klien.

Kenapa Menggunakan Jasa Printing Sublimasi?

Ada alasan kenapa lebih bagus menggunakan jasa printing sublimasi, mengingat dengan teknik printing kain Istana Sublim ini, warna akan tertanam kuat dalam bahan yang kita gunakan. Ini jauh lebih baik daripada kita membuat baju dengan teknik sablon, mengingat biasanya bahan sablon tidak terlalu tahan terhadap panas tinggi dari mesin setrika.

warna kain sublim lebih cerah

Untuk bahan yang digunakan Istana Sublim menggunakan bahan kain polyester yang lebih tahan lama terhadap panas, dengan demikian kualitas sublim kain tersebut tidak akan mudah pudar karena panas yang dihasilkan setrika listrik di rumah. Teknik printing kain Istana Sublim sudah menggunakan mesin-mesin modern yang tentunya memberikan kualitas prima untuk hasil cetaknya.

Berapa Sih Biaya Sublim Kain Polyester di Istana Sublim?

Meski demikian, menurut Bang Rio, ia juga menyediakan opsi klien membawa material kain sendiri, jadi yang mau sublim di Bandung dan sudah punya kain sendiri bisa langsung dibawa ke Istana Sublim. Percaya atau tidak, harganya murah, untuk printing, harga yang ditawarkan adalah Rp. 25.000an, dan harga kain berkisar Rp 25.000-26.000.

Estimasi jika kita terima jadi kain yang sudah di print adalah Rp. 52.000 per lembarnya. Nah jika kita jualan aksesoris berbahan kain seperti lanyard, masker, tentunya bisa mendapatkan cuan berkali-kali lipat mengingat satu kain bisa dibuat menjadi beberapa belas sampai puluh pcs.

bisnis fashion minim modal dengan istana sublim

Misal sudah punya kainnya kita tinggal membayar biaya printing Rp. 25.000 saja, oh ya, jika kita tidak memiliki desain sendiri, kita bisa minta bantuan untuk melakukan desain atau tracing dari gambar yang kita miliki. Untuk jasa desain Rp. 300.000 dan jasa tracing Rp. 100.000

Oh ya jenis kain sublim yang bisa kalian gunakan bermacam-macam mulai baby canvas, drill, moscrepe dll. Jadi misal gak pengen pake yang polyester pun gak masalah.

Tapi nih, misal kita melakukan pembelian quantiti atau dalam jumlah banyak, maka jasa desain itu bisa digratiskan. Selain itu saat ini Istana Sublim memiliki promo untuk pembuatan jersey sebanyak 12 pcs dengan harga Rp. 999.000 Cocok banget nih buat yang mau bikin seragam tim sepakbola, voli, jersey komunitas bike dll.

Kita bisa menambahkan name tag untuk produk-produk fashion tersebut juga kok sesuai brand kita, bisa dibantu Istana Sublim nantinya, nah untuk pebisnis pemula, Bang Rio kasih tips nih.

  1. Buat sample produk atau cetak dalam jumlah sedikit
  2. Promosikan foto produk lewat social media
  3. Gunakan sistem PO untuk pembelian mengingat modal kita yang masih kecil

Namun dengan cara demikian setidaknya kita sudah memiliki brand fashion sendiri dengan modal minim. Mau bikin usaha fashion minim online dengan jasa printing Istana Sublim Bandung bisa banget!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.