Jangan Salah, Ini Perbedaan Oli Motor Matic dan Bebek

Sejak tahun 2000an motor matic mulai hadir di Indonesia, bermula dari berbagai pabrikan motor Cina yang bermunculan membawa skutik atau skuter matic, awalnya banyak orang yang meragukan motor matic dapat menggantikan motor bebek yang sudah terlebih dahulu digemari masyarakat Indonesia.

Motor Bebek adalah sejenis motor dua-roda yang berukuran kecil dan rendah. Motor bebek memiliki sebuah silinder tunggal dan beroperasi dengan bahan bakar bensin. Motor bebek biasanya memiliki kapasitas mesin sekitar 110 hingga 125cc dan dapat mencapai kecepatan maksimum sekitar 50 km per jam. Motor bebek umumnya dianggap sebagai alat transportasi yang efisien dan hemat bahan bakar.

Namun siapa sangka, jika saat ini kehadiran motor matic telah mengambil alih pangsa motor bebek, tentunya karena kedua jenis motor ini memiliki segmen yang sama, yaitu menengah ke bawah. Berbeda dengan motor sport atau motor cowok yang memiliki segmen pasar berbeda.

Hampir 70 persen motor yang digunakan masyarakat Indonesia saat ini adalah motor matic, faktor kemudahan penggunaan tanpa harus mengganti persneling membuatnya disukai pasar. Terutama kaum hawa yang lebih menyukai motor simpel dan mudah digunakan. Meskipun demikian, tentunya kita perlu memperhatikan perawatan motor matic. Salah satunya adalah penggunaan oli motor yang berbeda dengan motor bebek.

Perbedaan Oli Motor Matic dan Motor Bebek

Meski sama-sama oli motor, namun ada perbedaan antara oli motor matic dengan motor lain seperti bebek. Tentunya karena teknologi motor yang digunakan berbeda. Lebih lanjut perbedaan apa saja diantara keduanya? Simak Yuk!

Berdasar Kode Oli

Cara paling mudah membedakan oli motor matic dan motor bebek adalah adanya kode JASO MB, sedangkan motor bebek adalah JASO MA. JASO sendiri adalah singkatan dari Japanese Automotive Standar Association. Asosiasi inilah yang menentukan spesifikasi standar motor matic dan bebek, terutama untuk motor pabrikan Jepang.

Oli motor matic memiliki kandungan molibdenum yang berguna untuk menambah kemampuan pelumasan pada mesin.

Kekentalan Oli

Oli motor matic umumnya lebih encer dibanding motor bebek, hal ini karena motor matic tidak menggunakan kopling dan gigi, yang membuat proses transmisi terjadi secara otomatis. Sehingga kinerja oli tidak seekstra motor bebek dan motor sport.

Fungsi Oli

Pada motor bebek atau manual, kopling yang digunakan adalah kopling basah yang harus terendam oleh oli. Sementara pada skutik umumnya menggunakan jenis kopling kering. Penggunaan oli motor matic untuk motor bebek dapat menimbulkan terjadinya selip kopling.

Manfaat Menggunakan Oli Motor Matic yang Tepat

pengalaman ganti oli planet ban tridadi wadas sleman

Menggunakan oli motor matic yang tepat untuk kendaraan Anda dapat memberikan manfaat yang signifikan. Beberapa manfaat utama adalah:

1. Proteksi terhadap kerusakan mesin. Oli motor matic yang tepat akan melindungi mesin Anda dari korosi, abrasi, dan over-heating. Ini karena oli matic memiliki komposisi kimia yang sesuai untuk pengoperasian mesin Anda.

2. Memperpanjang masa pakai mesin. Oli matic akan membuat mesin Anda lebih tahan lama karena komposisi kimia yang tepat akan melindungi mesin dari berbagai kerusakan akibat usia dan kondisi operasional.

BACA JUGA:   Perawatan Motor Matic Agar Tetap Aman Digunakan Touring

3. Meminimalkan emisi. Oli matic yang tepat akan meningkatkan efisiensi pembakaran, yang berarti mesin Anda akan menghasilkan emisi lebih sedikit. Ini juga akan mengurangi biaya pemeliharaan mesin, karena Anda tidak perlu banyak kali mengganti oli.

4. Meningkatkan kinerja. Oli matic yang tepat akan membuat mesin Anda lebih responsif dan meminimalkan kerugian akibat panas dan lebih efisien dalam pembakaran bahan bakar.

Untuk menjamin kinerja mesin motor Anda, sebaiknya hindari penggunaan oli motor yang tidak sesuai porsinya, gunakan oli motor matic untuk skutik dan oli motor bebek untuk jenisnya sendiri. Oh ya tidak disarankan menggunakan oli motor bekas. Karena secara efisiensi oli sudah tidak terjamin lagi untuk melindungi mesin.

Ada banyak pabrikan yang memproduksi oli motor matic. Karena setiap jenis oli memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, Anda harus melakukan analisis menyeluruh untuk menentukan mana yang lebih baik untuk motor Anda.

Keunggulan X-TEN Sebagai Oli Motor Matic

perbedaan oli motor matic dan bebek

Anda bisa menggunakan X-TEN, brand oli motor matic satu ini terjangkau untuk masyarakat di Indonesia. Oli X-TEN adalah oli produksi PT Surganya Motor Indonesia, untuk menemukannya Anda cukup menuju outlet Planet Ban terdekat dari tempat tinggal Anda.

Berikut keunggulannya

Kandungan Ester Tinggi

Kandungan ester pada oli digunakan untuk mengurangi residu karbon yang menempel pada mesin. Sisa karbon hasil pembakaran ini dapat menurunkan kinerja mesin. Namun dengan adanya ester maka dapat menghancurkan partikel karbon yang ada di dalam ruang mesin.

Mampu Bertahan Hingga 5000 KM

Oli X-TEN memiliki daya tahan digeber hingga 5000 kilometer, dengan demikian, oli dapat digunakan pengguna motor matic lebih lama dibanding merk lain.

Memiliki Varian Double Ester untuk Motor Matic di atas 150 cc

papan nama planet ban tridadi

Jika motor Anda adalah motor matic dengan silinder di atas 150 cc, tentunya membutuhkan perlindungan mesin yang lebih prima, semakin tinggi kualitas cc akan berbanding lurus dengan kebutuhan perawatan yang lebih ekstra.

Oleh karenanya X-TEN memiliki varian Double Ester Matic guna melindungi motor matic kesayangan Anda. Informasi outlet Planetban dapat dilihat di website https://planetban.com/

7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.