Perawatan Motor Matic Agar Tetap Aman Digunakan Touring

Persiapan motor matic untuk touring sangatlah perlu untuk dilakukan oleh Anda yang memang hobi melakukan kegiatan ini. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah dengan perawatan motor matic dengan berkala. Untuk merawat motor matic agar tetap aman digunakan touring sebenarnya sangatlah mudah, dimana semuanya akan dijelaskan di bawah ini.

Merawat Motor Matic

Merawat motor matic memang adalah hal yang sangat penting sekali untuk dilakukan meski tidak bertujuan untuk touring. Karena memang kebanyakan motor matic kerap digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi, jelas motor matic yang digunakan touring harus dirawat sebaik mungkin dengan cara di bawah ini:

1.   Service Setiap Bulan

Perawatan yang wajib dilakukan untuk motor matic yang sering digunakan touring sudah pasti adalah service setiap bulan. Dimana service motor sangatlah membantu sekali untuk tetap menjaga kesehatan mesin dan bagian lain dari motor. Jadi, motor matic pun akan aman digunakan untuk perjalanan panjang.

BACA JUGA:   Berkendara Setiap Hari? Simak 5 Cara Menghemat BBM Sepeda Motor Ini

Selain itu, dengan service juga Anda jadi mengetahui bagian mana yang sekiranya perlu diperbaiki atau diganti. Karena ketika menunda melakukan service motor, sudah pasti akan ada banyak masalah yang terjadi. Dimana sangatlah berbahaya untuk Anda yang menyukai touring jarak jauh.

2.   Mengganti Oli Mesin Secara Rutin

Perawatan selanjutnya yang juga perlu Anda lakukan adalah dengan mengganti oli mesin secara rutin. Bagi kendaraan bermotor, oli memiliki peran penting untuk membuat mesin tetap dalam keadaan baik atau dingin saat digunakan. Tidak hanya itu saja, oli mesin menjadi pelumas agar tidak ada gesekan berlebihan yang membuat mesin menjadi cepat rusak.

Idealnya, mengganti oli mesin dilakukan sebulan sekali. Namun, bisa juga Anda sesuaikan dengan berapa jarak yang sudah ditempuh oleh motor matic yang digunakan. Tentu saja, untuk pecinta touring menggunakan motor matic, mengganti oli mesin sangatlah penting sekali.

BACA JUGA:   8 Jenis Alat Pembersih Mobil Paling Praktis

3.   Cuci Motor Setelah Digunakan Touring

Jika Anda menyukai touring dengan menggunakan motor matic, sudah pasti akan ada banyak kotoran yang menempel di seluruh bagian kendaraan roda dua ini. Dimana sangat disarankan untuk langsung membersihkan semua kotoran setelah motor digunakan touring atau beberapa minggu sekali.

Karena kotoran yang menempel pada motor terkadang menjadi penyebab mesin mengalami masalah dan juga berkarat. Jadi, memang sangat disarankan untuk rajin mencuci motor dan membersihkan kotoran yang menempel.

Itulah beberapa perawatan yang diperlukan untuk tetap menjaga keamanan motor matic dan membuatnya awet. Dimana ini bertujuan agar saat touring, motor matic tidak mengalami kendala saat di perjalanan. Jika Anda tertarik untuk mengikuti touring bersama pecinta motor matic, maka Anda bisa mengikuti Suryanation yang merupakan grup motor paling besar yang ada di Indonesia sekarang ini.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.