Super Cepat, Pengalaman Ganti Oli di Planet Ban Sleman

Untuk menjaga performa mesin motor tetap prima, tentunya kita harus rutin melakukan perawatan motor, agar motor tetap awet dan dapat terus menunjang aktivitas kita sehari-hari.

Namun, kesibukanku yang luar biasa membuatku tidak punya cukup banyak waktu untuk melakukan rutinitas perbengkelan. Mau bagaimana lagi, rata-rata layanan servis motor di daerahku memiliki antrean yang panjang dan tentunya menghabiskan waktu.

Biasanya, aku melakukan servis hanya setelah pulang dari aktivitasku mengajar di sekolah, itupun, jika memang waktunya memungkinkan. Karena di sore hari, seringkali bengkel sudah mau tutup sementara antrian masih berjejer

Hal itulah yang membuatku sedikit malas untuk urusan servis motor. Namun, dari sharing dengan seorang teman, ia menyarankan untuk melakukan servis motor di Planet Ban.

Apa Saja Servis yang Ditawarkan Planet Ban?

papan nama planet ban tridadi

Sebagai jejaring toko ban modern, Planet Ban tidak hanya melayani jasa seputar ban motor saja. Tetapi juga memiliki layanan servis yang bisa menjadi alternatif masyarakat di Indonesia.

Layanan Penggantian Ban

Bisa dibilang nama Planet Ban sudah merujuk pada core business dari bengkel satu ini memang merupakan pioneer untuk urusan penggantian ban sepeda motor. Ada berbagai jenis dan merk ban yang tersedia, mulai dari Pirelli, Aspira, Corsa, FDR, IRC maupun ban motor ekslusif seperti Planeto, Ecomax dan B-track.

Layanan Penggantian Aki Bergaransi 24 Bulan

Memahami bahwa saat ini motor di Indonesia beralih ke motor injeksi, peran aki motor sangat penting dalam proses penyalaan aki dan menjamin arus kelistrikan pada komponen seperti starter, lampu dan juga klakson. Apalagi saat ini sepeda motor diwajibkan untuk menyalakan lampu utama setiap saat.

suasana planet ban wadas

Brand besutan PT Surganya Motor Indonesia melayani penggantian aki motor bergaransi 24 bulan, yaitu dengan aki Bosch yang memiliki teknologi Ultra Gel. Teknologi satu ini mengganti cairan kimia pada aki dengan gel. Manfaat dari aki berbahan gel adalah memiliki life cycle 2 kali aki biasa dan level penguapan 4x lebih rendah, sehingga pengendara tidak perlu sering mengganti cairan aki.

Selain itu, penggunaan ultra gel memungkinkan aki lebih tahan terhadap guncangan dan getaran. Gak ada lagi cerita ketumpahan air aki saat pengecekan aki bukan?

Komponen Rem

Rem merupakan komponen vital dalam berkendara, untuk menjamin keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lain. Planet Ban memiliki layanan penggantian kampas rem, baik berupa brake shoe maupun disk pad dari Aspira dan RCA.

Solusi Ban Anti Bocor

cairan ban anti bocor

Menariknya selain menyediakan layanan penggantian ban, Planet Ban memiliki produk cairan anti bocor bernama X-Guard dan Jossz. Cairan ini mampu menutup lubang pada ban tubeless sehingga nitrogen yang ada dalam ban tidak mengalir keluar dan mengurangi tekanan ban.

Layanan Ganti Oli

Salah satu layanan unggulan dari Planet Ban adalah layanan penggantian oli yang cepat dan praktis. Oli yang digunakan adalah oli X-Ten, oli ini terbilang awet karena dapat bertahan hingga 5000 kilometer pemakaian. Lebih tinggi dibanding oli lain, X-Ten merupakan oli berteknologi ester, yang memungkinkan penguapan oli lebih rendah sehingga komponen dapur pacu motor lebih terjaga dari keausan.

Oli ini memiiki sertifikasi JASO Jepang (semacam SNI nya Jepang) dan tentunya sudah memenuhi sertifikasi SNI di Indonesia.

Pengalaman Ganti Oli di Planet Ban Sleman

pengalaman ganti oli planet ban tridadi wadas sleman

Hari itu aku tidak terlalu sibuk mengingat kegiatan pembelajaran di sekolah agak berkurang selama masa peringatan kemerdekaan RI ke 77. Aku menyempatkan diri untuk menyambangi Planet Ban Sleman yang terletak di daerah Wadas.

Di sini, aku disambut dua orang teknisi yang ramah. Aku bilang mau ganti oli karena motorku sudah mulai terasa gak enak tarikannya.

Aku kemudian diminta memilih oli, karena motorku matic aku disarankan memilih antara X-Ten Matic atau X-Ten Double Ester Matic. Untuk harga olinya sendiri seri Matic harganya Rp. 47.000 dan seri double ester Rp. 85.000, aku memilih seri X-Ten Matic mengingat aku belum pernah menggunakan oli ini sebelumnya.

jenis oli berbagai motor di planet ban

Baru sebentar aku menunggu dan melihat-lihat produk di Planet Ban, teknisi sudah memanggilku untuk melakukan pembayaran, dan aku baru sadar kalau pengerjaan penggantian oli sudah dilakukan saat aku melihat-lihat produk.

Kurang lebih hanya butuh waktu 10 menit dari aku datang sampai proses penggantian oli selesai. Cepet banget, gak kerasa! Biasanya untuk servis ganti oli saja aku harus menunggu paling cepat 30 menit, belum kalau ada antrian, tapi di Planet Ban, gak kerasa nunggu ganti oli.

Kalau layanannya secepat ini sih, besok kalau ganti oli lagi sudah gak bingung lagi mau ke bengkel mana, jelas mau ke Planet Ban aja deh.

Ada yang punya pengalaman serupa di Planet Ban? Sharing di kolom komentar yuk?

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.