Kenali Jenis Panel Generator Set dan Kegunaannya

Untuk menjalankan sebuah generator set berukuran besar, tentu dibutuhkan pula keberadaan beberapa jenis panel agar generator set dapat bekerja secara maksimal. Panel-panel yang bekerja di industri atau perusahaan ini memiliki fungsinya masing-masing yang tidak dapat digantikan satu dengan lainnya. Untuk memastikan bahwa genset dapat bekerja maksimal dan aliran listrik ke dalam perusahaan tidak terganggu, maka dibutuhkan jasa perawatan panel berpengalaman yang bertugas merawat dan memperbaiki panel secara rutin.

Jenis Panel Pada Generator Set serta Kegunaannya

Bagi Anda yang menjalankan industri ataupun institusi perkantoran yang menggunakan genset baik sebagai backup cadangan listrik atau sebagai pemasok listrik utama, maka memahami fungsi panel sangatlah penting. Berikut adalah beberapa jenis panel pada genset serta kegunaannya:

Panel Automatic Main Failure

Panel AMF bekerja bersama dengan panel ATS untuk menghidupkan serta mematikan generator set secara otomatis tanpa campur tangan manusia. Dengan adanya panel AMF, maka generator set akan hidup dan mati secara otomatis ketika dibutuhkan sesuai kondisinya. Panel AMF akan secara otomatis menghidupkan genset ketika pasokan daya listrik dari PLN terhenti. Namun ketika aliran daya listrik PLN sudah kembali, maka panel AMF akan mematikan genset.

perbedaan panel amf ats generator set

Panel Otomatis Transfer Switch (ATS)

Apabila genset digunakan sebagai backup cadangan listrik di industri atau institusi ketika terjadi masalah aliran listrik dari PLN, maka panel ATS atau Automatic Transfer Switch tentu sangatlah penting. Kegunaan panel ATS adalah untuk memindahkan sumber daya listrik yang awalnya mengambil dari PLN ke sumber daya baru yakni mesin genset.

Panel ATS bekerja seperti halnya saklar yang akan bekerja secara otomatis untuk memindahkan sumber pasokan listrik saat pasokan listrik PLN mengalami masalah seperti pemutusan mendadak. Selain memindahkan sumber daya listrik yang awalnya dari PLN ke genset, panel otomatis ini juga bekerja untuk memindahkan sumber daya listrik dari genset ke PLN saat aliran daya PLN sudah kembali.

Sebagai penyedia solusi daya listrik di tanah air, Sewatama power service solution telah berkecimpung di bisnis kelistrikan selama lebih dari 20 tahun. Tambahan backup cadangan listrik ini tentu sangat dibutuhkan berbagai industri dan perusahaan untuk menjalankan usahanya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.