Rekomendasi Makanan Khas Jepang Yang Menggugah Selera

Negara Jepang memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Makanan khas jepang seperti ramen yang muncul dalam serial anime, atau yakiniku dalam serial tokusatsu, atau mungkin makanan Jepang yang dulu bikin kita bergidik membayangkannya tetapi sekarang sebagian dari kita bebas menikmatinya, sushi.

Ya, Jepang memang menarik bukan hanya dari segi perekonomiannya, teknologi, budaya, kebiasaan, style, destinasi wisata, tetapi juga kulinernya. Nah, berbicara soal kuliner Jepang, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar deretan makanan khas Jepang yang paling recommended n mudah kita jumpai. Kita juga bisa mencari resep makanan di internet, tapi sebaiknya kita kenalan dulu deh sama makanannya.

5 Makanan Khas Jepang Unik Yang Mudah Kamu Jumpai

  1. Takoyaki

Di urutan pertama ada camilan berbentuk bulat dan memiliki rasa gurih, yakni bernama takoyaki. Sejatinya, di Indonesia sendiri sudah ada banyak sekali para pedagang yang menjajakan takoyaki. Namun, rasa takoyaki yang ada di Indonesia dengan takoyaki asli Jepang itu sangat berbeda. Takoyaki di Indonesia memiliki rasa yang cenderung manis, sedangkan takoyaki asli Jepang mengusung rasa gurih tanpa rasa manis sedikitpun lho.

takoyaki makanan khas jepang

Takoyaki tersebut terbuat dari campuran bahan tepung, telur, dan air, yang kemudian diisi dengan irisan daging gurita serta bawang daun. Menariknya lagi, takoyaki tersebut merupakan taburan katsuoboshi (daging ikan tuna yang diserut tipis) yang diatasnya di goyang-goyang saat terkena hawa panas. 

  1. Yakiniku

Pada dasarnya, yakiniku ini merupakan kuliner lezat yang berbahan daging sapi seperti BBQ. Namun, BBQ ala Jepang ini menyajikan berbagai jenis daging, mulai dari daging ikan, sapi, ayam, babi, dan lain sebagainya. Biasanya yakiniku akan disajikan dengan beragam jenis sayuran, serta akan dilumuri oleh beragam jenis bumbu seperti kecap manis, kecap asin, saus, dan lain sebagainya. 

makanan khas jepang yakiniku

  1. Tako Tamago

Lagi nyari kuliner khas Jepang yang agak-agak ekstrim? Jika iya, maka tako tamago ini wajib kamu coba misal berlibur ke salah satu kota di Jepang seperti Osaka. Pasalnya, tako tamago ini merupakan sebuah camilan unik yang bahan dasarnya menggunakan bayi gurita lho. Tampilan tako tamago ini terkesan imut-imut menyeramkan, terlebih di bagian kepalanya yang berukuran cukup besar karena sudah diisi dengan telur puyuh. 

tako tamago baby octopus makanan khas jepang

Dibalik tampilannya yang agak nyeleneh, namun tako tamago ini memiliki citarasa yang begitu memanjakan lidah. Kuliner unik yang satu ini ditusuk dengan tusukan sate, yang kemudian dipanggang sehingga tampilannya berwarna merah menyala. Tako Tamago memiliki tekstur yang cukup kenyal, sehingga tidak disarankan bagi kamu yang bergigi ompong!

  1. Momiji Tempura

Sejatinya, momiji tempura terbuat dari daun maple yang dibalut tepung terigu, serta ditaburi biji wijen yang kemudian digoreng hingga kering. Ya, kuliner yang satu ini juga mengingatkan kita pada kuliner khas Indonesia, yakni gorengan daun bayam.

26 10365

Namun, bedanya momiji tempura memiliki rasa manis yang biasanya dijadikan sebagai pelengkap es krim. Soalnya, citarasa dari momiji tempura ini tidak terlalu istimewa sehingga cocok jika disantap dengan es krim. Uniknya lagi, makanan khas Jepang tersebut hanya bisa kamu jumpai di kota Osaka saja lho. 

  1. Kushikatsu

Kuliner khas Jepang berikutnya yang di rekomendasikan untuk kamu, yakni bernama kushikatsu. Jika dilihat dari bentuknya, sekilas kushikatsu ini tampak seperti gorengan lho. Akan tetapi, gorengan ala Jepang yang satu ini terbuat dari sosis, ayam, jeroan sapi, sayur-sayuran, buah-buahan, hingga umbi-umbian.

makanan khas jepang kushikatsu

Kushikatsu juga biasanya akan disajikan dengan saus, sehingga menciptakan citarasa yang begitu menggugah selera. Bahkan, harga yang ditawarkannya pun sangat bersahabat dengan isi dompetmu. 

Itulah beberapa jenis makanan khas Jepang yang tentu saja jangan sampai kamu lewatkan saat berlibur kesana. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.