Kenapa Orang-orang Masih Saja Salah Memilih Oli Mobil?

Oli dijadikan pelumas mesin mobil agar saat bergesekan tidak terlalu terjadi benturan yang hebat yang dapat memicu kerusakan mesinnya. Tidak heran oli mobil dapat memberikan usia kendaraan yang lebih panjang, apalagi dengan memilih jenis oli yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan mesin Anda.

Meskipun sudah banyak tips-tips yang dibagikan untuk memilih oli yang tepat, masih saja sebagian orang ada yang salah membeli oli untuk mobilnya. Tentu saja kesalahan pemilihan oli akan membuat mesin mobil menjadi cepat rusak, cepat kotor, dan sebagainya. Ditambah lagi kalau yang dibeli ternyata adalah oli palsu.

Dampaknya tidak dapat Anda rasakan langsung saat awal-awal penggunaannya. Dampaknya akan Anda rasakan setelah beberapa waktu pemakaian, baik itu kerusakan ringan maupun yang berat. Semakin berat kerusakannya, tentu saja biaya perawatannya yang dikeluarkan juga akan semakin besar.

Kenapa orang masih melakukan kesalahan dalam memilih oli kendaraannya? Berikut beberapa alasannya.

1 Terlalu kental

Ada apa saja di artikel ini?

Apa pun mereknya, oli memiliki kekentalan yang berbeda-beda, mulai dari yang cair sampai yang benar-benar kental. Tentu saja kebutuhan setiap masing-masing kekentalannya berbeda-beda sesuai dengan karakter mesin mobil Anda. Jika mobil Anda merupakan keluaran terbaru, oli yang tepat yaitu sifatnya yang lebih cair, karena komponen mesinnya yang lebih sempit sehingga tidak dapat melewati celah mesinnya. Oli menggunakan kode Society of Automotive Engineer atau SAE.

BACA JUGA:   Harga Camry Hybrid Mobil Mewah dengan Kenyamanan Ekstra

Kenapa Orang-orang Masih Saja Salah Memilih Oli Mobil? 1Kenapa Orang-orang Masih Saja Salah Memilih Oli Mobil? 2

Misal pada kedua produk di atas, SAE 20W 50 dan SAE 10W 40, angka menunjukkan tingkat kekentalan oli, kata W merujuk pada kata winter, kekentalan oli di saat dingin, atau di negara lain adalah tingkat kekentalan oli di musim dingin.

Jika mesin tidak mendapatkan pelumasan yang tepat, nantinya akan memicu kerusakan pada komponen mesinnya. Gesekan antara mesin yang satu dengan yang lainnya akan menjadi semakin sulit sehingga dalam kurun waktu tertentu akan mengalami kerusakan. Kesalahan pemilihan jenis oli tersebut yang membuat mesin mobil cepat rusak. Pastikan terlebih dahulu jenis oli apa yang cocok untuk kendaraan Anda sebelum memutuskan membeli oli.

2 Terlalu cair

Selain olinya yang terlalu kental, memilih oli yang juga terlalu cair menjadi kesalahan yang sangat umum dilakukan pemilik mobil. Saat mesin mobil Anda membutuhkan oli yang kental, tapi ternyata Anda memakai oli yang terlalu cair, tentu saja akan mengakibatkan kerusakan pada mesin-mesin Anda nantinya. Misalnya saja mesin diesel yang butuh oli yang kental tapi Anda memberikan oli yang cair, akan membuat usia mesinnya tidak bertahan lama.

Pastikan Anda melihat terlebih dahulu buku panduan mobil Anda yang didapat saat pembelian. Di dalam sana terdapat keterangan jenis oli apa yang tepat untuk kendaraan Anda.

3 Harga oli mahal sudah pasti bagus

tips memilih oli mobil

Alasan yang paling umum kenapa orang salah membeli oli mobil yaitu harga yang ditawarkannya mahal berarti memberikan kualitas yang bagus. Namun jangan salah dulu, harganya yang mahal bukan berarti kualitas yang diberikan sudah bagus dan cocok dengan kendaraan Anda. Masih banyak sekali pemilik mobil sengaja pilih yang mahal karena dianggapnya sudah pasti yang terbaik.

BACA JUGA:   Keunggulan Toyota Hiace Komuter

Padahal, Anda dapat mengetahui apakah oli tersebut bagus atau tidak dari bahan zat aditif yang dipakainya. Sangat penting sekali Anda mengetahui kode oli API atau American Petroleum Institute serta SAE atau Society of Automotive Engineers. Kode-kode tersebut sudah tertera di kemasan olinya atau di buku mobil Anda.

4 Oli palsu

Sangat berbahaya sekali kehadiran oli palsu di masa-masa sekarang ini. Sudah semakin menjamur oli palsu beredar di pasaran sehingga pemilik mobil pun tidak jarang membeli oli tersebut. Oli yang tidak buat secara resmi dari produsen aslinya tentu saja membuat kendaraan akan cepat rusak. Karena itulah, Anda harus mengetahui perbedaannya terlebih dahulu.

Biasanya oli yang palsu punya warna yang lebih gelap, teksturnya lebih kasar, serta baunya yang seperti bekas dibakar. Dari segi packing umumnya oli palsu dibuat dengan packing yang lebih jelek dibanding oli asli, tanpa seal, stiker kemasan pudar dan kecocokan nomor ID pada tutup botol dengan body botolnya

Jangan anggap remeh memilih oli mobil untuk kendaraan kesayangan Anda. Salah-salah memilihnya membuat mobil Anda menjadi cepat rusak dan butuh biaya tidak sedikit untuk memperbaiki. Agar tidak salah pilih oli palsu, ada baiknya Anda memilih mobil.co.id untuk membeli oli yang sesuai dengan mesin Anda.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.