Pengertian Reksadana Pendapatan Tetap, Cara Investasi Reksadana, dan Keuntungan

Banyak orang yang merasa bingung menginvestasikan uang yang dimiliki padahal ada banyak instrumen investasi menarik. Jika Anda saat ini sedang berencana untuk berinvestasi, maka bisa memilih instrumen Reksadana. Cara investasi Reksadana juga sangat mudah, Anda tidak perlu merasa bingung untuk memulainya.

Sebelum memutuskan berinvestasi, pahami terlebih dahulu mengenai apa itu investasi Reksadana serta keuntungan yang akan didapatkan.

Investasi Reksadana merupakan instrumen investasi yang menghimpun investor atau pemodal untuk portofolio efek yang dilakukan oleh manajer investasi. Anda bisa melakukan investasi Reksadana ini melalui digibank by DBS.

Investasi Reksadana sendiri terdiri dari empat pilihan antara lain seperti Reksadana pendapatan tetap, Reksadana pasar uang, Reksadana saham, Reksadana campuran. Anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai keinginan misalnya saja Reksadana pendapatan tetap. Cara investasi reksadana bisa dengan memilih fitur yang tersedia di aplikasi digibank by DBS.

Reksadana Pendapatan Tetap

Jenis investasi Reksadana yang satu ini sangat menarik karena 80% investasi adalah untuk efek utang atau obligasi.

Berinvestasi pada Reksadana ini memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan pendapatan tetap secara berkala dengan resiko yang rendah.

80% aset yang diinvestasikan akan digunakan untuk pembiayaan surat utang atau obligasi dalam jangka waktu tertentu misalnya 1 tahun atau lebih. Surat hutang biasanya diterbitkan oleh suatu lembaga atau pemerintah.

Kelebihan Reksadana Pendapatan Tetap

Setiap investor tentu mengincar keuntungan yang besar dari investasi Reksadana yang dilakukan. Memilih Reksadana pendapatan tetap akan memberikan Anda banyak keuntungan. Berikut ini adalah keuntungan serta kelebihan dari Reksadana pendapatan tetap:

  1. Resiko Menengah

Reksadana pendapatan tetap termasuk investasi dengan risiko sedang. Jika dibandingkan dengan Reksadana saham, resiko Reksadana pendapatan tetap lebih rendah. Namun dibandingkan dengan Reksadana pasar uang resikonya lebih tinggi.

Jika Anda termasuk investor yang senang cari aman maka bisa mempertimbangkan investasi ini. Untuk memaksimalkan keuntungan, mana bisa mengambil jangka waktu satu atau 2 tahun. Anda bisa mendapatkan timbal balik sekitar 9% dalam 1 tahunnya.

  1. Modal Kecil

Kelebihan berikutnya yaitu Anda bisa melakukan investasi mulai dari modal paling kecil yaitu sekitar Rp100.000 saja. Jika ingin memaksimalkan keuntungan maka Anda bisa menanam modal dengan nominal yang lebih besar.

pengertian reksadana pendapatan tetap

  1. Bebas Pajak

Kelebihan selanjutnya adalah bebas pajak untuk imbal hasil yang didapatkan. Ketika Anda berinvestasi pada deposito, imbal hasil akan dikenakan pajak sebesar 20%.

  1. Fleksibel

Investasi Reksadana pendapatan tetap juga memungkinkan Anda untuk bisa melakukan pencairan dana sewaktu-waktu terutama saat hari bursa.

  1. Dikelola Manajer Investasi

Dana yang diinvestasikan oleh investor nantinya akan dikelola oleh manajer investasi. Anda perlu untuk mengidentifikasi serta menganalisis manajer investasi yang akan dipilih agar bisa memaksimalkan keuntungan.

Risiko Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Selain mengetahui keuntungan, Anda juga harus memahami betul tentang resiko yang mungkin saja terjadi. Setiap investasi memiliki resiko tersendiri. Akan tetapi untuk resiko investasi Reksadana pendapatan tetap terbilang menengah.

Resiko lain yang juga harus diwaspadai adalah fluktuasi atau penurunan nilai pada harga surat utang.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati dengan risiko likuiditas karena keterbatasan uang tunai ketika para investor sedang mencairkan Reksadana bersamaan. Pahami juga cara investasi reksadana agar tidak keliru mengambil langkah.

Risiko lain yaitu resiko wanprestasi atau bisa diartikan resiko kerugian akibat perusahaan asuransi tidak membayar ganti rugi sesuai dengan ketentuan Apabila terjadi hal buruk tertentu.

Perlu Anda ketahui juga bahwa investasi ini tidak dijamin oleh LPS. Hal ini dikarenakan investasi Reksadana pendapatan tetap bukanlah termasuk produk perbankan.

Keuntungan Investasi Reksadana Bersama digibank by DBS

Berinvestasi bersama dengan digibank by DBS sangatlah menguntungkan dan mudah. Digital banking sudah umum di tengah masyarakat modern  seperti sekarang. Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi keuangan secara praktis dan mudah dengan memanfaatkan digital banking, termasuk untuk investasi. Berikut keuntungan yang akan didapatkan jika Anda memilih investasi Reksadana melalui aplikasi digital banking dari digibank by DBS:

  1. Jual, Beli, switch Investasi dalam Satu Aplikasi

Bersama dengan digibank by DBS, Anda bisa melakukan jual, beli, dan switch investasi dengan mudah.

Di dalam aplikasi ini juga sudah terdapat informasi mengenai Reksadana dan cara investasi reksadana secara ringkas. Bahkan Anda juga akan mendapatkan notifikasi mengenai tingkat risiko transaksi yang akan dilakukan, sehingga Anda bisa melakukan pertimbangan dengan lebih hati-hati.

  1. Memilih Kategori Reksadana dengan Mudah

Di dalam aplikasi digibank by DBS, Anda juga bisa memilih investasi Reksadana terbaik dengan melihat kinerja serta skoring dari data yang tersedia.

Scoring investasi Reksadana ini memang selalu di update setiap bulannya sehingga para investor bisa mendapatkan informasi ter-up to date.

  1. Membeli Saham Lebih Fleksibel

Keuntungan lain yang juga didapatkan oleh investor jika berinvestasi melalui digibank by DBS adalah bisa membeli saham berkala dengan lebih fleksibel. Anda bisa melakukan registrasi Single Investor Identification atau SID sebagai pembelian pertama.

Selanjutnya Anda bisa melakukan pembelian melalui aplikasi ini. Bahkan, investor juga bisa mengubah nominal pembelian setiap bulannya melalui aplikasi digibank by DBS tanpa harus ribet.

  1. Investasi Mulai dari Rp100.000

Investor pemula yang masih merasa ragu atau takut dengan resiko kerugian bisa memulai investasi dengan modal terkecil. Anda bisa mempelajari investasi Reksadana secara lebih serius melalui aplikasi digibank by DBS ini sehingga nantinya bisa menanam modal lebih besar.

  1. Investasi Digital Teraman

digibank by DBS memungkinkan Anda untuk bisa merasa aman melakukan investasi digital. Bank DBS adalah salah satu bank yang dinobatkannya menjadi Bank teraman se-asia kurang lebih sekitar 12 tahun berturut-turut. Penobatan ini diberikan oleh Global Finance. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir melakukan investasi dengan modal kecil atau besar bersama dengan digibank by DBS.

  1. Tersedia Lebih dari 50 Pilihan Produk Reksadana

Menggunakan aplikasi digibank by DBS semakin menarik karena tersedia lebih dari 50 pilihan produk Reksadana bagi nasabah. Jadi memang bisa dikatakan digibank by DBS menyediakan sajian lengkap investasi ala rumah makan Padang.

Anda tidak perlu bingung mengenai keuntungan serta cara investasi Reksadana. Melalui digital banking dari digibank by DBS, semua informasi mengenai investasi ini bisa Anda dapatkan lebih mudah. Terdapat beragam fitur yang membantu investor untuk memaksimalkan keuntungan. Jadi, Anda sekarang tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi karena digital banking dari digibank by DBS akan memudahkan Anda investor dalam setiap proses transaksi investasi. Cara investasi Reksadana sangat mudah dan aman. Langsung saja daftarkan diri Anda melalui digibank app serta jangan lupa follow @digibankid IG agar mendapatkan informasi lebih lengkap seputar investasi Reksadana.

Referensi:

Https://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/Reksadana https://money.kompas.com/read/2021/08/02/202900126/pengertian-reksa-dana-pendapatan-tetap-risiko-dan-kelebihannya?page=all#:~:text=Otoritas%20Jasa%20Keuangan%20(OJK)%20di,efek%20yang%20memberikan%20pendapatan%20tetap. https://www.bareksa.com/berita/belajar-investasi/2021-01-28/kapan-waktu-tepat-beli-Reksadana-saham-dan-pendapatan-tetap

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.