Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil All Risk

Dalam dunia asuransi kendaraan kita mengenal asuransi mobil all risk dan asuransi model TLO, kedua jenis asuransi ini dapat anda gunakan untuk memberikan rasa aman terhadap kendaraan anda. Tentunya setiap jenis asuransi kendaraan ini punya keunggulan dan kekurangan. Lalu apa sebenarnya keuntungan menggunakan asuransi mobil All Risk?

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All risk adalah jenis asuransi mobil yang menanggung semua jenis kerusakan pada mobil. Mulai dari kerusakan kecil seperti baret halus, penyok, tergores, hingga kerusakan besar seperti bekas tabrakan yang mengakibatkan kerusakan mesin dan body mobil maupun pencurian.

Semua jenis kerusakan dapat ditanggung selama tertulis dalam polis asuransi all risk yang diberikan.

Asuransi TLO

Asuransi TLO atau total risk only merupakan jenis asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil dari resiko kehilangan atau terjadi kerusakan mayor yang mengakibatkan kerugian lebih dari 75% harga kendaraan tersebut.

Misalnya terjadi tindak pencurian atau kecelakaan hebat yang menghancurkan mobil maka pihak penyedia asuransi akan menanggung kerugian ini

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO

Dari kedua jenis asuransi mobil tersebut, ada perbedaan asuransi mobil all risk dan total lost only, biar lebih jelas kita klasifikasikan yuk

Pertanggungan

Untuk asuransi mobil all risk, pihak asuransi menanggung semua jenis kerusakan yang terjadi, selama memang tertulis dalam polis asuransi. Sementara asuransi TLO tidak memberikan penggantian untuk kerusakan minor, asuransi ini baru bisa diklaim jika terjadi kerugian besar pada kendaraan.

Keunggulan Asuransi All Risk dibanding jenis TLO adalah asuransi all risk juga menyediakan perluasan perlindungan dari hal yang bersifat force majeur, seperti bencana alam, kebakaran, gempa bumi, banjir, huru-hara dan lain sebagainya.

Biaya Premi

Dengan semakin banyaknya pertanggungan yang harus diberikan oleh penyedia jasa asuransi mobil all risk tentunya biaya premi yang harus dibayarkan oleh seorang pemegang polis asuransi all risk lebih besar dibanding dengan mereka yang menggunakan asuransi mobil TLO.

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Misalnya anda di Jakarta yang termasuk dalam wilayah 2 dengan rate asuransi kategori 3, jika anda mengambil asuransi TLO maka besaran biaya premi yang dibayarkan adalah 0.38%-0.42% dari nilai kendaraan anda

Rumus Premi Asuransi TLO = 0.38% x harga mobil anda

Sementara itu, jika anda mengambil asuransi all risk dengan kategori yang sama yaitu kategori 3, maka beban biaya premi yang harus anda bayarkan adalah 2.08%-2.29% dari harga mobil anda.

Rumus Premi Asuransi All Risk = 2.08% x harga mobil anda

Kapan Memilih Asuransi All Risk

panduan pilih asuransi mobil all risk atau TLO

Asuransi All Risk sebaiknya dipakai untuk anda yang membutuhkan perlindungan mobil sempurna, mulai dari masalah kecil sampai besar. Asuransi ini cocok digunakan untuk

  1. Mobil baru
  2. Pengemudi baru
  3. Rental Mobil
  4. Kursus Mobil
  5. Tinggal di Wilayah padat

Mengingat 5 hal di atas sangat mungkin mengalami resiko kerusakan ringan, terbaret, lecet, tentunya jika memilih asuransi TLO tidak akan mendapatkan pertanggungan dari pihak asuransi.

Terlebih untuk anda yang tinggal di kawasan padat dengan traffic kendaraan yang lumayan sibuk, resiko kecelakaan semakin besar, pada kawasan yang padat, kemungkinan kecelakaan fatal lebih kecil, tetapi resiko kecelakaan minor justru meningkat pesat. Oleh karenanya, asuransi all risk lebih diutamakan.

Kapan Memilih Asuransi TLO?

Pertimbangan memilih asuransi TLO adalah perlindungan dari kehilangan nilai kendaraan, seperti kriminalitas, pencurian, kejahatan, maupun kecelakaan hebat. Jika anda tinggal di daerah yang memiliki tingkat kerawanan kecelakaan dan angka kriminalitas yang tinggi pertimbangkan uhntuk memilih asuransi TLO.

Tentunya, anda bisa memilih salah satu dari dua jenis asuransi mobil tersebut sebagai cara anda mengurangi resiko saat terjadi masalah pada kendaraan anda. Dari sisi manfaat, saya sendiri lebih condong dengan manfaat yang diberikan oleh asuransi all risk.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.