Konser Musik Terbuka: Perpaduan Harmoni Alam dengan Festival Musik Tahunan

Konser musik menjadi salah satu daya tarik wisata di Indonesia. Di beberapa daerah, acara event musik tersebut juga diadakan secara teratur setiap tahun dengan memadukan unsur lokal dan kontemporer.

Ini Dia Konser Musik yang Paling Ditunggu di Indonesia

Ingin tahu festival musik tahunan apa saja yang harus dikunjungi? Yuk, cek artikel di bawah ini!

Toba Caldera World Musik Festival, 22-24 Juli 2022

Konser musik toba caldera world

Danau Toba adalah danau alami berukuran besar di Indonesia yang berada di kaldera Gunung Supervulkan. Keindahan Danau Toba dan pemandangan sekelilingnya memang menjadi daya pikat utama yang dimiliki wisata danau terbesar di Indonesia ini. Danau yang terbentuk dari letusan supervolcano (letusan Gunung Api) yang terjadi sekitar 73.000 – 75.000 tahun lalu ini selalu menyuguhkan potensi wisata air yang layak nikmati.

Merasakan air danau yang menyegarkan, mengelilingi danau dengan menyewa perahu layar, atau melihat sunset sore hari di danau Toba bisa menjadi pengalaman yang unik dan tak terlupakan. Ditambah lagi, jika kamu penggemar musik, kamu juga bisa menghadiri agenda festival musik tahunan sambil berwisata di danau Toba.

Toba Caldera World Musik Festival 2022 dengan tema “Sounds of the Lake” merupakan ajang pertemuan tahunan para musisi dan komunitas global yang berafiliasi pada genre “world music”. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata Danau Toba berbasis Taman Bumi (Geopark) secara komprehensif dan holistik kepada masyarakat di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia, dan dunia.

Konsep kegiatan konser musik ini akan dilaksanakan secara hybrid virtual festival. Adapun acara utama dari festival ini terdiri dari konser pertunjukan musik dari sejumlah kelompok world music yang berasal dari Indonesia dan beberapa kelompok dari luar Indonesia, serta dimeriahkan oleh penampilan musik-musik roots atau musik yang berasal dari etnis Sumatera Utara.

Kegiatan lain yang tak kalah penting, yang sebagian akan dilakukan dalam pra-event, adalah webinar dan workshop dengan topik world music dan Geopark Kaldera Toba. Kegiatan festival ini juga didukung dengan sejumlah kegiatan-kegiatan lain seperti pameran kuliner, kerajinan, dan cendera mata.

Java Jazz Festival, 27-29 Mei 2022

Jakarta International Java Jazz Festival (JIJJF) atau dikenal dengan Java Jazz Festival (JJF), merupakan festival musik jazz terbesar yang diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2005 di Jakarta, Indonesia oleh Java Festival Production.

Selain menghadirkan musisi jazz mancanegara maupun dalam negeri, festival ini juga diperkaya oleh musisi dari genre musik lain seperti R&B, Soul dan Reggae. Beberapa dari musisi terkemuka yang hadir pada tahun 2006 adalah James Brown, Earth, Wind & Fire, Eric Benet, Bubi Chen, dan Angie Stone.

Untuk tahun ini, penyelenggaraan Java Jazz Festival sedikit berbeda. Demi kenyamanan dan mencegah penyebaran Covid-19, event ini akan menerapkan protokol kesehatan CHSE yang ketat. Penonton wajib mengenakan masker KN95, N95, atau dua masker medis. Akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh serta tes uji Covid-19 secara acak.

Ngayogjazz, 19 November 2022

Konser musik ngayogjazz

Yogyakarta yang selalu menjadi icon budaya juga tidak ketinggalan untuk ikut meramaikan festival musik tahunan di Indonesia. Ngayogjazz adalah festival jazz yang diselenggarakan tahunan di sebuah desa atau kampung di wilayah Yogyakarta. Tempat penyelenggaraannya selalu berganti tiap tahunnya. Festival ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007.

Festival Ngayogjazz menggabungkan konsep musik lokal dengan jazz yang menghasilkan harmoni unik untuk dinikmati tanpa rasa asing bagi telinga pendengarnya.

Konsep utama konser musik Ngayogjazz adalah regenerasi seniman, musisi, kolaborasi lintas kesenian, dan mengangkat ekonomi kreatif warga desa dan sekitarnya, juga transfer ilmu pada masyarakat setempat tentang penyelenggaraan sebuah pertunjukan atau peristiwa budaya.

Konser musik Ngayogjazz 2022 menampilkan musisi-musisi lokal, komunitas jazz seluruh Indonesia, musisi nasional, dan internasional. Selain itu, pada acara ini juga terdapat Pasar Jazz yang menampung ekonomi kreatif desa setempat. Penyelenggaraan acara ini diharapkan berdampak positif pada peningkatan perekonomian lokal masyarakat.

Ubud Village Jazz Festival, 12-13 Agustus 2022

Ubud adalah salah satu nama desa yang berlokasi di Gianyar. Desa Ubud sudah banyak dikenal oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Desa Ubud terkenal karena banyak terdapat objek wisata dan juga pemandangan yang sangat memanjakan mata. Selain itu, penduduk di Desa Ubud juga kebanyakan memiliki kemampuan seni rupa yang tak bisa diragukan lagi. Contohnya lukisan, ukiran kayu, patung, dan juga seni lainnya. Jika kamu mengunjungi Desa Ubud, kamu bisa memilih objek wisata mana saja yang ingin kamu kunjungi ketika berada di Desa Ubud.

Jika kamu berencana mengunjungi Ubud dan ingin menghadiri festival musik, maka Ubud Village Jazz Festival adalah jawabannya. Ubud Village Jazz Festival adalah event musik yang telah bertahan selama 8 tahun dan lahir dari idealisme komunitas jazz di Bali.

Untuk tahun 2022, dalam rangka beradaptasi dan menerapkan protokol kesehatan, Ubud Village Jazz Festival akan mempunyai 2 panggung berbeda, yakni giri dan subak yang dinamakan sesuai dengan kearifan lokal Bali, dimana akan menampilkan pertunjukkan secara bergantian dari jam 5-9 malam selama 2 hari.

Acara ini akan dihelat secara hybrid (offline dan online). Keunikan acara ini adalah digelar di alam terbuka Ubud yang berkonsep Hutan dan Museum. Suguhan konten musik yang non komersial membuat event ini sangat dinantikan oleh turis mancanegara setiap tahunnya. Konsep go green, termasuk dekorasi yang menggunakan bahan-bahan alami, seperti bambu, palet kayu bekas, sisa limbah, berkas padi, dan lain sebagainya, membuat festival ini unik dan ramah lingkungan.

Jazz Gunung Bromo, 22-23 Juli 2022

Selain wisata alam Bromo yang melimpah, bagi penggemar musik jazz, kamu juga bisa menikmati konser musik jazz di gunung ini. Jazz Gunung Bromo merupakan salah satu event musikal yang sayang untuk dilewatkan bagi kamu penggemar musik jazz sekaligus pecinta alam.

Seperti yang telah diketahui dari pengalaman sebelumnya, bahwa event musik jazz di gunung Bromo ini terasa istimewa karena berada di luar ruang dengan menampilkan 10 grup musik dan dilangsungkan selama 2 hari.

Pengalaman menikmati musik jazz di ketinggian 2.000 meter beratapkan langit dengan latar belakang pegunungan dan kualitas produksi yang baik masih menjadi faktor kesuksesan utama event musik Jazz Gunung Bromo berdasarkan hasil survei kepuasan pelanggan yang selalu dilakukan tiap tahunnya.

Pelaksanaan event Jazz Gunung Bromo tahun 2022 akan menjadi penyelenggaraan yang ke-14. Pada tahun ini, konsep, tema, dan musisi yang tampil akan diselaraskan dengan pesona kawasan Gunung Bromo sehingga akan menghasilkan suguhan pertunjukan yang epik dengan menampilkan kolaborasi yang penuh harmoni antara elemen musik, alam, dan manusia.

Tidak ada yang perlu diragukan lagi, mengunjungi wisata Bromo sekaligus menikmati konser musik jazz akan menjadi pilihan yang sayang untuk dilewatkan, karena jarang tempat wisata lain menawarkan sensasi yang sama.

Tentunya, agenda festival wisata tahunan di Indonesia tidak hanya terbatas pada event musik saja. Masih banyak event festival lainnya yang harus kamu tahu dengan mengunjungi website Indonesia Travel Event. Jangan lupa ajak teman dan saudara untuk ikut menikmatinya. Tentunya dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan, ya!

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.