Perbedaan Skala Unidimensi dan Multidimensi

Dalam dunia penelitian terdapat skala unidimensi dan multidimensi, mungkin masih banyak orang yang belum mengenal jenis skala ini, artikel ini akan membahas pengertian dan perbedaan skala unidimensi dan multidimensi.

Tujuan Penggunaan Skala

Tujuan penggunaan skala sendiri ada beberapa tujuan. Tergantung dari tujuan penelitian dilakukan. Berikut adalah beberapa tujuan penggunaan skala

  1. Menguji hipotesis
  2. Menemukan hal baru jika menggunakan skala unidimensional/multidimensional
  3. Sebagai bagian dari penelitian eksploratif
  4. Untuk mereprensentasikan konstruksi sebagai skor tunggal

Pengertian Skala Unidimensi

Skala unidimensi adalah skala yang memiliki satu dimensi pengukuran saja dan diwakili dalam satu garis bilangan tunggal. Unidimensi hanya dapat mengukur satu atribut, konstruksi, dan keterampilan.

Skala unidimensi dapat digunakan untuk mengukur beberapa hal yang tidak berdimensi, seperti tinggi atau berat badan menjadi satu konstruk yang dapat diukur. Dalam dunia psikologis, skala unidimensi juga dapat digunakan untuk mengukur kecenderungan psikologis seperti penilaian akan harga diri rendah dan harga diri tinggi.

Prinsip dalam skala unidimensi adalah mengubah pernyataan menjadi bilangan matematis yang dapat diukur.

Contoh Skala Unidimensi

Kemampuan mengukur meski hanya satu atribut, membuat skala unidimensi dapat digunakan sebagai skala penelitian. Dan dalam dunia penelitian terdapat beberapa jenis skala yang merupakan contoh skala unidimensi yaitu

  1. Skala Likert – digunakan sebagai skala sumatif
  2. Skala Guttman – digunakan sebagai skala kumulatif
  3. Skala Thurstone – digunakan sebagai skala interval equal appearing

Contoh skala dimensi yang bisa diukur antara lain

  1. Tinggi badan
  2. Berat badan
  3. IQ
  4. Volume

Pengertian Skala Multidimensi

perbedaan skala unidimensi dan multidimensi

Skala multidimensi adalah representasi visual terhadap kumpulan obyek yang dapat berupa warna, wajah, koordinat, pandangan politik maupun rangsangan konseptual lain. Skala Multidimensi membedakan obyek lebih mirip menjadi jarak yang lebih pendek dan obyek yang tidak mirip dengan skala jarak yang lebih jauh dalam grafik.

Skala Multidimensi digunakan sebagai teknik reduksi untuk data yang berdimensi tinggi. Selain itu dalam dunia psikometri, skala multidimensi dipakai untuk mengukur sikap dan persepsi seseorang terhadap sebuah kondisi. Misalnya, tanggapan seseorang mengenai tingkat kepercayaan terhadap kinerja kementerian perdagangan.

Skala Multidimensional juga dapat digunakan untuk melibatkan beberapa variable sekaligus dalam satu pernyataan, misalnya mengukur minat orang yang lebih menyukai steak berdasarkan ketebalan dan tingkat kematangan daging.

Perbedaan Skala Unidimensi dan Multidimensi

Dari pengertian skala unidimensi dan multidimensi. Perbedaan antara skala unidimensi dan multidimensi ada pada kemampuan mengukur atribut dimana unidimensional hanya dapat digunakan untuk mengukur satu karakter sementara multidimensi dapat digunakan untuk mengukur beberapa karakter.

Semoga membantu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.