Memahami Simbol Lampu Indikator Led pada Laptop

arti lampu indikator laptop

Pada casing /body laptop sering kali diberi lampu indikator untuk memudahkan pengguna memahami kondisi laptop. Ada beberapa lampu indikator yang sering ditampilkan dalam body laptop. Produsen laptop memberikan indikator pada body laptop untuk memudahkan pengguna untuk menggunakan laptop dan mengetahui kondisi laptop terkini, Baik produsen laptop seperti Asus, Acer, HP, Dell, Samsung, Lenovo maupun yang lain selalu memberikan simbol dan indikator baik led maupun simbol di semua produknya.

Posisi indikator ini rata-rata berada di bagian atas permukaan laptop. Ada yang ditanam bersama dalam keyboard ada juga yang ditanam pada body/casing. Dan berikut di antaranya

Simbol lampu indikator laptop

simbol lampu indikator pada body laptop

  1. Indikator utama biasanya adalah lampu indikator laptop ON yang menyala pada saat laptop dinyalakan. Biasanya terletak di dekat tombol power.
  2. Indikator charging, berada di sisi port power adaptor, atau di bagian atas. Diberi gambar simbol baterai. Led yang digunakan biasanya merupakan led bi-color atau dua warna dan memiliki 3 mode indikator,
    1. lampu merah berkedip untuk kondisi darurat baterai hampir kehabisan daya.
    2. lampu merah diam menandakan baterai sedang dalam kondisi di charger
    3. lampu putih/hijau dimana posisi kapasitas baterai telah terisi penuh
  3. Indikator wifi, bergambar tongkat dengan pucuk memiliki 3 lengkungan di pucuk ke arah kanan kiri. Warna merah/tidak menyala menandakan adapter wifi tidak aktif dan warna cerah menandakan wifi aktif
  4. Indikator hardisk memiliki gambar seperti tabung/kaleng merupakan simbol media penyimpanan data. Akan berkedip2 menandakan proses pembacaan atau penulisan ke hardisk. Sementara jika indikatornya menyala terus, biasanya terjadi pada saat komputer lemot, disebabkan masalah pada saat pengaksesan data pada kepingan hardisk.

simbol indikator laptop

Selain indikator tersebut masih ada beberapa indikator lain pada body laptop, antara lain, indikator tombol capslock, tombol FN, webcam, speaker dan lain sebagainya.

Simbol indikator power

Indikator power disimbolkan oleh angka 1 yang berada di atas angka nol. Simbol indikator ini menggambarkan kondisi saklar on (1) dan off (0).

Simbol indikator baterai

simbol indikator baterai

 

Indikator power memiliki beberapa fungsi selain memberitahukan pengguna berapa persen daya yang tersisa juga memberitahukan apakah baterai dalam kondisi tercharger, lepas charger, atau bahkan kondisi baterai rusak. Kondisi baterai dengan tanda silang X berwarna merah biasanya menandai bahwa baterai laptop sudah waktunya diganti. Jika kondisi dibiarkan biasanya baterai tidak dapat digunakan (bisa dicharger tapi tetap 0%)

Simbol indikator hardisk

simbol indikator hardisk

Media penyimpanan umumnya ditandai dengan tiga buah piringan yang ditumpuk, di laptop indikator media penyimpanan hardisk umumnya juga ditandai dengan led yang berkedip. Led yang berkedip menandakan putaran hardisk aktif dan head pada hardisk melakukan pembacaan pada piringan hdd. Sementara Led yang menyala terus, biasanya menandakan komputer/laptop sedang melakukan proses pembacaan dan terhambat disana, hal ini bisa terjadi karena koneksi hardisk kurang baik maupun hardisk mengalami gangguan lain.

Simbol indikator koneksi ethernet

Koneksi kabel ditandai dengan simbol RJ45 seperti gambar diatas, koneksi ke jaringan internet lewat port RJ45 di body laptop. warna lampu berwarna hijau menandakan koneksi lancar. Beberapa laptop memiliki warna pembeda seperti orange untuk menandai koneksi jaringan lokal lancar tetapi tidak mendapat akses internet. Jika di tampilan layar akan terlihat koneksi dengan tanda segitiga kuning. Sementara tanda silang merah pada layar menunjukkan tidak ada kabel yang tertancap di port RJ45

Simbol indikator wifi

Indikator wifi, berbentuk kipas baik berbentuk kipas menghadap ke atas atau berbentuk menara dengan dua kipas di bagian kanan kiri. Indikator koneksi wifi laptop biasanya berada di keyboard yang dapat diakses dengan menekan kombinasi tombol ctrl.

Simbol Numlock

simbol indikator laptop acer

Simbol Numlock, scroll lock dan Capslok umumnya berbeda2. Scroll lock untuk mengunci scrolling mouse, dari tangan yang tidak sengaja menempel di atas mousepad pada saat user mengetik keyboard. Untuk capslock biasanya memiliki led di atas tombol capslock atau memiliki indikator led khusus bersama Numlock, caps lock, scroll lock. Namun tidak semua seri laptop memiliki simbol-simbol ini.

indikator baterai laptop cas putih terus, penjelasan indikator pada laptop acer, kalau lampu merah berkedip di acer tandanya apa, tanda kalau laptop asus rog sudah penuh, makna lampu putih pada laptop asus, Cara mengatahui cas laptop penuh, indikator oada laptop asus, warna lampu laptop pada saat batrai penuh, lambang2 pada laptop seperti battry, tanda laptop inforce saat dicash baterainya sudah penuh

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.