Memperkuat Posisi SERP Website Usaha dengan Backlink

Posisi SERP (search engine result page) merupakan kunci sebuah halaman website agar dapat menjaring lebih banyak pengunjung yang masuk ke situs mereka. Umumnya orang menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk menaikan ranking SERP mereka setidaknya ada di halaman pertama pencarian. Syukur bisa menempati posisi tertinggi di halaman pertama.

Untuk para pemilik usaha yang menggunakan internet sebagai salah satu channel promosi mereka, keunggulan di halaman pertama hasil pencarian Google tentu saja sangat menguntungkan. Jika anda seorang pengusaha travel Jogja, hasil SERP akan sangat membantu meningkatkan interaksi calon pengguna baru travel yang menemukan layanan anda lewat mesin pencari.

Atau misalkan anda memiliki produk/jasa yang bersifat lokal maupun nasional, hasil SERP membantu makin banyak calon pembeli produk anda yang bisa anda temukan lewat internet. Namun, untuk memperoleh peringkat pertama di dalam hasil pencarian Google itu hampir-hampir sangat susah. Jika tidak percaya, anda bisa mengetikkan kata kunci Jual nama produk anda kota anda.

Halaman pertama biasanya akan dikuasai oleh para pemilik modal besar, marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee dll atau bahkan surat kabar nasional semacam tribun. Hal ini wajar karena selain memiliki resource yang besar, mereka beriklan menggunakan berbagai macam cara untuk mendongkrak hasil SERP mereka. Di sisi lain, banyaknya produk yang mereka tawarkan, juga membuat semakin banyak halaman di situs mereka yang terindeks oleh Google.

BACA JUGA:   DA PA turun, terus aku kudu gimana?

Lalu apa gunanya berjuang di SERP klo misalnya bisa buka toko di marketplace?

Marketplace adalah salah satu channel penjualan, namun di sisi lain marketplace adalah sebuah pasar yang tidak memungkinkan anda mendefinisikan produk anda secara lebih baik. Jika anda seorang pembuat jaket yang berkualitas tinggi, dan orang membeli produk anda di marketplace, ketika rekan mereka bertanya, kamu beli dimana? Sudah jelas mereka akan menyebutkan nama marketplace nya, bukan nama toko kita.

Tapi kan enggak apa-apa selama ada penjualan?

Ya betul, untuk mendukung penjualan, penggunaan marketplace, youtube maupun sosial media memang perlu, bahkan sangat disarankan, tetapi untuk membangun sebuah brand, anda perlu membuat sebuah website yang bisa menjelaskan produk anda dengan lebih baik kepada para pelanggan.

Tanpa adanya brand yang kuat, seorang pelanggan bisa saja melakukan buyback produk sejenis, tetapi tidak lagi melakukan pembelian di toko anda, dia akan memilih toko sebelah anda di marketplace yang sama, hanya karena harga yang anda tawarkan lebih mahal lima ratus rupiah saja. Ini berbeda jika istri anda meminta anda membeli rinso di minimarket, yang akan anda cari saat sampai disana adalah brand rinso, bukan merk lain. Oleh karenanya, perlu membuat brand yang kuat agar pengguna bisa mengingat produk anda secara lebih baik. Dan website sangat mendukung penguatan branding produk/toko kita.

BACA JUGA:   Menggunakan Fitur Statistick Jetpack untuk Mencari Related Keyword

serp website

Untuk mendukung website agar dapat mudah ditemukan calon pelanggan, kita perlu memperkuat basic SEO website kita, misalnya dengan rutin melakukan update posting artikel terkait tips, tutorial, atau fun fact mengenai bidang produk kita. Selain itu kita juga perlu menambah backlink website. Backlink ini fungsinya untuk memperkuat SEO kita agar lebih mudah muncul di halaman pertama SERP.

Anda bisa menggunakan jasa backlink untuk memperkuat basic SERP website anda. Salah satu layanan penyedia jasa backlink murah adalah Jawalink.com. Selain harga yang murah, anda juga bisa menemukan banyak blog berkualitas untuk mendukung SERP website anda. Anda bisa menggunakan jawalink yang menyediakan jasa content placement yang lebih memudahkan anda mendapatkan backlink berkualitas dari situs yang relevan

 

2 Comments

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.