Mengatasi RAM read/write & parity error

Kapan hari di rumah gamping bokap bilang klo komputer bermasalah lagi, gak mau masuk ke windows. Selidik punya selidik, CPU nyala seperti biasa dan monitor tidak menampilkan apa2. Sebelum menjudge bahwa permasalahan ada di processor, motherboard atau PSU maka aku nyopot kabel VGA, di layar monitor muncul gambar yang menandakan kabel VGA tidak terpasang.

Fine restart komputer via tombol restart muncul tiga kode beep panjang. Kode beep semacam ini adalah kode beep milik AMI Bios. Yang artinya terjadi masalah pada module memory yaitu RAM read/write error.

Pada komputer menancap 2 keping RAM DDR2 1Gb aku copot satu kemudian restart masih keluar bunyinya, RAM pertama aku bersihkan dan aku pasang kembali pada slotnya, sementara RAM kedua aku keluarkan. Restart lagi dan tidak muncul bunyi beep, artinya komputer berjalan normal sampai masuk ke dalam sistem operasi.

merawat-dan-memperbaiki-memori-ram-dengan-karet-penghapus-200x200

Setelah Windows nyala aku masukin lagi RAM kedua yang sudah aku bersihkan (baca: cara melakukan reparasi RAM tanpa modal) dan nyalakan komputer lagi.

Akhirnya komputer menyala dengan normal tanpa kode beep kesalahan lagi. Komputer bisa kembali dipergunakan sebagai mana mestinya.

Semoga posting ini bisa membantu temen2 belajar mengatasi masalah komputer teman2 dirumah sendiri. Tapi klo temen2 mau request tips n trick maintenance / troubleshoot lain yang berhubungan komputer juga boleh sih, tinggalin pesan saja di kolom komentar.

Salam

dram parity, modul dram parity, cara mengatasi memory parity error, dram parity adalah, cara mengatasi parity error, cara memperbaiki dram parity, mengatasi parity, dram parity error, mengatasi parity error, cara mengatasi dram parity

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.