Mengenal Rumah Zakat Lembaga Filantropi Terpercaya Milik Masyarakat Indonesia

Indonesia adalah negara paling dermawan di dunia, prestasi ini dilaporkan oleh Charities Aid Foundation yang mengeluarkan World Giving index pada pertengahan tahun 2021 kemarin. Setidaknya ada tiga aspek yang dinilai oleh CAF dalam memilih negara dengan tingkat kedermawanan ini, yaitu kemauan membantu orang asing, menyumbangkan uang ke lembaga amal dan mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

Indonesia menempati peringkat teratas, disusul Nigeria, Australia, New Zealand dan Kosovo. Sikap murah hati masyarakat Indonesia sendiri merupakan budaya yang adi luhung yang terus dijaga sampai saat ini. Baik untuk membantu korban bencana alam, maupun untuk keperluan keseharian.

Hal ini tidak terlepas dari mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Dalam ajaran Islam, charity merupakan salah satu bentuk ibadah, masyarakat Indonesia yang beragama muslim selain mengeluarkan kewajiban mereka berzakat, juga gemar bersedekah, beramal dan membantu sesama. Hal inilah yang menjadi kekuatan komunal masyarakat Indonesia dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial.

bantuan ppkm darurat ambulans dan tabung oksigen rumah zakat

Bahkan pandemi covid 19 pun, tidak menyurutkan kegemaran masyarakat Indonesia untuk beramal, baik melalui lembaga amil zakat, maupun lembaga swadaya lain yang bergerak di bidang kemanusiaan.

Mengenal Rumah Zakat

Salah satu lembaga filantropi terpercaya milik masyarakat Indonesia adalah Rumah Zakat, Rumah Zakat merupakan lembaga amil zakat yang memulai kiprahnya pada bulan Mei 1998 di Bandung, pada awal berdirinya, Rumah Zakat menggunakan nama Dompet Sosial Ummul Quro.

Animo masyarakat saat itu menilai lembaga kemanusiaan seperti Dompet Sosial Ummul Quro ini sangat dibutuhkan, terlebih masyarakat ketika itu cukup tertekan berkat krisis moneter pada awal era reformasi. DSUQ hadir dengan program beasiswa pendidikan untuk anak yatim dan kaum dhuafa, selain itu DSUQ  juga menyediakan layanan kesehatan serta rehabilitasi masyarakat miskin di perkotaan.

Pada tahun 2003, nama Dompet Sosial Ummul Quro secara resmi berganti menjadi Rumah Zakat Indonesia DSUQ. Rumah Zakat turut terlibat dalam proses recovery bencana gempa dan tsunami Aceh yang melanda bumi Serambi Mekah di penghujung tahun 2004. Selain turut mendistribusikan bantuan kepada masyarakat Aceh, Rumah Zakat juga terus menambah jaringan cabang di berbagai kota dan wilayah di seluruh Indonesia. 

Tsunami Aceh menjadi momentum Rumah Zakat untuk memperluas jaringan mereka agar dapat lebih cepat dalam memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai ke Merauke. 

Di tahun 2009, Rumah Zakat berhasil mendapatkan penghargaan #2 LAZNAZ terbaik dalam ajang Islamic Social Responsibility Award 2009, selain itu Rumah Zakat juga menyabet The Best Organisation in Zakat Development dari Indonesia Magnificence of Zakat pada tahun yang sama. 

Rumah Zakat menyediakan Zakat Mudah untuk masyarakat Indonesia yang ingin berdonasi, bersedekah atau menunaikan zakat secara cepat dan mudah, bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja

3 Program Utama Rumah Zakat

Rumah Zakat saat ini memiliki 3 core program yang ditujukan untuk kemaslahatan umat di Indonesia pada khususnya. 

Program Pemberdayaan

Dalam mengelola zakat, Program Pemberdayaan Rumah Zakat merupakan salah satu dari program inti yang dicanangkan. Program ini meliputi pemberdayaan di bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lingkungan.

Program pemberdayaan lembaga filantropi terpercaya milik masyarakat Indonesia ini turut berperan dalam mengurangi dampak ekonomi selama pandemi Covid-19. Sebagaimana kita tahu, di awal pandemi, banyak sekali usaha yang gulung tikar, mulai dari industri pariwisata, transportasi, jasa dan lain-lain yang berdampak pada meningkatnya pemutusan hubungan kerja yang dilakukan perusahaan guna mengurangi biaya yang mereka alami selama masa pandemi.

program pemberdayaan rumah zakat lembaga filantropi terpercaya indonesia

Program pemberdayaan yang dilakukan Rumah Zakat salah satunya adalah dengan mengajak masyarakat untuk beternak domba, bekerjasama dengan BSI, Rumah Zakat membangun Markaz Domba yang berada di Kelurahan Pamoyanan Kota Bogor. Disini masyarakat diajari beternak domba sekaligus menanam pakan domba yaitu rumput odot. Hasil dari peternakan ini selain dijual kepada pihak yang membutuhkan juga dapat digunakan untuk membeli domba untuk keperluan kurban dan aqiqah.

Bencana dan Kemanusiaan

Rumah Zakat lembaga filantropi terpercaya milik masyarakat Indonesia, tentu tidak pernah ketinggalan dalam berbagai issue terkait bencana alam dan kemanusiaan. Pada bencana erupsi dan banjir lahar Gunung Semeru akhir tahun lalu ini, Rumah Zakat hadir dengan berbagai aksi kemanusiaan, mulai dari mengirimkan relawan yang berasal dari berbagai daerah, membangun shelter, serta menyediakan sumber air bersih untuk masyarakat dan pengungsi erupsi Gunung Semeru.

CSV Sustainable Development Goals

Core program Rumah Zakat berikutnya adalah Corporate Social Volunteering yang mendukung Sustainable Development Goals, SDGs sendiri dicanangkan oleh PBB tahun 2015 untuk mengakhiri kemiskinan, memproteksi lingkungan hidup dan planet serta memastikan semua masyarakat dapat menikmati kedamaian dan kesejahteraan di tahun 2030.

program pemberdayaan rumah zakat lembaga filantropi terpercaya

Salah satu program CSV Rumah Zakat adalah dengan memberikan pemberdayaan kesehatan melalui Active Zone Ramah Lansia. Di lokasi yang berada di Girilayu Kecamatan Matesih Karanganyar ini, Rumah Zakat menyediakan Posyandu Lansia yang dapat digunakan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan para lansia.

Apakah Rumah Zakat Terpercaya?

Sebagai lembaga sosial yang mengumpulkan uang umat untuk dikelola dan disalurkan, tentu banyak yang bertanya, apakah saya bisa menitipkan infak dan shadaqah dengan aman di Rumah Zakat? Dan apakah Rumah Zakat amanah dalam mengelola dana umat?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Rumah Zakat merupakan lembaga filantropi terpercaya untuk masyarakat Indonesia

Aspek Legal

Rumah Zakat terdaftar sebagai lembaga amil zakat nasional yang memiliki legal formal, melalui 

  1. SK Menag no 42 tahun 2007 sebagai lembaga Amil Zakat Nasional
  2. SK Menag no 421 tahun 2015 sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional
  3. SK Menag no 344 tahun 2021 tentang perpanjang izin operasional Yayasan Rumah Zakat Indonesia sebagai lembaga Amil Zakat skala Nasional
  4. Kepmensos No 107 2014 tentang Yayasan Rumah Zakat sebagai lembaga kesejahteraan sosial
  5. SK Menkumham No AHU 0000469.AH.01.05 tahun 2022

Rumah Zakat tercatat dan legal secara hukum sebagai pengelola zakat tingkat nasional di Indonesia.

WTP 16 Kali Berturut-turut

Sebagai lembaga yang mengumpulkan dan mengelola dana umat, Rumah Zakat tentu harus mendapatkan audit keuangan, sesuai dengan UU no 23 tahun 2011, tentang pengelolaan zakat. Hingga laporan keuangan 2021, Rumah Zakat mendapatkan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian selama 16 kali berturut-turut.

Artinya selama 16 tahun terakhir, laporan keuangan Rumah Zakat tidak ada masalah saat diperiksa oleh tim auditor yang ditunjuk oleh pemerintah.

Laporan Keuangan dapat Diakses Publik

Untuk mendukung penerapan good goverance, Rumah Zakat membuka akses laporan keuangan pada masyarakat luas yang dapat diakses di halaman https://www.rumahzakat.org/id/financial-report, disini masyarakat, baik umum maupun memilliki latar belakang audit ekonomi bisa melihat laporan keuangan Rumah Zakat tanpa ditutup-tutupi.

Akreditasi A dalam Audit Syariah

Tidak sekedar mendapatkan prestasi WTP 16 kali saja, Rumah Zakat juga memperoleh nilai akreditasi 99.62 dengan tingkat kepatuhan 97,22 pada audit syariah Kementerian Agama sehingga mendapatkan akreditasi A untuk lembaga Amil Zakat Nasional. 

Dari berbagai alasan di atas, tentunya Rumah Zakat merupakan lembaga filantropi terpercaya yang bisa menjadi mitra masyarakat Indonesia dalam menunaikan zakat, infak dan shadaqahnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.