Mengenal XRP Ripple, Top 5 Mata Uang di Pasar Kripto Dunia

Berbicara soal mata uang kripto atau cryptocurrency, selain Bitcoin kita mengenal berbagai altcoin lain, salah satunya adalah XRP atau Ripple. Sebagai salah satu dari lima mata uang digital terbesar di pasar kripto dunia dengan market cap mencapai US$46,97 miliar. 

XRP dan Ripple kerap disebut secara bergantian dan dianggap sama. Namun pada dasarnya XRP adalah mata uangnya, dan Ripple adalah platform pembayaran yang menggunakan XRP sebagai aset pembayarannya. Dengan demikian XRP merupakan sumber likuiditas dalam jaringan Ripple. XRP besutan Ripple ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan beberapa cryptocurrency lainnya. 

5 Keunikan XRP Ripple

Sebagai mata uang digital berbasis blockchain, XRP memiliki karakter yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis koin lain dalam dunia kripto. Hal ini tentu tidak lepas dari pembuatan XRP yang memang ditujukan untuk lembaga keuangan

Dirancang untuk Lembaga Keuangan

XRP dirancang sebagai token khusus agar sebuah perusahaan keuangan dapat melakukan transfer nilai. Mengingat Ripple sebagai pembuat XRP pun adalah sebuah perusahaan layanan pembayaran dalam industri keuangan, XRP dibuat agar dapat melakukan pembayaran transfer dengan mudah dan aman dengan memanfaatkan keunggulan teknologi blockchain. 

XRP juga bermanfaat untuk mengurangi biaya dan waktu transaksi keuangan global.

Gateway Mata Uang Fiat dengan Aset Digital

Manusia menggunakan mata uang fiat sebagai media jual beli. Mata uang fiat sendiri adalah mata uang yang tidak memiliki nilai intrinsik seperti uang kertas. Mata uang ini sangat rentan terhadap inflasi karena tidak memiliki nilai intrinsik. Pun demikian, faktor kemudahan membuat uang fiat ini menjadi media pembayaran utama oleh manusia.

harga koin xrp ripple hari ini

XRP dapat digunakan untuk menjadi jembatan atau gateway antara uang fiat dengan asset digital yang diperjual belikan di internet.

Tak hanya itu, XRP diciptakan agar dapat mengirimkan uang fiat secara efisien dari seluruh penjuru dunia. Proses pembayaran menggunakan XRP dapat selesai dalam waktu empat detik saja. Bayangkan dengan pengiriman jasa uang ke luar negeri konvensional yang membutuhkan waktu setidaknya 5 hari.

Skalabilitas Tinggi

Dengan kemampuan yang dimiliki XRP di atas, Sistem blockchain XRP dapat menangani 1500 transaksi per detik. Kemampuan ini hampir menyamai kemampuan Visa yang memproses 2000 transaksi per detik. 

XRP Sangat Eksklusif dan Tidak Ditambang

Jika kita mengenal bitcoin sebagai asset yang ditambang, sehingga memerlukan dukungan komputasi yang kuat dengan daya listrik yang sangat boros, XRP tidak ditambang. Dengan demikian XRP sangat ramah lingkungan. Inilah yang sering membuat XRP kerap dianggap tidak sepenuhnya compatible dengan istilah cryptocurrency. 

Satu-satunya cara untuk mendapatkan koin XRP adalah dengan cara menukarkannya dengan menambang koin jenis lain dan ditukarkan dengan XRP. Selain itu, hanya ada 5000 koin XRP yang diciptakan, berbeda dengan Bitcoin yang jumlahnya mencapai 21 juta koin.

Diakui World Economic Forum

Pada acara World Economic Forum 2020, XRP didaulat sebagai cryptocurrency yang paling relevan di dunia. Utamanya, karena beberapa bank sentral seluruh dunia pun mulai melirik mekanisme blockchain dengan mengembangkan koin digital CBDC, XRP dianggap menjadi aset kripto yang paling relevan untuk memfasilitasi CBDC nantinya dalam berbagai transaksi perbankan.

harga koin xrp ripple alternatif bitcoin

Berapa Harga XRP Hari Ini?

Dilansir dari CoinMarketCap.com, XRP diperdagangkan di harga Rp. 75.55 atau mengalami penurunan sebesar 5.21% dari hari sebelumnya. Info mengenai perkembangan harga XRP dapat dilihat di XRP Chart

Kelemahan XRP

Meski memiliki segudang manfaat, namun XRP juga memiliki kelemahan yang membuat banyak trader aset kripto tidak menyarankan XRP untuk investasi jangka panjang. XRP dianggap sangat fluktuatif, saat koin ini naik, foundernya malah menjual koin ini besar-besaran. Sehingga membuatnya sangat fluktuatif. XRP lebih disarankan untuk investasi jangka pendek atau keperluan transaksi cepat saja. 

Jika anda masih bingung seperti apa peluang XRP ke depannya atau membutuhkan informasi tambahan seputar dunia cryptocurrency, anda bisa mengunjungi kanal edukasi Indodax di Indodax Academy. Di sini, anda bisa belajar banyak mengenai teknologi blockchain, mengenal mata uang kripto serta tentunya anda bisa mulai melakukan investasi kripto.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.