Solusi Token AHA Atasi Dampak Negatif Dari Mining Bitcoin

Kegiatan penambangan Bitcoin saat ini memang sedang naik daun. Banyak yang gencar melakukan mining Bitcoin karena tergiur akan potensi keuntungannya yang besar. Akan tetapi, jarang orang yang menyadari bahwa mining Bitcoin memiliki dampak negatif terutama bagi lingkungan. Lalu, apa dampak negatif tersebut?

Apa Dampak Negatif Dari Mining Bitcoin?

Mining Bitcoin dalam bahasa Indonesia adalah penambangan uang mata digital jenis Bitcoin. Cara penambangannya menggunakan komputer untuk memecahkan soal-soal matematika yang kompleks sehingga tidak mampu diselesaikan dengan hitungan manual. Dari angka-angka matematika yang rumit tersebut, ada dua hasil yang akan didapat jika komputer berhasil memecahkan soal-soalnya. 

Pertama, dapat menghasilkan Bitcoin baru. Kedua, dapat menghasilkan jaringan transaksi Bitcoin yang aman dengan verifikasi yang ketat sehingga dapat dipercaya. Kesimpulannya adalah, mining Bitcoin atau penambangan Bitcoin harus dilakukan agar menghasilkan mata uang BTC.

token AHA cryptocurrency eco friendly

Mining Bitcoin dirilis setiap 10 menit. Di sini, miner atau penambang akan berlomba-lomba memecahkan soal matematika yang rumit tadi. Bagi penambang yang berhasil menjawabnya akan mendapat imbalan Bitcoin. Oleh sebab itu, penambang membutuhkan banyak komputer untuk membantunya memecahkan soal-soal matematika tersebut. Di sinilah letak masalahnya. Membutuhkan banyak komputer sama saja dengan membutuhkan banyak energi listrik.

Kebutuhan listrik yang super tinggi dari Bitcoin ini berdampak pada lingkungan. Jika terus menerus menggunakan listrik yang menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), maka emisi karbon yang dihasilkan juga akan meningkat. Akibatnya, terjadi pemanasan global dan berdampak pada perubahan iklim yang ekstrim.

Token AHA Sebagai Solusi Dampak Negatif Mining Bitcoin

Melihat permasalahan itu PT. Alam Hijau Anagata (AHA) hadir dengan misi pengurangan emisi karbon dengan berbagai green project atau program penghijauan yang dilakukan untuk meminimalisir kerusakan lingkungan akibat dari mining Bitcoin.  Token AHA merupakan karya anak bangsa pertama kali di Indonesia yang memiliki fokus khusus di bidang lingkungan. Token AHA diciptakan melihat dari persoalan yang ditimbulkan akibat penambangan mata uang digital.

token AHA atasi dampak buruk mining bitcoin

Visi dan Misi dari AHA terbukti dari awal token ini di launching. AHA melakukan penanaman ribuan mangrove berkolaborasi dengan yayasan Temanmu Peduli di beberapa tempat di Bali. Pertama kali pada tanggal 20 Februari 2022 di Serangan. Dilanjutkan pada tanggal 15 Maret 2022 di Buleleng dengan menanam 1000 mangrove, di Pantai Telaga Waja ditanam sebanyak 1200 mangrove pada tanggal 20 April 2022.

Selain berkolaborasi dengan yayasan Temanmu Peduli, green project token AHA ini mengajak stakeholder terkait, mahasiswa dari beberapa universitas, 10 anggota yonif raider, serta masyarakat pegiat lingkungan untuk melakukan penanaman mangrove tersebut. Kegiatan tersebut sekaligus mengenalkan bahwa ada token kripto ramah lingkungan, yaitu AHA.

Project Lain yang Diusung Token AHA 

Mendukung green project dengan nilai ekonomi berkelanjutan adalah visi dari token AHA. Visi tersebut selaras dengan slogan KTT G20 yang berbunyi ‘’Recover Together, Recover Stronger’’ dengan mendorong pertumbuhan yang people-centered, inklusi.

Oleh sebab itu, tidak hanya penanaman mangrove, green project lain yang diusung PT. AHA adalah peluang bisnis di bidang energi baru dan terbarukan. Memiliki ekonomi sekaligus menjaga lingkungan. Bisnis tersebut adalah pemasangan solar panel atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Melalui PLTS, masyarakat akan memperoleh listrik langsung dari matahari.

Selain kedua green project yang disebutkan di atas, AHA juga akan merambah ke ranah pengembangan NFT berbasis lingkungan. NFT yang akan dikembangkan berorientasi pada ekosistem hijau seperti green art NFT, membership, atau carbon certification. Masih banyak lagi green project yang akan dilakukan oleh PT. AHA. Jika kamu menyukai dunia investasi mata uang digital, namun tetap ingin menjaga lingkungan, maka token AHA adalah pilihan yang tepat. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.