Menjadi SEO-genic Untuk Blog Berumur di Mata Mesin Pencari

SEO-genic tuh apa sih? kita mungkin lebih terbiasa dengan fotogenic, yakni orang yang memiliki wajah yang potretable, disukai oleh fotografer sebagai obyek fotonya, cocok jadi model mulai dari produk perawatan muka, perawatan tubuh, maupun fashion. Kurang lebih, SEO-genic artinya memiliki asset yang membuatnya disukai oleh mesin pencari.

Pertanyaannya, bagaimana menjadikan blog kita yang udah terlanjur acak adut agar lebih SEO-able di mata mesin pencari?

Membangun blog baru yang terkonsep, tentunya lebih mudah. Blog baru bisa dikonsep dengan matang sebelum diluncurkan, bagaimana peluang dari risetnya, apa domainnya, bidang apa yang disasar, apa fokus blog baru ini, bagaimana mengatur kategori dan tag, bagaimana membuat post yang saling mendukung satu sama lain. Tapi kebanyakan dari kita, sudah cukup lama kecebur di dunia blog. Sudah bertahun-tahun dan baru sadar jika, blog kita, sama sekali tidak menarik dari sudut pandang SEO. Yasssalam

Seperti disinggung barusan, membenahi blog yang sudah berumur tentu lebih susah dibanding menata blog yang masih baru, ibaratnya mengajak belajar orang tua tentu lebih susah daripada anak-anak, orang tua sudah kebanyakan masalah sehari-hari. Hanya saja, bukan berarti hal tersebut tidak mungkin. Segala yang ada di pikiran kita itu selalu mungkin terjadi, hanya saja, apakah kita bisa menemukan jalan untuk mencapainya?

Lalu jika blog sudah berumur, bagaimana membuatnya lebih atraktif di hadapan mesin pencari?

Ada beberapa komponen yang dijadikan patokan oleh search engine untuk melihat apakah sebuah artikel layak berada di posisi teratas hasil pencarian. Jadi mari kita lihat apa yang bisa kita lakukan dengan blog kita.

1 Kecepatan website

Di jaman yang serba cepat, kita juga memerlukan kecepatan untuk dapat berkompetisi dengan kompetitor, orang yang menyewakan homestaynya online dengan mengandalkan whatsapp tentu akan kalah saing dengan mereka yang menggunakan jasa online travel agency untuk mendapatkan penyewa. OTA, menyediakan semua fitur mulai dari foto homestay, fasilitas, harga dan juga availabilitynya secara langsung sesaat setelah calon penyewa melakukan pencarian property disana. Sebuah tombol pesan sekarang ada di halaman yang sama untuk memancing terjadinya Call to Action saat itu juga. Bandingkan dengan menggunakan whatsapp, alurnya pasti jauh lebih lama dari mulai menanyakan soal ketersediaan hingga memutuskan deal.

Sama halnya dengan penyedia penginapan, kita juga harus mampu memberikan kecepatan kepada pengunjung. Caranya adalah dengan memastikan website kita mampu segera tampil di layar pengguna. Semakin lama loading sebuah blog, semakin sulit juga bagi blog itu memperoleh pengunjung. Pengunjung yang tahan dengan loading blog yang lama, berarti adalah orang yang benar-benar membutuhkan informasi di dalamnya. Tapi berapa banyak dari kita yang memiliki konten yang sangat unik, berbeda dan benar-benar dibutuhkan pengguna?

Pernah menghitung lama loading blog kalian? Kalian bisa menggunakan situs GTMetrix.com, GooglePagespeed maupun webpagetest.org untuk menghitung lama loading blog kalian dan bagaimana cara mempercepat loadingnya.

Menjadi SEO-genic Untuk Blog Berumur di Mata Mesin Pencari 1

Pada gambar di atas kita bisa melihat laporan kecepatan GTMetrix. Pagespeed dan YSlow adalah dua parameter yang dihitung di situs ini. Di bawahnya, ada rekomendasi apa yang perlu kita lakukan terhadap blog kita. Jika anda adalah blogger yang menggunakan WordPress dan Hosting Indonesia, selamat. Karena WordPress memiliki belasan plugin untuk memudahkan masalah teknis seperti melakukan minify javascript, css, html, dan lain sebagainya. Sementara user blogspot harus melakukannya dengan manual. Tapi pada prinsipnya, kecepatan blog itu turun dikarenakan beberapa hal

  1. Javascript – berupa kode iklan dan kode analytics
  2. CSS – pengatur layout web
  3. Media – gambar dan vidio
  4. Animasi – pop up atau widget interaktif
  5. Expired header – lama waktu sebuah cache disimpan di perangkat klien

Gunakan template yang ringan, kurangi penggunaan javascript dan widget animasi yang tidak perlu dan pastikan ukuran file media kita tidak besar. Resolusi untuk gambar sebenarnya cukup di 800 pixel saja, kecuali jika anda adalah seorang fotoblogger yang butuh mengunggah konten beresolusi tinggi. Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan layanan cloud hosting dari Qwords yang lebih powerfull dan cepat dibanding share hosting biasa. Oh ya jika kalian pengguna CMS wordpress, Qwords juga punya wordPress Hosting yang emang dihadirkan secara khusus untuk mendongkrak performa blog berbasis wordpress.

Emang apa sih keunggulan WordPress Hosting di QWords dibanding shared hosting biasa?

  1. Lebih scalable, karena file kita tidak ditempatkan di satu server saja, maka ketahanan blog terhadap high traffic semakin tinggi
  2. Menggunakan SSD drive sehingga akses data lebih cepat dibanding server yang menggunakan piringan hardisk
  3. Dukungan Cloudflare, nah ini selain penting buat mengamankan server, juga membuat akses yang lebih mudah karena cloudflare memiliki fitur cache di berbagai belahan dunia. Mana cache yang lebih dekat dengan user, dialah yang akan melayani
  4. CloudPOP untuk menambah kecepatan WordPress
  5. HTTP2 peningkatan efisiensi pengiriman data dengan mengurangi latency pada saat pemformatan data tx/rx dari server dan klien

2 Tampilan Clear

Punya website dengan belasan iklan dan widget menempel disana sini tentu tidak nyaman dan mengganggu, pengunjung tidak akan suka dengan jejalan iklan yang tiba-tiba muncul dalam bentuk pop up seperti memaksa like fb page, memaksa klik iklan, begitu sudah diklik, halamannya mendadak refresh dan pop up muncul kembali. Ya ada blogger yang semenyebalkan ini diluar sana, melakukan automatic refresh untuk menambah jumlah PV sekaligus memaksa terjadinya klik iklan berulang. Hal tersebut juga tidak disukai oleh Google, iklan melayang semacam itu sebenarnya diharamkan Google. Google juga menghitung text to html ratio, dimana semakin banyak coding yang ada di halaman tersebut, diindikasikan sebagai website spam.

worst blog design layout
Bayangkan jika kalian memiliki ribuan produk dan menampilkannya langsung pada pembaca, mereka tidak akan suka

Memiliki tampilan yang bersih akan memudahkan pengunjung untuk mencari navigasi dan membaca tulisan kita.  Layout yang simple selain cepat diload, juga akan lebih memanjakan mata pengunjung. Lho apa gak kebalik? Yep tidak. Karena dengan tampilan yang simpel, mata akan lebih nyaman untuk membaca artikel demi artikel. Bayangkan dengan tampilan web di atas?

Gunakan background yang terang, warna putih tetaplah warna terbaik untuk background blog kita karena menawarkan warna kontras yang paling nyaman untuk membaca. Gunakan juga font bertipe san-serif yang lebih nyaman. Font sans-serif berarti yang tidak menggunakan ulir di bagian ujungnya ya. Type serif emang lebih indah karena punya sisi artistik tetapi untuk kepentingan kenyamanan membaca lebih nyaman tipe sans.

Menjadi SEO-genic Untuk Blog Berumur di Mata Mesin Pencari 2
Gunakan template responsif yang bisa mengikuti ukuran layar pengunjung

Template yang kita gunakan sebaiknya juga merupakan template yang responsif. Mengingat sekarang ini user kita tidak hanya bermodal PC/Laptop tetapi juga tablet dan juga smartphone. Kemampuan template membaca user agent dan menampilkan halaman blog kita sesuai dengan tipe layar pembaca mutlak diperlukan. Lebih nyaman dan tidak mempersulit pengunjung memperoleh informasi lebih cepat dari blog kita.

3 Sub Heading/List

Membagi satu tulisan 1000 kata menjadi beberapa sub heading memiliki keunggulan dibanding membaca 1000 kata tanpa sub heading. Pemecahan sub bahasan ini memungkinkan pengguna melakukan rehat mata sejenak dari membaca tulisan di layar smartphone. Keunggulan berikutnya, sub heading membantu search engine memahami apa sih sebenarnya isi dari tulisan kita?

Jadi sebenarnya, pada saat melakukan pengindexan, ada dua cara yang digunakan oleh googlebot. Pertama adalah dengan melihat meta yang ada di halaman tersebut, dan juga indexing secara penuh. Cara pertama memungkinkan pengindexan terjadi secara cepat, dan memang ini yang lebih didahulukan Google. Karena itu, jika struktur meta kita bagus, mulai dari pemberian heading, description, keywords, maupun penggunaan list udah bagus. Akan lebih memudahkan bot menangkap isi artikel kita lebih baik dari artikel kompetitor.

Setiap orang memiliki ketahanan membaca paragraf panjang, apalagi jika isinya berupa daftar yang sebetulnya bisa ditampilkan lebih nyaman dengan menggunakan list.

Menjadi SEO-genic Untuk Blog Berumur di Mata Mesin Pencari 3

Selain sub heading, list dapat membantu website kita tampil lebih dominan di hasil pencarian Google, gambar di atas menunjukkan jenis-jenis ERP software yang digunakan di Dubai. Hasil tersebut nampak lebih superior dibanding kompetitor lainnya. Google hanya akan memberikan satu slot untuk hasil pencarian semacam ini, dan masih banyak blogger yang tidak menggunakan list dalam artikelnya.

4 Kurasi

Manusia yang baik adalah mereka yang selalu memperbaiki diri, selalu begitu dari waktu ke waktu, begitu juga dengan konten blog kita. Beberapa konten blog mungkin ditulis beberapa tahun yang lalu dan masih relevan hingga hari ini, kita bisa menambahkan update di artikel tersebut, Misalnya kita pernah menulis tentang 10 tempat wisata Jogja 2 tahun yang lalu, apa saja yang bisa kita tambahkan disana?

  1. Wahana terbaru
  2. Harga tiket saat ini
  3. Transportasi Publik yang bisa digunakan
  4. Fasilitas

Mengapa kita perlu memperbaiki konten lama? Karena konten lama sudah aged, sudah dikenal mesin pencari dan semakin ia diperbarui semakin disukai oleh mesin pencari. Btw tahukah kalian jika tidak sedikit blogger yang sudah memiliki rencana posting untuk sepuluh tahun ke depan? Mereka bahkan sudah memiliki konten untuk mengantisipasinya, memangnya konten seperti apa sih yang mereka siapkan? Coba deh simak gambar di bawah ini

persiapan kalender 2020

Perhatikan keyword abadi yang akan segera meledak ini? Jika kalian memiliki kontennya sekarang, minimal untuk kata kunci yang tahun depan, ada kemungkinan peningkatan hingga dua juta traffik ke blog kalian. btw anyway busway itu jumlah traffik pencarian sebulan ya? Bayangin aja kalian bisa nongkrong di nomor satu?

One Comment

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.