Pasar Beringharjo Solusi Belanja Berbagai Keperluan

Pasar Beringharjo adalah salah satu pasar tradisional yang pertama kali menjual berbagai kebutuhan dan sangat populer di kota Yogyakarta. Pasar tersebut menyajikan berbagai kebutuhan primer dan tersier hingga berbagai oleh-oleh dan barang-barang antik. Meskipun sudah lama berdiri, namun pasar ini menjadi pusat kegiatan ekonomi yang tidak pernah mati serta mengikuti tren masa kini.

Meskipun sudah lama berdiri, namun fungsi Pasar Beringharjo masih menjadi pusat kegiatan ekonomi yang mengikuti tren pasar masa kini. Apalagi saat ini Pasar Beringharjo juga menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal.

wisata jogja belanja oleh-oleh tradisional di pasar beringharjo

Saat memasuki pasar tersebut anda akan melihat gaya bangunan depan pasar yang tampak megah dengan arsitek campuran Jawa dan Belanda. Untuk menyamakan dengan bangunan keraton, pasar ini diwarnai dengan cat warna hijau dan kuning. Setelah memasuki kawasan pasar, anda akan menjumpai berbagai pedagang yang menjajakan dagangannya, mulai dari batik, kuliner, souvenir dan lain sebagainya.

Dibandingkan dengan pasar lain, harga yang ditawarkan sangat terjangkau mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Namun untuk mendapatkan harga paling murah, anda harus pintar menawar karena terkadang harga yang diberikan jauh dari harga sebenarnya. Sebaiknya anda membawa orang Jogja asli agar bisa mendapatkan belanjaan dengan harga yang terjangkau.

Harga Tiket Pasar Beringharjo

Ada apa saja di artikel ini?

jual cinderamata jogja oleh-oleh gantungan kunci

Harga tiket pasar Beringharjo ini gratis alias tidak dipungut biaya apapun untuk masuk dan berbelanja sepuasnya. Anda hanya perlu membayar barang sesuai dengan harga yang disepakati antara penjual dan pembeli. Sedangkan jika anda menggunakan kendaraan pribadi anda akan dikenakan biaya retribusi parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor. Sedangkan untuk kendaraan mobil roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 saja.

Lokasi

pasar beringharjo pusat oleh-oleh wisata jogja

Pasar Beringharjo terletak sangat strategis dibandingkan dengan pasar-pasar lainnya. Pasalnya, pasar ini berada dekat dengan beberapa destinasi wisata yang populer, seperti Malioboro, Nol Kilometer, Taman Pintar dan lain sebagainya. lokasi pasar ini berada tepat di sebelah utara Benteng Vredeburg atau berada di depan Istana Negara yang menjorok ke utara. Untuk lokasi tepatnya, pasar ini berada di jalan Malioboro, Ngupasan Kecamatan Gondomanan Yogyakarta. So, buat kamu – kamu yang ingin berwisata di Jogja, dapat menggunakan jasa paket wisata jogja dari https://tripjogja.co.id.

Jam Buka

cinderamata khas jogja

Untuk mengunjungi dan berbelanja di Pasar Beringharjo ini, anda bisa berkunjung dari pukul 07.00 pagi hingga 16.00 saja. Namun jika anda berkunjung pada hari libur  panjang, pasar Beringharjo buka hingga pukul 19.00.

Fasilitas

Dibandingkan dengan wisata Jogja dan  pasar lainya di Yogyakarta, pasar Beringharjo memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap. Hal Ini sangat wajar karena pasar Beringharjo adalah pasar tertua yang berada di kota ini. untuk fasilitas yang ada di pasar Beringharjo diantaranya adalah sebagai berikut:

  1.     Sebagai sentra pasar yang menjual pakaian dan bahan batik
  2.     Sebagai sentra pasar yang menjual aksesoris dan pakaian tradisional
  3.     Sebagai sentra pasar yang menjual baju, tas sepatu dan fashion kekinian
  4.     Sentra pasar yang menjual kebutuhan primer
  5.     Wisata kuliner khas tradisional kota Yogyakarta
  6.     Papan Informasi dan petugas keamanan
  7.     Toilet
  8.     Tempat sampah
  9.     Tempat parkir yang luas
  10. ATM center

Di Sekitar pasar Beringharjo juga terdapat banyak tukang becak yang bisa anda jadikan sebagai transportasi untuk berkunjung ke tempat wisata lainya.

Pasar Beringharjo menjadi salah satu pasar yang tradisional yang bersejarah dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. seringkali wisatawan berkunjung untuk berbelanja dan memborong oleh-oleh untuk keluarga dengan harga yang terjangkau. 

BACA JUGA:   Buku: Kitab Yang Omong Kosong

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.