Inilah 5 Manfaat Investasi di Usia Muda yang Perlu kamu Ketahui

Berbicara tentang masa depan, tentu saja banyak hal yang harus dipersiapkan sejak dini, salah satunya yaitu masalah keuangan. Agar masa depan menjadi lebih mapan secara materi, banyak anak muda yang mulai menabung dan mengurangi gaya hidupnya yang terlampau mewah. Selain itu, ada juga anggota masyarakat yang sudah mulai melakukan investasi di usia muda.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini siapa saja bisa dengan mudah melakukan investasi. Investasi merupakan salah satu cara untuk penempatan uang atau dana dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau tambahan dari dana tersebut. Saat ini, banyak jenis investasi yang bisa kamu gunakan, seperti investasi emas, properti, peer-to-peer lending, saham, reksadana, dan masih banyak lagi. 

Manfaat Investasi di Usia Muda 

manfaat investasi di usia muda

Dengan adanya berbagai jenis penempatan dana tersebut, maka manfaatnya pun tentu saja tidak diragukan lagi khususnya bagi anak muda. Lalu, apa saja manfaat melakukan investasi yang bisa kamu dapatkan? Simak ulasannya di bawah ini.

1 Belajar perencanaan jangka panjang 

Salah satu manfaat yang didapatkan dalam melakukan investasi sejak muda yaitu kamu bisa belajar perencanaan untuk jangka panjang. Hal ini tentu saja harus dilatih sejak dini agar di masa depan kamu tidak lagi bingung mengatasi persoalan keuangan. Agar menghasilkan keuntungan di masa depan, tentu saja kamu harus mempersiapkan perekonomian yang matang. Apa yang kamu tanam hari ini, itulah yang akan dituai di kemudian hari.

2 Nilai aset dan keuangan akan semakin meningkat

Manfaat kedua yang bisa kamu dapatkan yaitu meningkatnya nilai aset dan juga keuangan. Aset yang dimaksud tidak hanya berupa gedung atau properti, tetapi juga uang yang disimpan sebagai dana investasi. Jika terus disisihkan, maka dana tersebut akan semakin banyak, sehingga kamu bisa memiliki kekayaan sejak usia muda untuk bekal masa depan nanti.

3 Merdeka dalam hal finansial

Memiliki kebebasan secara finansial tentu membuat seseorang menjadi lebih tenang dalam hidupnya. Kamu bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari bahkan untuk kebutuhan yang bersifat tersier tanpa harus bekerja lebih keras. Aset yang kamu investasikan bisa membuat rekening bertambah, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan kondisi keuangan saat ini maupun di masa depan.

4 Terhindar dari inflasi

Setiap Negara tentu pernah mengalami inflasi. Apa itu inflasi? Inflasi adalah penurunan daya tawar mata uang terhadap produk yang sama di masa depan, logika mudahnya begini, dulu waktu kita masih kecil, sebutir permen dihargai Rp. 100 saja, sedangkan saat ini harga permen sudah menjadi Rp. 500 per biji. Artinya, jika kita memiliki uang lima ratus rupiah di masa lalu, kita bisa memiliki 5 buah permen, tetapi dengan kurs saat ini, kita hanya mampu membeli satu buah permen saja.

Bayangkan kita ingin menyiapkan dana pendidikan anak kita 20 tahun ke depan, uang seratus juta rupiah saat ini mungkin bisa digunakan untuk mendanai kuliah anak kita dari mulai masuk hingga lulus kuliah. Masalahnya, apakah uang seratus juta tersebut masih cukup digunakan untuk membayar biaya kuliah 20 tahun mendatang?

BACA JUGA:   Rencanakan masa depanmu bersama Astralife

Nah, Indonesia termasuk salah satu Negara yang mengalami inflasi cukup tinggi. Hal tersebut tentu saja sangat mempengaruhi masalah perekonomian khususnya dalam hal jual beli yang berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Secara umum, rasio inflasi pertahun adalah sekitar 5-7%, maka kita tidak cukup hanya menabung saja, karena bunga tabungan pertahun hanya di kisaran 2% saja. Instrument investasi (reksadana, emas, dll) memiliki ketahanan lebih terhadap inflasi. Oleh karena itu, investasi di usia muda bisa menjadi salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya inflasi.

5 Menyiapkan masa depan yang cerah

Jika usia sudah tidak lagi muda, tentu saja produktivitas pun akan berkurang. Jika kamu berinvestasi saat masih muda, maka masa depan kamu akan lebih cerah. Nantinya, kamu tidak perlu bekerja sangat keras untuk bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, kamu bisa lebih menikmati hidup bersama pasangan dengan berjalan-jalan melintasi berbagai Negara. Hal seperti ini tentu saja bisa didapatkan jika kamu mulai bergerak untuk melakukan investasi.

Itulah beberapa manfaat melakukan investasi di usia muda yang perlu kamu ketahui. Jika kamu berminat untuk melakukan investasi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba investasi reksadana dari layanan Ajaib. Ajaib sendiri adalah platform investasi yang berada di dalam pengawasan OJK. Cara investasinya pun terbilang ringan untuk anak muda, mulai dari 10.000 saja, kamu sudah bisa berinvestasi secara aman dan nyaman. Jadi balik lagi seperti kata Opa Warren Buffet di atas, wise man once said invest young. Yuk, kunjungi websitenya sekarang juga!

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

BACA JUGA:   Memilih Produk Asuransi Pertama Untuk Keluarga

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.