Pengalaman Melakukan Pendanaan Online di P2P Lending Akseleran

Selama satu tahun terakhir ini aku mendaftarkan diri di platform pendanaan online Akseleran, awalnya sih sekedar iseng saja untuk memisahkan portofolioku saja, prinsipnya jangan menaruh telur dalam keranjang yang sama.

Platform Akseleran sendiri merupakan startup fintech P2P Lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, dimana sistem kerjanya mempertemukan antara pelaku usaha UMKM yang membutuhkan modal dengan kita sebagai pemilik modal.

Mengingat permodalan biasanya membutuhkan dana yang cukup besar, maka sistem P2P Lending atau dikenal juga dengan istilah crowdfunding adalah win-win solution untuk masyarakat pemilik modal, para pelaku usaha dan UMKM bisa memperoleh modal dengan cepat, sementara pemilik modal bisa segera mendapatkan bagi hasil dari peminjaman online yang dilakukan tanpa harus mempersiapkan modal yang besar.

Keunggulan Akseleran Sebagai P2P Lending UMKM

Platform Akseleran sendiri merupakan platform pendanaan yang memiliki reputasi baik dan tentunya memiliki berbagai keunggulan sebagai platform pilihan pendanaan online yang bisa kamu gunakan sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan bunga.

Merupakan Startup Resmi dan Diawasi OJK

Akseleran, merupakan startup resmi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK, sehingga segala penyelenggaraan transaksi keuangan di Akseleran untuk pendanaan online dan pinjaman UMKM tunduk pada peraturan perundang-undangan.

Telah Tersertifikasi ISO 27001

Sertifikasi ISO 27001 adalah sertifikasi Information Security Management, dimana data-data terkait peminjam, dan pemberi pinjaman telah diamankan dengan standar resmi internasional. Sertifikasi ini merupakan jaminan keamanan Akseleran untuk para pihak yang menggunakan Akseleran sebagai solusi pendanaan online maupun solusi peminjaman UMKM.

Member AFPI

pendanaan online akseleran peminjaman umkm

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) merupakan asosiasi startup financial technology yang resmi dan memiliki legal standing serta hanya bisa diikuti oleh startup fintech yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Akseleran merupakan member dari AFPI dan sering bekerjasama dengan AFPI guna memberikan edukasi seputar teknologi informasi dan peluang pendanaan online.

Nilai TKB90 Hampir Sempurna

Nilai TKB90 merupakan ukuran untuk penyelenggara jasa peminjaman online yang memiliki ukuran tingkat keberhasilan bayar selama 90 hari setelah jatuh tempo. Artinya misal pelaku UMKM gagal memenuhi pinjaman jatuh tempo lebih dari 90 hari, maka akan menurunkan angka TKB90 dari Akseleran.

Semakin tinggi nilai TKB90, semakin aman juga sebuah fintech P2P Lending, dan tentunya kita semakin prudent untuk melakukan pendanaan online disana.

Selama satu tahun menggunakan Akseleran, hanya dua tiga kali informasi mengenai keterlambatan pembayaran terjadi dari sekitar 259 pendanaan yang aku lakukan selama satu tahun ini. Jadi nilainya masih dibawah 1%, dan di TKB90 Akseleran sendiri nilainya 99.40% dengan TKB total 99.94%, artinya dalam kurun waktu satu tahun hanya 0.6% pendanaan yang tidak tertagih.

Dilindungi Asuransi

Salah satu alasan mengapa aku menggunakan Akseleran sebagai platform P2P Lending yang aku gunakan adalah adanya fitur perlindungan asuransi. FYI, mostly campaign pinjaman UMKM di Akseleran menggunakan logo 99% proteksi asuransi. Jadi misal terjadi gagal bayar, nanti uang kita tetap aman karena tercover oleh asuransi.

Data Peminjaman Jelas

Yang aku suka, di Akseleran kita bisa melihat tujuan penggalangan dana, bentuk jaminan dan agunan, identitas usaha, highlight keuangan satu tahun terakhir dari perusahaan/UMKM peminjam, jadwal angsuran serta history pinjaman. Misal ada hal yang tidak sesuai dengan parameter kita, kita bisa memilih tidak memberikan pendanaan disana.

Fitur Auto Lending

Ini adalah fitur yang paling aku suka di Akseleran, kita bisa mengatur fitur auto lending, dimana kita menetapkan beberapa parameter, seperti bunga yang kita harapkan, lama tenor peminjaman, kategori resiko usaha, ada tidaknya proteksi asuransi, berapa nilai auto lending yang akan kita pinjamkan dll.

Fitur auto lending ini akan bekerja secara otomatis, 24 jam tanpa perlu diawasi. So, kita gak perlu sering mengecek apakah ada campaign pendanaan baru tidak di Akseleran, Auto Lending akan segera memberikan pinjaman pada campaign yang sesuai dengan parameter kita.

Just info, fitur auto lending ini membantuku lebih dari 180 kali pendanaan di Akseleran secara otomatis, dan hampir semuanya sesuai target pengembalian pinjaman.

Akseleran akan secara rutin memberitahukan pada kita jika fitur auto lending telah memberikan pendanaan secara otomatis via email. Enak banget tinggal cek email doang, semuanya udah otomatis.

Imbal Hasil

aplikasi pendanaan online akseleran

Gimana nih dengan imbal hasil di Akseleran? Jika kita bicara mengenai imbal hasil, nilai imbal hasil Akseleran rata-rata 12%, lebih tinggi dari nilai inflasi yang berkisar 10%, jadi jika kamu ingin mendapatkan manfaat keuangan dari uang kamu dengan melakukan pendanaan online di internet, saran aku kamu bisa banget make Akseleran

Cara Mendaftar Akseleran

Untuk mendaftar di Akseleran caranya mudah banget kok

  1. Daftarkan diri kalian di website resmi Akseleran.co.id atau unduh apps Akseleran yang bisa kamu dapatkan di Google Playstore
  2. Buka Apps Akseleran atau web Akseleran dan pilih daftar
  3. Masukan data diri kamu
  4. Gunakan kode referral AKSLPRIYO400621, tanpa kode ini, kalian tidak akan memperoleh free deposit Rp. 100.000 di akun Akseleran kalian, hmmm sayang banget kan?
  5. Oh ya kamu nanti akan diminta membuka Rekening Dana Lending (RDL) nantinya akan dibantu sama tim Akseleran kok, mengingat dulu aku juga ada issue terkait tanda tanganku di KTP yang ya gitu deh tercetak berbeda dengan tanda tanganku biasanya.
  6. Dana Referral yang kamu dapatkan dari kode referal diatas, wajib dipinjamkan ke dalam campaign yang ada di Akseleran terhitung kurang dari 7 hari setelah mendaftar di Akseleran agar bisa memberikan manfaat buat kamu
  7. Kode referral ini hanya bisa kamu gunakan satu kali aja.

Cara Setup Auto Lending di Akseleran

Biar kamu lebih enak dalam melakukan pendanaan online kamu bisa langsung setup auto lending di Akseleran. Caranya gampang banget.

  1. Buka apps Akseleran di hp kamu
  2. Klik tiga titik sebelah kanan bawah pilih Auto Lending
  3. Di halaman Auto Lending klik tombol + untuk membuat Auto Lending baru
  4. Beri nama auto lending, atur konfigurasinya
    1. atur limit pendanaan atau diset tanpa limit juga bisa
    2. pilih opsi proteksi asuransi
    3. masukan nilai bunga minimum yang kamu harapkan
    4. Masukan nilai bid kamu per campaign peminjaman UMKM
    5. Pilih tenor peminjaman
    6. Pilih jenis industri
    7. Pilih opsi dan jenis agunan/jaminan
  5. Klik setup auto lending
  6. Auto lending kamu akan segera berjalan jika ada campaign peminjaman baru yang sesuai kriteria auto lending kamu.

So saving time banget buat kamu yang sibuk dengan berbagai urusan dan pekerjaan kamu tapi tetap ingin terus aktif melakukan pendanaan online. So buat kamu yang bingung mo pilih pendanaan apa? Pilih Akseleran aja.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.