Belajar Bisnis Online Affiliate Marketing

Di masa pandemi ini, banyak orang-orang dan bahkan mungkin orang terdekat kita harus terkena pemutusan hubungan kerja. Yah, pandemi telah memukul banyak sektor kehidupan, sehingga perusahaan mulai berpikir mengurangi biaya untuk mengurangi efektifitas, salah satu caranya adalah dengan merasionalisasi jumlah karyawan yang bekerja di perusahaan.

Dengan hilangnya sumber penghasilan, mau tidak mau kita pun harus terus berusaha memenuhi kebutuhan keluarga. Bisa dengan melamar kerja di tempat lain, namun, tentu saja, mencari kerja sekarang ini jauh lebih sulit, karena faktor terjadinya penurunan daya beli yang berimbas pada berkurangnya demand dari masyarakat. Salah satu cara yang mungkin bisa kita lakukan adalah dengan berwirausaha.

Banyak pilihan berwirausaha yang bisa kita lakukan, mulai dari menjual kebutuhan masyarakat sehari-hari seperti warung makanan atau menjual produk yang sedang diburu masyarakat seperti masker maupun hand sanitizer. Tapi, membuka usaha, tentu saja membutuhkan modal yang tidak sedikit, sementara sumber penghasilan kita justru terganggu sejak pandemi Covid masuk ke Indonesia awal Maret lalu. Rasanya sudah jatuh tertimpa tangga, namun sebenarnya ada lho cara berjualan tanpa modal. Ah serius? Yup serius banget.

Saat ini kita tentu sudah paham dengan istilah bisnis online, ibu-ibu rumah tangga menjajakan berbagai kebutuhan hidup lewat social media maupun jejaring whatsapp, atau menjualnya di toko-toko online. Kembali lagi, bagi beberapa orang, permasalahannya adalah di modal. Lalu bagaimana dong solusinya? Nah solusinya adalah affiliate marketing.

belajar jualan di instagram

Jika kita mendengar istilah affiliate marketing, mungkin kita akan sedikit berkernyit, ya jika dibanding bisnis online lain, istilah ini memang kurang begitu familiar, namun pada dasarnya banyak orang yang menerapkan bisnis online affiliate marketing ini di sekitar kita, hanya saja tidak menggunakan istilah tersebut.

Apa Yang Dimaksud Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah metode penjualan produk dengan memanfaatkan jasa orang lain untuk melakukan penjualan produk. Pemilik produk akan memberikan persentase dari produk yang berhasil dijual oleh orang lain tersebut. Terdengar familiar bukan? Kita mungkin sering melihat sendiri di sekitar kita, saat kerabat kita menawarkan barang dagangan milik temannya pada kita. Kemudian ia akan mendapatkan komisi dari transaksi yang berhasil diselesaikan.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Untuk memperoleh penghasilan dengan teknik afiliasi, seseorang harus mengikuti sebuah link rujukan yang memuat kode referal kita untuk melakukan transaksi pembelian. Saat pembeli menyelesaikan transaksi pembelian, maka kita akan mendapat persentase dari harga barang yang ditawarkan sebagai fee karena orang tersebut melakukan pembelian lewat saran kita.

Cara kerja bisnis online affiliate marketing Indonesia
gambaran cara kerja affiliate marketing

Keuntungan Affiliate Marketing Apa Sih?

Teknik marketing semacam ini memiliki banyak keunggulan baik untuk produsen, affiliate marketer, ataupun konsumen. Di sisi produsen, produk mereka bisa menjangkau ke pasar yang lebih luas, termasuk tidak menutup kemungkinan mendapat peluang di segmen market berbeda karena keberadaan si affiliater. Affiliate marketer ini bisa seorang blogger, youtuber, selebgram maupun person yang memiliki komunitas tersendiri. Keberadaan seorang affiliate marketer bisa membantu memperkenalkan produk kepada komunitas masing-masing.

Menjadi seorang affiliate marketer, juga merupakan solusi untuk affiliate marketer itu sendiri lho. Lha kok bisa?

Hambatan Yang Umum Dijumpai Orang Ingin Memulai Bisnis

L6 Ch1 L6 Voc 3 CR

Jadi gini deh, terkadang kita ingin memulai memiliki bisnis sendiri, tapi kita memiliki banyak sekali hambatan misalnya

  • keterbatasan modal
  • tidak punya pengalaman
  • tidak tahu cara mendapatkan supply
  • belum pernah memasarkan produk
  • takut gagal

Dan masih banyak keterbatasan lain yang mungkin membuat kita takut memulai bisnis online. Dalam sistem bisnis online affiliate marketing, bisa dibilang semua sudah disiapkan.

Mengapa Harus Affiliate Marketing?

  1. Produk sudah siap sedia, tidak perlu pusing memikirkan bahan baku. Karena produk sudah ready
  2. Tidak perlu mengirimkan barang sendiri
  3. Tidak repot mencari segmen, karena produk yang dibuat tentunya sudah memiliki target market sendiri

Yang harus kita lakukan adalah bagaimana caranya agar kita bisa menjual produk tersebut ke pasar. Nah soal ini balik lagi kepada kreatifitas masing-masing agar produk yang kita tawarkan bisa terjual.

Lalu Bagaimana Cara Memulai Berjualan dengan Affiliate Marketing?

bisnis online affiliate marketing indonesia

Oke, jika sudah punya gambaran tentang cara kerja affiliate ini, dan tertarik. Pertama kita harus memiliki blog/website. Lha kenapa harus pake blog / website? Blog digunakan sebagai channel kita berjualan. Kita bisa memanfaatkan penyedia layanan blogger atau wordpress untuk membuat blog kita. Setelah selesai membuat website kita bisa mulai dengan mendaftarkan diri ke situs Affiliate Marketing Indonesia.

Cara Mendaftar di Situs Affiliate Marketing Indonesia

  1. Buka situs Affiliate Marketing Indonesia.
  2. Daftarkan diri kamu sebagai publisher karena kamu akan membantu promosi jualan
  3. Pilih opsi Individual
  4. Pilih opsi country Indonesia
  5. Isikan kolom url blog dan nama blog kita
  6. Isikan username kita juga disana
  7. Setelah pendaftaran kita akan dihubungi via email untuk melakukan aktivasi pembuatan akun publisher
  8. Klik link aktivasi dan akun kalian sudah aktif

Cara Mulai Menjual Produk Lewat Afiliasi

Untuk bisa menjual produk lewat afiliasi ikuti langkah-langkah berikut

  1. Login ke situs affiliate marketing Indonesia
  2. Jawab pertanyaan seputar blog/website yang kamu daftarkan
  3. Pilih menu Campaign, ada pilihan Available Campaign, Affiliated Campaign, serta Recommended yang bisa kita pilih
  4. Pilih campaign yang ditawarkan dan bisa kita promosikan di blog kita
  5. Copy kode campaign ke dalam artikel/sidebar pada blog kita
  6. Selalu update dan perbanyak artikel blog kita untuk memperbanyak pengunjung ke blog kita

Mekanisme Komisi

Ada dua jenis komisi yang bisa kita dapatkan dengan mendaftar sebagai member bisnis online affilate marketing Indonesia, yang pertama disebut sebagai Call To Action (CTA) yakni kita akan mendapatkan komisi saat orang yang kita arahkan, melakukan pembelian produk. Kemudian yang kedua adalah Cash Per Click (CPC) yang ini lebih mudah karena setiap orang yang mengikuti link kita, entah melakukan pembelian atau tidak, maka kita sudah mendapatkan komisi. Tentu saja, komisi CTA umumnya lebih besar dari CPC. Tapi yang terpenting adalah bagaimana bisa mengkombinasikan keduanya agar memberikan hasil maksimal pada kita sebagai affiliate marketer

proses pengajuan kredit digibank kta

Semakin banyak pengunjung yang datang dan membaca blog kita, maka semakin besar pula kesempatan orang melakukan pembelian lewat kode campaign kita. Tak perlu takut harus memulai usaha tanpa modal di masa pandemi ini, karena sebenarnya, banyak sekali peluang bisnis online yang bisa kita maksimalkan untuk menambah penghasilan kita. Tertarik?

 

 

 

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.