Perbedaan Asuransi All Risk dan TLO untuk Mobil Kamu

Di dalam dunia asuransi, kita mengenal jenis asuransi kendaraan, misalnya asuransi all risk dan TLO. Ya asuransi kendaraan juga ada lho, jadi asuransi bukan terbatas pada asuransi jiwa dan kesehatan saja. Nah sekarang kita mau coba bahas apa sih perbedaan asuransi All risk dan TLO, tapi sebelumnya kita simak kenapa kamu perlu punya asuransi mobil.

Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil

Asuransi, merupakan sebuah instrumen keamanan, untuk mengurangi resiko saat terjadi sebuah kondisi dalam kehidupan kita. Baik itu asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan maupun kendaraan. Sama hal nya seperti asuransi lain, kendaraan juga memerlukan asuransi, dalam hal ini kita bahas asuransi mobil.

Penting gak sih punya asuransi mobil?

Mengamankan Aset Kendaraan

asuransi all risk sinarmas

Kita tahu, bahwa kita berkendara menggunakan fasilitas publik berupa jalan. Di jalan, ada berbagai tipe karakter orang, ada yang sabar, ada yang tidak sabaran, ada yang ceroboh, ada yang mengantuk. Tidak semua orang se-aware kita saat berkendara. Oleh karenanya, memiliki asuransi mobil dapat memberikan perlindungan seandainya terjadi apa-apa pada kendaraan kita.

Menghindari Cekcok Akibat Masalah di Jalan Raya

Saat terjadi kecelakaan yang sifatnya ringan, seperti motor terserempet, terjatuh akibat tersenggol kendaraan lain, dan tidak sampai mengalami luka serius, biasanya yang terjadi selanjutnya adalah cekcok. Beberapa bahkan malah berakhir dengan baku hantam sampai akhirnya harus di BAP di kepolisian.

Penyebabnya adalah setiap orang merasa dirinya benar dan berharap pihak lain menanggung ganti rugi kerusakan kendaraannya. Nah daripada ribut masalah beginian, mending banget kalo kedua belah pihak sudah punya asuransi kendaraan, gak ada tuh cerita baku hantam cuma gara-gara serempetan di jalan. Karena semua sudah ditanggung oleh asuransi.

Menghindari Kerugian Akibat Kehilangan/Tidak dapat dipakai

Dalam kasus yang berat, mobil kita bisa saja hilang dicuri, tenggelam, atau hancur karena kecelakaan berat maupun bencana alam, yang mengakibatkan mobil tersebut tidak dapat digunakan sama sekali. Asuransi bisa memberikan gantian kerugian untuk kita, setidaknya, kita masih mendapat manfaat dana dari asuransi tersebut untuk membeli mobil baru.

Perbedaan Asuransi All Risk dan TLO

Dalam dunia asuransi kendaraan dikenal istilah asuransi all risk dan asuransi TLO, sebelum kalian memutuskan untuk mengambil asuransi mobil yang mana, paling tidak kalian paham dulu scope untuk setiap jenis asuransi kendaraan ini agar tidak salah memilih.

Asuransi All Risk

Asuransi All Risk adalah asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan menyeluruh atau comprehensive, mulai dari kerusakan ringan seperti baret, penyok, maupun kerusakan besar yang menyebabkan bentuk body mobil berubah, maupun pencurian.

Setiap pertanggungan resiko tersebut akan tertulis dalam polis yang kita miliki, terkadang asuransi berjenis comprehensive ini juga memberikan perlindungan terkait force majeur, seperti bencana alam, gempa, banjir, huru-hara, dan tanggung jawab pihak ketiga jika mengakibatkan pengendara lain terluka.

Masih ingat case baku hantam tadi ya? Nah asuransi all risk ini dapat menjadi perlindungan untuk masalah tersebut, jadi misal terjadi kecelakaan dan orang yang bertabrakan dengan kita terluka dan harus dirawat, sudah ada asuransi yang membantu kita memenuhi kewajiban tersebut.

Asuransi TLO

Perbedaan Asuransi All Risk dan Asuransi TLO atau Total Loss Only adalah jenis asuransi TLO yang lebih murah dibandingkan asuransi all risk, asuransi TLO hanya akan memberikan ganti rugi jika mobil kita hilang, atau tidak dapat dipakai karena misalnya kecelakaan yang menelan biaya perbaikan hampir setara dengan harga mobil tersebut.

Asuransi TLO jelas tidak digunakan untuk mengklaim permasalahan minor seperti body penyok yang tidak memerlukan biaya besar. Meski demikian asuransi TLO ini dapat menjadi solusi untuk menghindari total kerugian seandainya mobil kita mengalami kerusakan atau hilang.

Nah sekarang kalian sudah paham apa sih perbedaan asuransi all risk dan TLO? Dari dua jenis asuransi kendaraan di atas, kamu bisa memilih asuransi mana yang paling sesuai dengan kamu, mau pilih all risk dengan biaya premi yang lebih mahal tapi menyeluruh, atau mau pake asuransi TLO yang biayanya murah dan hanya bisa diklaim saat terjadi kerugian besar?

asuransi all risk sinar mas

Biar gak ribet hitung-hitungannya, kamu bisa banget kepoin rinciannya di Asuransi Sinar Mas, asuransi satu ini udah terkenal luas dikalangan pengguna asuransi mobil. Kamu bisa dapetin perlindungan mobil kesayangan kamu dari resiko yang mungkin terjadi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.