Perbedaan SrcNAT dan DstNAT

Apa sih perbedaan SrcNAT dan DstNAT? Setelah kemarin kita membahas perbedaan NAT static dan NAT dynamic, rasanya lebih afdol kalau kita terusin belajarnya dengan membahas perbedaan antara SrcNat dan DstNat. Tapi sebelum itu biar bisa lebih enak belajarnya, kenalan dulu apa itu Src NAT dan apa itu Dst NAT.

NAT atau Network Address Translation adalah teknologi yang digunakan untuk menjembatani antara komputer yang berada di jaringan IP Private dengan perangkat IP Publik. Kedua jenis IP ini sudah pernah aku bahas di artikel tentang IP Private dan IP Public.

Mengingat ada perbedaan IP private dan IP public yang dipisahkan oleh protokol jaringan, maka agar kedua perangkat dapat saling berkomunikasi dibuatlah mekanisme NAT.

Dalam proses tugasnya, NAT sendiri dibagi menjadi SrcNAT dan DstNAT, biar lebih enak, yuk kita kenalan satu persatu.

Pengertian SrcNAT

SrcNAT (Source NAT) adalah protokol pengalihan yang dijalankan oleh router untuk paket yang berasal dari jaringan private ke jaringan publik. Dalam protokol SrcNAT, sebuah paket data akan diubah source addressnya menjadi IP publik agar bisa diterima oleh komputer tujuan.

Baca Juga: Perbedaan NAT Static Dan Dynamic

Misalnya, saat kita melakukan akses terhadap sebuah website, paket permintaan kita yang menggunakan IP lokal 192.168.x.x akan ditranslasi dengan mengubah IP lokal tersebut ke alamat IP publik. Proses pengubahan ini dikenal dengan istilah Masquerading. Oleh sebab itu saat siswa TKJ atau SIJA melakukan praktikum menghubungkan jaringan lokal dengan publik harus menggunakan metode Masquerade.

sebutkan perbedaan srcnat dan DstNat

Pengertian DstNAT

DstNAT (Destination NAT) adalah proses pengubahan alamat IP tujuan dari website/IP publik ke alamat IP komputer yang mengakses website tersebut. Tujuan DstNAT adalah agar PC lokal dapat menerima data yang berasal dari IP Publik.

Dalam DstNAT penggunaan metode yang umum adalah port forwarding, port mapping maupun penggunaan transparent proxy.

Baca Juga: Perbedaan IP Privat dan IP Publik

Perbedaan SrcNAT dan DstNAT

Setelah memahami pengertian SrcNAT dan DstNAT, selanjutnya apa sih perbedaan kedua jenis NAT tersebut? Yuk kita gunakan bantuan tabel berikut ini

perbedaan srcnat dan dstnat

Perbedaan SrcNAT dan DstNAT terletak pada cara kerja, arah paket data serta metode translasi yang digunakannya. SrcNAT bertanggung jawab di sisi jaringan Private, sementara DstNAT bertugas di bagian jaringan public.  Kedua protokol ini, SrcNAT dan DstNAT bekerja saling melengkapi satu sama lain.

Dapatkah kita membuat konfigurasi routing hanya menggunakan salah satu NAT saja? misal hanya SrcNAT atau hanya DstNAT saja? Jawabannya adalah tidak bisa. Mengingat komunikasi dalam jaringan komputer adalah komunikasi dua arah, sehingga jika komunikasi mengharuskan penggunaan protokol NAT maka, baik SrcNAT maupun DstNAT harus digunakan. Semoga hal tersebut dapat menjawab pertanyaan rekan-rekan dan siswa SMK yang sedang belajar mengenai NAT.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.