Pilihan Obat Yang Bisa Dikonsumsi Saat Sedang Nyeri Haid

Nyeri saat haid yang dirasakan oleh wanita setiap bulannya memanglah cukup mengganggu aktivitas. Terlebih lagi bagi sebagian perempuan sakit atau nyeri yang dirasakan saat haid sampai membuat dirinya tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Akhirnya jika sudah begitu dibutuhkan bantuan obat untuk meredakan rasa nyeri ayng dirasakan.

Meski begitu ternyata tidak sembarang obat nyeri bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri saat haid. Di apotek atau toko obat lainnya ada beberapa jenis obat nyeri yang memang di rekomendasikan dikonsumsi untuk wanita yang merasakan nyeri saat sedang menstruasi.

Pilihan Obat Anti Nyeri Haid

Kira – kira obat apa sajakah itu ? Berikut ini kita akan membahas beberapa obat anti nyeri yang cocok untuk meredakan nyeri saat haid atau menstruasi.

Cataflam

Cataflam ini merupakan obat Pereda nyeri yang dipercaya bisa meredakan nyeri saat haid. Didalam obat Cataflam ini mengandung Diclofenas potassium yang merupakan zat aktif yang dapat menghambat produksi prostaglandin di dalam tubuh. Prostaglandin tersebut merupakan zat yang membuat tubuh merespon terhadap rasa sakit atau nyeri yang terjadi akibat adanya luka atau benturan didalam tubuh. Dengan diberikan obat ini maka respon tubuh terhadap rasa sakit yang dirasa akan sedikit berkurang karena enzim Prostaglandinnya dihambat.

Ibuprofen

Ibuprofen juga merupakan obat yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri saat sedang haid. Cara kerja obat Ibuprofen ini juga sama dengan cara obat Pereda nyeri lainnya yang bekerja denagn cara mengurangi produksi hormone yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh.

obat pereda nyeri haid

Selain bisa untuk meredakan nyeri sakit haid ternyata obat Ibuprofen ini juga bisa untuk menurunkan demam dan juga meredakan sakit gigi dan juga nyeri di bagian persendian pada anak.

Asam Mefenamat

Asam Mefenamat ini merupakan obat yang termasuk kedalam golongan OAINS karena obat ini bersifat asam. Biasanya obat asam mefenamat ini bisa di konsumsi untuk meredakan gejala nyeri ringan sampai sedang pada tubuh.

Untuk cara mengkonsumsi obat satu ini disarankan sebaiknya setelah makan karena di khawatirkan bisa memicu penyakit asam lambung bagi para penderita penyakit tersebut karena obat ini bersifat asam.

Aspirin

Aspirin juga merupakan salh satu obat yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri saat haid. Namun obat aspirin ini tidak disarankan diberikan kepada anak yang masih berusia dibawah 16 tahun karena di takutkan bisa merusak fungsi hati pada anak.

Cara mengkonsumsi obat aspirin ini juga sebaiknya di konsumsi setelah makan untuk menghindari kambuhnya sakit lambung pada penderita penyakit lambung.

Kalium Diclofenac

Kalium Diclofenac ini juyag merupakan obat yang bisa meredakan nyeri akibat haid. Dengan mengkonsumsi obat ini sebanyak 3x dalam sehari maka bisa langsung meredakan nyeri yang dirasakan saat sedang haid.

Menurut para peneliti obat ini juga suadh terbukti bisa meredakan gejala nyeri yang dirasakan saat sedang haid. Dengan mengkonsumsi obat ini maka anda akan bebas dari nyeri haid selama 24 jam kedepan.

Paracetamol

Paracetamol ini merupakan obat serbaguna yang ternyata bisa juga untuk meredakan nyeri saat sedang haid. Biasanya pemberian paracetamol ini hanya diberikan kepada orang – orang yang memang memiliki rasa nyeri hebat saat sedan menstruasi.

Tetapi untuk penggunaan obat paracetamol ini tidak disarankan dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama yakni lebih dari 3 hari. Jika lebih dari 3 hari rasa nyeri yang dirasakan masih belum mereda maka anda disarankan untuk memeriksakan hal tersebut ke dokter terkait.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.